Virus Corona Terdeteksi di Malaysia, Ada 4 Kasus

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 26 Januari 2020 13:51
Virus Corona Terdeteksi di Malaysia, Ada 4 Kasus
Keempatnya masuk ke Malaysia lewat Johor Baru.

Dream - Kementerian Kesehatan Malaysia mengumumkan kasus wabah virus corona. Kasus ini ditemukan lewat tiga orang warga negara China yang masuk ke Malaysia lewat Johor Baru.

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan secara intensif, ketiga warga China tersebut positif terjangkiti corona. Mereka langsung dilarikan ke Rumah Sakit Sungai Buloh dan diawasi secara ketat hingga kondisinya stabil

Dikutip dari World of Buzz, pengumuman tersebut disiarkan lewat konferensi pers pada Sabtu, 25 Januari 2020. Kementerian Kesehatan Malaysia menyebt tiga orang ini memiliki kaitan dengan korban virus corona pertama di Singapura.

Tiga orang tersebut terdiri dari seorang yang merupakan istri dari pasien yang terjangkiti corona di Singapura. Sedangkan dua lainnya adalah cucunya.

Ketika ketiganya masuk ke Malaysia, mereka menjalani proses pemindaian panas tubuh serta pemeriksaan. Tetapi, tidak satupun dari mereka yang menderita demam.

Tiga orang ini ditemukan berkat informasi yang dibagikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia. Segera setelah menjalankan pemeriksaan intensif, petugas melarikan ketiganya ke Rumah Sakit Sungai Buloh yang memang disiapkan untuk menangani kasus-kasus penyakit menular.

1 dari 6 halaman

Satu Pria Wuhan Positif Terjangkit

Kasus corona di Malaysia dilaporkan bertambah menjadi empat. Ini setelah ada turis pria berusia 40 tahun asal Wuhan masuk ke wilayah Malaysia malam hari usai pengumuman dari Kementerian Kesehatan Malaysia.

Dirjen Kesehatan, Noor Hisham Abdullah mengatakan pria tersebut masuk ke Johor Baru naik bus dari Singapura bersama 17 orang lainnya sama-sama dari China pada 22 Januari. Pria tersebut mulai menunjukkan tanda-tanda demam pada 23 Januari, sehingga dia langsung dirawat di rumah sakit swasta.

Pria itu lalu diperiksa secara intensif oleh Tim Medis Gejala Infeksi Rumah Sakit Sultan Aminah. Hasilnya menunjukkan pria itu mengidap gejala terjangkit corona dan menderita demam serta batuk.

" Departemen Kesehatan segera melacak 17 yang lain di kelompok wisata untuk menjalani pemeriksaa kesehatan. Hasilnya tidak ada satupun dari mereka yang terjangkiti corona," kata Noor.

Sampel klinis yang diambil kemudian diuji di Laboratorium Kesehatan Masyarakat Nasional Sungai Buloh. 17 turis itu sementara harus dikarantina semabari menunggu hasil uji sampel.

2 dari 6 halaman

Darurat Corona, Andien Aisyah Malah Liburan ke Hong Kong

Dream - Masyarakat dunia tengah digemparkan dengan wabah corona yang menyebar di sejumlah kawasan China. Namun nyatanya, wabah ini tak menghalangi Andien Aisyah untuk berlibur ke Hong Kong.

Lewat Instagram, wanita 34 tahun itu membagikan momen saat berkunjung ke Disneyland. Andien bahkan merasa beruntung lantaran taman bermain itu sedang tak dipadati pengunjung.

" Seru naik banyak ride dan kebetulan juga Disneyland lagi kosong banget, hampir semua ride kira-kira cuman 5 menit ngantrinya. Makanya kita bisa muterin Disneyland ampe dua kali,"  tulis Andien di Instagram.

 andien© Foto: Instagram @andienaisyah

Foto: Instagram @andienaisyah

Liburan Andien bersama keluarga di Hong Kong langsung menjadi perbincangan hangat di Twitter. Sebuah akun bernama @Adiitoo mengungkapkan kekhawatiran terhadap virus yang kini sudah menyebar ke Hong Kong.

" Ada Mbak penyanyi yang senang banget main-main di Disneyland Hongkong ngga pakai antre. Lah, dia sadar kagak kalau orang-orang di sana lagi was-was terhadap corona virus ini sehingga ngga mau ke mana-mana dulu?"  tulisnya.

 andien© Foto: Instagram @igtainmentt

Foto: Instagram @igtainmentt

3 dari 6 halaman

Andien Sedang Hamil

Virus dari Wuhan, China tersebut sudah menginfeksi lebih dari 1.300 orang di berbagai negara, termasuk Hong Kong. Hal ini memicu kekhawatiran netizen terhadap kondisi Andien yang sedang hamil anak kedua.

 andien© Foto: Instagram @andienaisyah

Foto: Instagram @andienaisyah

Warganet langsung menyerbu kolom komentar Andien. Mereka mengingatkan pelantun 'Metamorfosa' untuk selalu waspada. Tak sedikit pula yang mengkritik ibu satu anak ini.

" Wah mbaknya...sedang hamil malah ke daerah rawan Corona. semoga sehat selalu ya,"  ujar @madebymomegan

" Yaiyalah sepi bukkk org pada takut kena virus,"  komentar @okuderamikichan

" You do know that it’s “ kosong banget” because of that Corona virus right?"  sambung @sir_amirsyarif

" Hati2 kawa..jgn lupa pake masker kmn2.."  kata @ginakandyastina

" smg pas dibandara di periksa dlu sblum masuk indo,"  ucap @abhigya_arvhy

4 dari 6 halaman

Virus Corona Terdeteksi Menyerang Perawat di Arab Saudi

Dream - Perawat asal India yang bekerja di Arab Saudi dinyatakan positif terjangkit virus corona. Informasi ini disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri India.

Sejumlah media melaporkan perawat tersebut diduga tertular virus ketika merawat rekannya asal Filipina. Berdasarkan hasil tes medis, rekan perawat itu positif terjangkit.

Tetapi, baik Riyadh maupun Delhi belum melaporkan adanya kasus penyebaran wabah di negara masing-masing.

" Sekitar 100 perawat India, yang bekerja di rumah sakit Al Hayat telah dites dan negatif kecuali satu orang perawat yang didapati terjangkit virus corona," ujar Menteri Negara Urusan Luar Negeri India, V Muraleedharan, dilaporkan Alaraby.

" Perawat yang terjangkit sudah dirawat di Rumah Sakit Nasional Al Hayat dan kini sedang tahap penyembuhan," kata dia lewat Twitter.

Untuk diketahui Rumah Sakit Nasional Al Hayat berlokasi di wilayah Aseer, Al Rabwah, Arab Saudi.

 

5 dari 6 halaman

Fix, Corona

Muraleedharan memastikan ini merupakan virus yang sama yang telah menghilangkan 17 nyawa di Wuhan, China. Juga menginfeksi lebih dari 570 orang di seluruh dunia.

Setelah Wuhan, kasus keterjangkitan virus corona dilaporkan muncul di Jepang, Hong Kong, Makau, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Amerika Serikat.

Negara-negara kawasan Teluk telah mengambil sejumlah langkah seperti screening penumpang dari China menyusul mewabahnya virus corona yang mematikan. Langkah tersebut dijalankan serentak bersama otoritas kesehatan di seluruh dunia.

 

6 dari 6 halaman

Upaya Pencegahan di Negara-negara Teluk

Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyatakan telah berkoordinasi dengan regulator penerbangan sipil untuk memantau penumpang yang tiba dari penerbangan baik langsung maupun tidak dari China.

Kementerian Kesehatan Bahrain juga mengumumkan telah mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap wabah ini. Tanpa menyebut secara rinci langkah yang dijalankan.

Demikian pula dengan Uni Emirat Arab, telah menjalankan screening.

" Bandara Dubai telah mengkonfirmasi, bahwa semua penumpang yang tiba dari penerbangan langsung dari Republik Rakyat China harus menjalani pemindaian panas tubuh di gerbang kedatangan," demikian pernyataan otoritas UEA.

Pemerintah Dubai pada Kamis menyatakan ada 989 ribu turis China berkunjung ke UEA tahun lalu dan diperkirakan bertambah pada 2020. Sebanyak 3,6 juta warga China transit di bandara sepanjang 2019.

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair