Wafat Usia 72 Tahun, Ini Sosok 'Dalang Setan' Ki Manteb Sudharsono

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 2 Juli 2021 12:30
Wafat Usia 72 Tahun, Ini Sosok 'Dalang Setan' Ki Manteb Sudharsono
Innalillahi.....! Ki Manteb Sudharsono meninggal dunia.

Dream – Kabar duka kembali datang dari dunia pewayangan Tanah Air. Dalang Setan Ki Manteb Sudharsono meninggal dunia pada Jumat 2 Juli 2021, sekira pukul 09.45 WIB di kediamannya Dukuh Suwono, Desa Ndomplang, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar.

Melalui akun Twitter, Sudjiwo Tedjo mengabarkan berita duka tersebut. “ Breaking News: Dalang Senior Ki Manteb Sudarsono wafat,” tulis Sudjiwo Tejo pada cuitannya, dikutip Dream dari twitter @sudjiwotedjo.

Sudjiwo Tedjo memastikan kabar tersebut sudah dikonfirmasi kebenarannya. Ia mengungkapkan, sebelum meninggal dunia Ki Manteb Sudharsono telah merampungkan rekaman wayang berjudul ‘Durna Gugur/ Dursasana Jambak’.

Baca juga: Video Kakak Adik Makan Sepotong Roti Ini Bikin Haru Warganet

" Ini respon Gus Mus saat ku-WA Pak Manteb kapundut. Beliau baru saja mengkhatamkan rekaman wayang Almarhum “ Durna Gugur/ Dursasana Jambak” saat wa-ku masuk..Down pointing backhand index. (Mohon maaf Gus, kuposting tanpa izin. sebab ini Indah. Tuhan Maha Indah dan selalu bikin adegan2 hidup yg puitis)," tulis Sudjiwo Tedjo.

Bagi generasi milenial mungkin masih perlu banyak mengetahui sosok dalang senior asal Kabupaten Karanganyar itu. Kali ini Dream berhasil merangkum tentang sosok dalang yang terkenal dengan julukan ‘Dalang Setan’ tersebut, dilansir dari berbagai sumber.

Baca juga: Mantan TKI Ini Sukses Jadi Bos Besar di Hong Kong

1 dari 4 halaman

Dijuluki 'Dalang Setan'

Ilustrasi© Liputan6.com

Dalang senior asal Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah, terkenal dengan sebutan ‘Dalang Setan’. Julukan itu disematkan karena kehebatan dan kecepatan Ki Manteb Sudharsono dalam memainkan anak wayang kulit, khususnya saat adegan perang.

Baca juga: Viral Suami Minta Maaf ke Istri Lewat Surat di Dapur, Bikin Baper Netizen

Ki Manteb Sudharsono merupakan sesepuh dalang gaya Surakarta. Gaya sabetnya yang terkenal cepat membuatnya dikagumi masyarakat, terutama para pelestari dan pecinta seni budaya wayang kulit.

Gaya sabetannya itu pun dilanjutkan secara apik oleh Ki Seno Nugroho yang sudah mendahului menghadap Sang Kuasa pada November 2020.

Baca juga: Viral Kisah Lulusan SMK Otomotif Jadi Desainer: Awalnya Ditentang Orangtua

2 dari 4 halaman

Mengalir Darah Seorang Dalang

Ilustrasi© YouTube.com

Baca juga: Kisah Keluarga Pilih Hidup di Tengah Hutan, Konon Mantan Pengusaha

Ki Manteb Sudharsono merupakan salah satu putra seorang dalang bernama Ki Hardjo Brahim. Ki Hardjo Brahim dikenal sebagai seniman tulen yang tidak memiliki pekerjaan lain kecuali mendalang.

Sebagai putra sulungnya, Ki Manteb dididik dengan keras supaya bisa menjadi dalang tulen seperti dirinya. Ki Hardjo sering mengajak Ki Manteb ikut mendalang ketika ia mengadakan pertunjukan.

3 dari 4 halaman

Karier Dalang Sejak Kecil

Ilustrasi© Liputan6.com

Di samping itu, sang ibu Ki Manteb Sudharsono yang juga seorang seniman, penabuh gamelan, lebih suka jika putra pertamanya itu memiliki pekerjaan sampingan. Dengan demikian pada saat masih remaja ibu Ki Manteb menyekolahkannya di STM Manahan, Solo.

Baca juga: Demi Bertahan Hidup, Guru Ngaji Ini Sampai Menjual Bolang-baling

Akan tetapi sejak kecil Ki Manteb sudah laris sebagai dalang sehingga pendidikannya pun terbengkalai. Akhirnya, Ki Manteb memutuskan untuk berhenti sekolah untuk mendalami kariernya sebagai seniman dalang.

4 dari 4 halaman

Pelopor Paduan Wayang dengan Musik Modern

Ilustrasi© bintang.com

Baca juga: Cerita Pemuda `Sultan` yang Keluarganya Bangkrut, Beli Mobil Cari Cicilan Murah

Dalang kondang yang lahir di Palur, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, pada 31 Agustus 1948 itu dianggap sebagai pelopor perpaduan seni pedalangan dengan peralatan musik modern.

Di samping itu, Ki Manteb Sudharsono punya hobi menonton film kung fu yang dibintangi Bruce Lee dan Jackie Chan. Kemudian ia menerapkannya ke dalam seni pedalangan. Sehingga sabetan saat memainkan wayangnya itu pun sangat lihai dan cepat.

Baca juga: Didatangi Polisi, Kakek Penjual Balon Ini Malah Menangis Haru

Lantas untuk mendukung keindahan sabet yang dimainkannya, Ki Manteb membawa peralatan musik modern ke atas pentas, seperti tambur, biola, terompet, ataupun simbal. Pada awalnya inovasi Ki Manteb ini banyak mengundang kritik dari para dalang senior.

Beri Komentar