Alasan di Balik Anjuran Tak Bakar Sampah di Areal Pemakaman

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 12 Juli 2018 20:00
Membersihkan makam tentu perbuatan yang dibolehkan, asal...

Dream - Bersih-bersih makam menjadi satu rutinitas yang dijalani masyarakat Indonesia. Biasanya kegiatan ini dilakukan di momen tertentu, seperti menjelang Ramadan.

Terdapat anjuran untuk tidak membakar sampah di area pemakaman. Ada pemahaman panas yang ditimbulkan dari pembakaran dapat dirasakan oleh mereka yang sudah meninggal

Apakah pendapat ini benar adanya?

Dikutip dari NU Online, Al Mubarakfuri dalam kitabnya Mir'atul Mafatih menyebutkan sebuah riwayat dari Ibnu Mas'ud. Dalam riwayat itu dinyatakan menyakiti jenazah seorang Mukmin sama dengan menyakitinya ketika masih hidup.

Dalam kitab itu pula, Al Mubarakfuri menerangkan riwayat tersebut mendapat tanggapan dari salah satu ulama Mazhab Maliki, Ibnu Abdil Barr. Menurut Ibnu Abdil Barr, orang yang sudah mati tetap bisa merasakan semua kesakitan yang bisa dirasakan mereka yang masih hidup.

" Dari Ibnu Mas’ud RA, ia berkata, 'Menyakiti jenazah orang Mukmin itu sebagaimana menyakitinya ketika ia masih hidup.' (HR Ibnu Syaibah). Menurut Ibnu Abdil Barr, dapat dipahami dari hadis ini bahwa orang yang meninggal dunia itu dapat merasakan semua bentuk kesakitan yang dapat dirasakan oleh orang yang hidup."

Dari pendapat di atas, membakar sampah di area pemakaman bisa berdampak pada jenazah di dalam makam. Sangat dianjurkan untuk tidak membakar sampah atau apapun di makam.

Selengkapnya...

Beri Komentar
Luna Maya Resmi Jadi Suzzanna, Serem Nggak Sih?