Tak Cuma Indonesia, Antrean Pencari Kerja di Malaysia Sampai Penuhi Parkir Mobil

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Senin, 21 September 2020 18:00
Tak Cuma Indonesia, Antrean Pencari Kerja di Malaysia Sampai Penuhi Parkir Mobil
beredar sebuah unggahan video memperlihatkan betapa dahsyatnya dampak pandemi Covid-19.

Dream - Pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia tidak hanya mengancam kesehatan. Beberapa pekerja terpaksa menganggur karena perusahaan tempat bekerja berhenti beroperasi atau terkena efisiensi. 

Di tengah situasi tersebut, para pencari kerja ini akan melakukan apapun untuk mendapatkan kembali pekerjaannya. Bahkan dalam kondisi mendesak, mereka tak peduli lagi dengan imbauan jaga jarak saat melamar pekerjaan.  

Kondisi ini belum lama ini ditemukan di Purwakarta, Jawa Barat saat sebuah pabrik membuka lowongan pekerjaan. Video penumpukan calon pencari kerja beredar viral di sosial media.

(Baca: Video Ratusan Orang Abaikan Protokol Kesehatan Demi Melamar Kerja di Purwakarta)

Fenomena ini ternyata tak hanya terjadi di Indonesia. Terdesak kebutuhan untuk mencari mata pencaharian baru, para pencari kerja di Malaysia juga terlihat mengantre untuk mengkuti sesi penerimaan pegawai baru. Saking banyaknya, antrean itu mengular sampai ruang parkir. 

Video antrean panjang pelamar kerja itu beredar viral usai diunggah Group Facebook Jawatan Kosong di Kelatan. Dalam video terlihat kerumanan orang yang sedang mengantre dengan membawa dokumen, untuk melamaw kerja di Supermarket Econsave, Kubang Kerian, Kelatan, Malaysia.

Terlihat dalam video, banyak orang yang tidak mempedulikan aturan jaga jarak.

Unggahan Facebook© World of Buzz

1 dari 3 halaman

Pada awal bulan lalu, supermarket Econsave memposting sebuah tawaran sesi wawancara langsung yang dilaksanakan di outlet pada 10-11 September 2020 lalu.

Dalam kolom komentar unggahan tersebut, beberapa netizen sangat menyayangkan keadaan yang terjadi dan menyoroti betapa sulitnya mencari pekerjaan di masa pandemi. Netizen lain pun berbagi tautan dan kontak untuk peluang kerja bagi masyarakat yang tertarik.

Unggahan Facebook© World of Buzz

 

Unggahan Facebook© World of Buzz

 

Unggahan Facebook© World of Buzz

2 dari 3 halaman

Pada Mei lalu, Departemen Statistik Malaysia menerbitkan laporan yang menyatakan bahwa tingkat pengangguran tertinggi yang pernah ada pada Mei 2020 yaitu 826,1 ribu orang (5,3%).

Meskipun angka ini sebagian besar disebabkan oleh betapa parahnya perekonomian dilanda pandemi, beberapa pejabat pemerintah seperti Wakil Menteri Sumber Daya Manusia percaya bahwa banyak masyarakat yang terlalu pilih-pilih tentang kriteria pekerjaan.

 

3 dari 3 halaman

Berikut videonya:

Sumber: World of Buzz

Beri Komentar