12 Tahun Berlalu, Begini Penampakan Rumah Milik Suzzanna

Reporter : Amrikh Palupi
Rabu, 9 September 2020 13:16
12 Tahun Berlalu, Begini Penampakan Rumah Milik Suzzanna
Seperti apa rumah Ratu Horor itu sekarang? Bikin bulu kuduk merinding!

Dream - Kurang lebih sudah 12 tahun berlalu sejak Suzzana meninggal dunia. Namun suasana mistis masih dirasakan di kediaman Suzzana di kawasan Kebon Dalem 2, Magelang Utara, Jawa Tengah.

Kini rumah mendiang Suzzanna di tempati oleh mantan suaminya Clift Sangra yang menikah kembali dengan wanita bernama Anna.

Saat mengunjungi rumah Suzzanna sekilas tampak dari luar suasana rumah Suzzanna seperti hunian warga pada umumnya.

Tampak luar rumah Teras rumah  Suzzanna© Tampak luar rumah Teras rumah Suzzanna

Penampakan Kamar Suzzana (foto : Rizky Aditya Saputra/Liputan6.com)

Pertama yang dilihat dari penampakan luar, hiasan batu kali yang menghiasi dinding rumah tersebut. Terlihat pagar besi yang mulai dimakan usia karena terlihat sudah karatan di beberapa bagiannya.

1 dari 6 halaman

Teras Rumah

Teras rumah  Suzzanna© Teras rumah Suzzanna

Penampakan Kamar Suzzanna (foto : Rizky Aditya Saputra/Liputan6.com)

Nuansa angker mulai terasa ketika kita menapaki kaki di bagian teras rumah Suzzanna. Keberadaan dua patung wanita yang menggantung di sisi tembok, seakan menjadi sosok penjaga rumah milik Suzzanna.

2 dari 6 halaman

Tak Ada Foto Suzzanna

Dinding rumah Suzzanna© Dinding rumah Suzzanna

Penampakan Kamar Suzzanna (foto : Rizky Aditya Saputra/Liputan6.com)

Berbeda dengan bagian teras yang masih serupa 10 tahun lalu, ruang tamu rumah Suzzanna kini terlihat kontras. Clift Sangra mengaku sengaja mengganti cat tembok yang semula hijau tua menjadi biru muda.

Di setiap sisi dinding, tak ada satu pun foto Suzzanna yang terpajang. Sebaliknya, ada banyak foto-foto Clift Sangra dan Nana yang menikah pada 2009.

3 dari 6 halaman

Kamar

Kamar Suzzanna© Kamar Suzzanna

Penampakan Kamar Suzzanna (foto : Rizky Aditya Saputra/Liputan6.com)

Ini merupakan kamar pribadi milik Suzzanna. Di kamar ini Suzzanna biasa melakukan berbagai ritual mistiknya. Di ruangan seluas 4x4 meter itu pula, Suzzanna mengembuskan napas terakhirnya.

Sedekade berlalu, kamar ini tetap dikosongkan. Hanya ada kursi dan meja rias yang melengkapi sudut ruangan kamar ratu horor Indonesia tersebut. Semasa hidup Suzzanna sering menghabiskan waktu berjam-jam menjalani ritual di kursi tersebut.

4 dari 6 halaman

Makam

Makam Suzzanna© Makam Suzzanna

Makam Suzzana (foto : Abbas/Kapanlagi)

Makam Suzzanna yang terletak di TPU Giriloyo, tak jauh dari kediaman Clift Sangra. Di makam tersebut, Suzzanna dikuburkan bersama dua anaknya yang telah meninggal dunia.

Menurut pengakuan penjaga makam, beberapa orang masih sering menziarahi makam Suzzanna. Bahkan di malam-malam tertentu, penjaga makam sering mendapati peziarah melakukan ritual khusus di makam Suzzanna.

Sumber : liputan6.com

5 dari 6 halaman

Ziarah & Beredam di Tempat Meditasi Suzzanna, Ini Kata Luna Maya

Dream - Luna Maya berziarah ke makam Suzzanna di TPU Giriloyo, Magelang, Jawa Tengah. Luna Maya ditemani oleh mantan suami Suzanna, Clift Sangra.

" Kebetulan November aku akan ada film sebagai Suzzanna. Jadi ingin ziarah, silaturahmi, dan ingin kenal lebih dekat, lebih banyak tahu tentang beliau," kata Luna, dikutip dari Kapanlagi.com, Senin 15 Oktober 2018.

"  Nyuwun sewu (permisi) dulu istilahnya, mudah-mudahan beliau lihat dari atas bisa senang," imbuh Luna.

Luna Maya© Luna Maya

Luna Maya dan  Clift Sangra ziarah ke makam Suzzanna (Adi Abbas Nugroho/ Kapanlagi)

Selain berziarah, Luna sebelumnya sempat berkunjung ke rumah Suzzanna. Dia melihat suasana kamar wanita yang semasa hidupnya dikenal dengan akting horornya itu.

Luna melihat tata letak kamar yang menurut Clift Sangra tidak berubah sejak sepuluh tahun pasca kepergian Suzzanna. Hanya warna dinding yang berubah dari hijau menjadi biru.

6 dari 6 halaman

Berendam di Dalam Air

Mantan kekasih Reino Barack ini juga berkunjung ke desa Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah, tepatnya ke Umbul Jumprit.

Tempat ini sering digunakan mendiang Suzzanna untuk berendam dan bermeditasi di pagi buta sebelum bermain film. Tidak hanya melihat, Luna Maya bahkan sempat berendam di air yang begitu jernih.

Luna Maya© Luna Maya

 (Sumber Foto : Agus Apriyanto/Kapanlagi.com)

"  Well, ini sesuatu yang baru, something yang belum familiar. Kalau di Jawa kan ada adat Kejawen dengan segala kepercayaannya. Ya enggak salah, namanya culture, kalau kita di kota gede kan jarang ada berpikir untuk mandi ritual," ucap Luna Maya.

Wanita asal Bali ini mengambil sisi positif dari ritual Suzzanna. Melakukan meditasi dan berendam.

" Aku berpikir ritual seperti ini bagus juga untuk sebuah simbol membersihkan diri. Ya kita ambil positifnya aja, ya belajar sesuatu yang baru juga sih bahwa kalau dulu bunda Suzzanna itu sering ke sini," tuturnya.

Sumber : Soraya/ Kapanlagi.com

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More