Dapat Undangan Ada Ayat Alquran, Begini Perlakuannya

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 6 September 2018 20:01
Dapat Undangan Ada Ayat Alquran, Begini Perlakuannya
Jangan sampai undangan tersebut dibuang.

Dream - Bagi umat Islam Indonesia, mencantumkan ayat Alquran dalam undangan pernikahan merupakan peristiwa yang sering terjadi. Biasanya, ayat yang dikutip adalah Surat Ar Rum ayat 21 tentang hakikat berpasangan.

Banyak juga undangan yang mencantumkan lafal basmalah dalam tulisan Arab. Ini tidak hanya ditemukan di undangan pernikahan, namun juga untuk acara lain seperti walimatul khitan maupun rapat keorganisasian seperti tingkat RT, RW, maupun kelurahan.

Karena sudah terlalu biasa, sebagian dari kita menganggap tidak ada masalah terkait hal ini. Padahal, sebagian ulama menghukumi makruh mencantumkan lafal basmalah maupun ayat Alquran dalam tulisan Arab pada undangan.

Dikutip dari NU Online, kemakruhan ini ditetapkan oleh para ulama kalangan Mazhab Syafi'i dan Hanafi. Sebab ada kekhawatiran undangan tersebut jatuh dan terbengkalai hingga membuat ayat Alquran terinjak-injak.

Bahkan ulama di lingkungan Mazhab Maliki berpandangan lebih keras lagi. Mazhab ini menghukumi haram menuliskan ayat Alquran dalam huruf Arab pada undangan karena dapat menghina Kitab Suci Umat Islam itu.

1 dari 1 halaman

Harus Bagaimana?

Pandangan ini dijelaskan dalam kitab Al Mausu'ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah.

" Kepenulisan Alquran di tembok. Menurut Syafi’iyyah dan sebagian Hanafiyyah berpendapat makruh mengukir tembok dengan Alquran karena khawatir akan jatuh terinjak kaki-kaki orang banyak. Malikiyyah berpendapat haram mengukir Alquran dan nama Allah di atas tembok sebab akan mendatangkan penghinaan terhadap Alquran. Sedangkan sebagian pengikut Hanafiyyah menyatakan boleh-boleh saja."

Lantas apa yang harus dilakukan jika mendapat surat undangan semacam ini?

Si penerima wajib hukumnya menempatkan undangan tersebut di tempat yang layak. Bisa juga dibakar, yang terpenting tidak dibuang secara sengaja.

Selengkapnya...

(ism)

Beri Komentar