Kisah Sahabat Ikuti Kebiasaan Rasulullah Selama Puasa

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 18 Mei 2018 03:00
Kisah Sahabat Ikuti Kebiasaan Rasulullah Selama Puasa
Jangan sampai tidak sahur, karena banyak faedahnya.

Dream - Sunah makan sahur memiliki kedudukan yang cukup tinggi, sampai muakad. Artinya, sunah sangat dianjurkan mengingat ada keutamaan tertentu di dalamnya.

Tak hanya itu, masih ada anjuran lagi dalam sunah makan sahur sebelum puasa fardlu. Anjuran tersebut adalah mengakhirkan makan sahur.

Rasulullah Muhammad SAW bersama para sahabat selalu makan sahur dengan mengakhirkannya. Ternyata, ada hikmah di baliknya.

Dikutip dari Islami.co, Al Baihaqi, Abdur Razzaq, serta Thabarani mendapat riwayat dari Amr bin Maimun yang merupakan generasi tabiin. Dari Amr disampaikan para sahabat Rasulullah adalah orang-orang yang menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur.

Kebiasaan itu bisa tumbuh karena interaksi mereka yang begitu dekat dengan Rasulullah SAW semasa Sang Nabi masih hidup. Sehingga, mereka benar-benar mengikuti kebiasaan Nabi SAW.

Dalam riwayat Muttafaq Alaih, Zaid bin Tsabit menjelaskan bagaimana Rasulullah SAW punya kebiasaan ketika puasa.

" Rasulullah SAW mengakhirkan sahur agar menambah kekuatan ketika berpuasa, sehingga puasanya tidak menghalanginya dari memperbanyak ketaatan kepada Allah SWT, dan jarak antara waktu sahurnya Rasulullah SAW dan waktu sholat Subuh seukuran waktu pembacaan 50 ayat Alquran."

Kesimpulan yang bisa diambil, mengakhirkan sahur mengandung hikmah agar tubuh tidak lemah. Sebab manfaat makanan sahur bisa terasa ketika berpuasa.

Selain itu, mengakhirkan sahur juga bertujuan agar kita tidak bermalas-malasan dalam puasa karena kurang kekuatan. Sehingga, sangatlah tidak tepat jika seorang Muslim yang menghabiskan sebagian waktu puasanya dengan tidur.

Selengkapnya...

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'