CONNECT WITH US!

Usia Umat Islam Hanya Sampai 1500 Hijriyah, Benarkah?

Reporter : Ahmad Baiquni | Senin, 9 Oktober 2017 14:00
Terdapat beberapa ulama yang meramalkan kiamat, terbuktikah?

Dream - Tak ada yang tahu kapan kiamat terjadi. Hanya Allah yang tahu kapan hari akhir itu datang.

Tetapi, ada beberapa ulama menyebut usia umat Islam hanya sampai tahun 1500 Hijriyah. Jika mengacu dengan pendapat itu, artinya usia umat Islam tinggal 61 tahun lagi.

Apakah pendapat ini benar dan dapat dipercaya?

Dikutip dari laman Konsultasi Syariah, perihal kedatangan kiamat tercantum dalam Surat Al A'raf ayat 187. Ayat tersebut menegaskan tidak ada satupun makhluk yang mengetahui kapan kiamat akan terjadi.

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: " Kapankah itu terjadi?" Katakanlah: " Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu hanya di sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba" . Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: " Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Ayat lain yang juga menjelaskan tentang rahasia kiamat yaitu Surat Al Ahzab ayat 63.

Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “ Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah”. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.

Selain itu, terdapat hadis menjelaskan kiamat. Hadis tersebut diriwayatkan Bukhari dan Muslim, dari Umar bin Khaththab, dari Rasulullah Muhammad SAW. Hadis itu berisi riwayat ketika Nabi ditanya oleh Malaikat Jibril tentang kapan datangnya hari kiamat.

Yang ditanya tidak lebih tahu dari pada yang bertanya.

Memang ada beberapa ulama yang meramalkan kedatangan kiamat. Seperti Imam Ibnu Jarir At Thabari, yang meninggal pada 310 Hijriyah.

Imam At Thabari menggali makna sejumlah hadis tentang kiamat, termasuk yang dhaif. Imam Thabari kemudian menyimpulkan kiamat terjadi pada 500 Hijriyah.

Saat ini kalender Islam sudah masuk tahun 1439 Hijriyah. Ramalan Imam At Thabari nyatanya tidak terbukti.

Selain itu, juga ada Jalaluddin As Suyuti, yang wafat pada 911 Hijriyah. Ulama ini membuat kumpulan riwayat berjudul Al Kasyaf dan meramalkan kiamat terjadi pada abad 15 Hijriyah.

Tetapi para ulama menganggap pendapat tersebut tidak memiliki dasar yang cukup jelas. Sehingga, pendapat As Suyuti tidak bisa dijadikan pegangan.

Selengkapnya...

Dul Jaelani Akustik - Kamu dan Aku, Lagu Untuk Cewe Berinisial AT?