CONNECT WITH US!

Buat yang Akan Ta`aruf, Perhatikan Ini

Reporter : Ahmad Baiquni | Minggu, 8 Oktober 2017 18:02
Tidak ada cara khusus dalam menjalankan ta'aruf, asalkan ...

Dream - Mencari pasangan hidup yang tepat menjadi keinginan setiap orang. Tentu hal itu bukan perkara mudah. Kita harus benar-benar memilih siapa sosok yang tepat menjadi pendamping.

Dalam Islam, ada cara untuk mencari pendamping hidup yang tepat. Cara itu dimulai dengan ta'aruf, artinya saling mengenal.

Bagaimana cara menjalankan ta'aruf secara benar?

Dikutip dari laman konsultasi syariah, tidak ada cara khusus dalam menjalankan ta'aruf. Seseorang bisa mengenali kepribadian calon pasangannya dengan cara-cara yang tidak melanggar ketentuan syariat.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, sebelum akad nikah, masing-masing calon pasangan berstatus sebagai orang lain, sehingga berlaku aturan bukan mahram.

Calon pasangan dilarang berduaan, saling bercengkerama, dan sebagainya. Hal ini didasarkan pada hadis dari Rasulullah Muhammad SAW diriwayatkan Ahmad.

Jangan sampai kalian berdua-duaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya), karena setan adalah orang ketiganya.

Kedua, luruskan niat. Nyatakan ta'aruf sebagai i'tikad baik untuk menikah. Jangan diniatkan untuk mengoleksi kenalan atau segala hal yang tidak serius seperti memberi harapan palsu kepada orang lain.

Ketiga, dibolehkan bertukar biodata. Masing-masing calon pasangan bisa memperkenalkan diri dengan cara menulis seputar kepribadiannya. Sehingga tidak ada pertemuan untuk saling bercerita.

Tidak semuanya harus dibuka. Cukup hal-hal yang dianggap penting diketahui calon pasangan.

Selanjutnya, silakan simak pada tautan ini. (ism)

Gracia Indri Sebut Ada KDRT, Begini Reaksi David NOAH