21 Tokoh Muslim Indonesia Paling Berpengaruh di Dunia

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 8 Oktober 2015 09:45
21 Tokoh Muslim Indonesia Paling Berpengaruh di Dunia
Muslim 500 memilih 500 tokoh muslim yang dianggap memiliki pengaruh besar di dunia. Tiga nama Indonesia masuk dalam urutan 50 besar.

Dream - Sebanyak 21 tokoh Indonesia dinobatkan sebagai sosok muslim paling berpengaruh di dunia. Mereka masuk dalam daftar The World's 500 Most Influential Muslim edisi tahun 2016.

Dua nama yang populer di era Pemilihan Presiden, Joko Widodo dan Prabowo Subianto ikut menghiasi daftar tersebut.

Mengutip daftar The Muslim 500, The World's 500 Most Influential Muslims 2016, pemilihan 500 nama ini merujuk pada kekuatan pengaruh para tokoh tersebut terhadap masyarakat khususnya dalam perubahan signifikan terhadap dunia muslim.

Dalam menentukan tingkat pengaruh para tokoh, daftar ini merujuk pada 13 kategori di antaranya politik, pendidikan, bidang keagamaan, alim ulama, filantropi, isu sosia, bisnis, Sains dan teknologi, seni dan budaya, penghapal Quran, media, selebritis, dan golongan keras.

Untuk urutan 50 besar tokoh muslim paling berpengaruh dihuni oleh sejumlah ulama dan tokoh negara. Tiga tokoh Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut adalah Presiden RI Joko Widodo, Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Din Syamsudin, dan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj.

Berikut adalah 21 tokoh Indonesia yang masuk daftar 500 Muslim tersebut adalah:

1. Prof Dr Tuti Alawiyah
2. Haidar Bagir
3. KH Ahmad Mustofa Bisri (Cak Mus)
4. Abdullah Gymnastiar (AA Gym)
5. Sri Mulyani Indrawati
6. Syafii Maarif
7. Sahal Mahfudz
8. Anis Matta
9. Goenawan Mohamad
10. Husein Muhammad
11. Tri Mumpuni
12. Asma Nadia
13. Tiana Helvy Rosa
14. Quraish Shihab
15. KH DR Said Aqil Siradj
16. Prabowo Subianto
17. Megawati Soekarnoputri
18. Prof DR M Din Syamsuddin
19. Hj Maria Ulfah
20. Joko Widodo
21. Habib Luthfi bin Yahya

Baca Juga: Siti Nurhaliza Didaulat Jadi Muslim Berpengaruh Dunia

1 dari 1 halaman

Siti Nurhaliza Didaulat Jadi Muslim Berpengaruh Dunia

Dream - Siti Nurhaliza, penyanyi terkenal Malaysia yang juga top di Indonesia, mendapat kehormatan sebagai sosok muslimah paling berpengaruh di dunia. Dia masuk dalam daftar The World's 500 Most Influential Muslim edisi tahun 2016.

Pengakuan ini sekaligus membuat Siti sebagai artis wanita pertama terpilih dalam daftar tersebut yang mulai dirilis sejak tahun 2009.

Dalam buku tahunan tersebut, Siti digambarkan sebagai penyanyi yang memenangkan berbagai penghargaan musik serta diberi penghormatan atas kontribusinya dalam kerja-kerja amal.

Tiga sosok lainnya dari Malaysia yang turut dinobatkan adalah penyanyi Hafiz Hamidun, Presiden PAS Datuk Seri Abdul Hadi Awang dan kelompok nasyid, Raihan.

Selain itu, turut mengisi daftar sebagai 50 Muslim Paling Berpengaruh adalah Presiden Indonesia, Joko 'Jokowi' Widodo yang berada di posisi ke-11. Masuknya Jokowi menjadikannya sebagai muslim dari Asia dengan jabatan tertinggi dalam daftar Muslim Paling Berpengaruh di Dunia.

Warga Indonesia lainnya yang masuk dalam daftar 50 besar di antaranya, Dr KH Said Aqil Siradj (Ketua Nahdlatul Ulama), Profesor Dr M Din Syamsuddin (mantan Ketua Muhammadiyah), dan Habib Luthfi Yahya (Ra'is 'Amm Jam'iyyah Ahli Thariqah al-Mu'tabarah al-Nahdliyah).

Daftar dengan judul lengkap The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims berisi 500 orang paling berpengaruh di dunia Islam, yang terbagi dalam berabgai kategori seperti politik, agama, bisnis, dunia hiburan dan olahraga.

Beri Komentar