Virus Corona Merebak, Aming Bagikan Tip Bikin Hand Sanitizer Alami

Reporter : Amrikh Palupi
Kamis, 19 Maret 2020 12:47
Virus Corona Merebak, Aming Bagikan Tip Bikin Hand Sanitizer Alami
Ada dua tipis yang dibagikan oleh Aming Sugandhi.

Dream - Merebaknya virus corona baru, Covid-19, membuat hand sanitizer langka di pasaran. Maklum, hand sanitizer menjadi barang paling diburu, selain masker, untuk menghindari penularan virus tersebut.

Tapi jangan khawatir. Hand sanitizer tidak hanya dibuat oleh pabrik-pabrik besar. Cairan pembersih tersebut ternyata juga bisa kita buat sendiri, seperti yang dilakukan oleh Aming Priatna Sugandhi.

" Yuk...drpd komplain dan mengeluh harga handsanit yg g masuk akal...mending waktunya DIY! (Do It Yourself!)," tulis Aming di Instagram, diakses Rabu 18 Maret 2020.

Aming Sugandhi© Aming Sugandhi

foto : @amingisback

Menurut Aming, ada dua cara membuat hand saitizer, yaitu menggunakan daun sirih dan lidah buaya. Aming juga berterima ksih kepada orang yang telah memberikan tips tersebut dan sudah mempraktikannya.

Aming mengatakan, cara pembuatannya, baik dengan bahan sirih maupun lidah buaya, sangat mudah. " Caranya: Hand sanitizer homemade: 1/3 cup gel lidah buaya, 2/3 cup alcohol (min 60 -70 %) aroma pewangi therapy (gk wajib). Aduk/kocok masukin botol. udah gitu aja.. Tx u a @yusuf_s_as," tulis Aming.

1 dari 5 halaman

Hentikan Jika Alergi

Aming Sugandhi© Aming Sugandhi

Aming mengatakan hand saitizer ini dijamin aman. Tapi jika alergi dengan dua bahan alami tersebut, Aming menyarankan untuk menghentikan penggunaannya.

" Logikanya yg bikin bahan2 dr atas harusnya sudah aman y ketika di share krn pasti sdh dicb sebelumnya terlepas dr apapun yg namanya dr alam pasti alami...kecil resikonya..Hentikan pemakaian bila terdpt alergi...krn tiap2 org beda ya. Jadi selamat mencoba dan bismillah,"  kata Aming.

Pada akhir postingan pria asal Bandung itu mempersilahkan warganet mencoba dan membagikan informsi positif tersebut. Dia juga meminta utuk warganet tidak panik dengan virus covid-19 itu.

" Gampang kan? No panik2 yaaa!!! Manfaatkan yg ada disekitar kitahh. Silakan di share dan repost yaaa. Dan tetap jgn lupa berdoa yaaa utk keselamatan dan kesehatan kt semua yaa. Note: Social media sy cuma mau share hal2 positif ttg corona bukan ketakutanny,"  tuturnya.

© Dream
2 dari 5 halaman

11 Tips Maia Estianty Bantu Cegah Penyebaran Virus Corona

Dream - Maia Estianty termasuk salah satu artis yang aktif mengkampayekan pencegahan virus corona. Lewat media sosial, istri Irwan Mussry itu mengajak followernya untuk hidup sehat dan menjaga kebarsihan.

" Nggak cape untuk kampanye tentang corona virus... Hati2 abis pegang duit juga kudu cuci tangan yaaaaa.... #coronavirus #campaign," tulis Maia Estianty dikutip Dream dari akun instagramnya, Senin 16 Maret 2020.

Menurut Maia dirinya takkan bosan membagikan tips kepada masyarakat tentang cara melakukan pencegahan dari paparan virus Covid- 19 itu. Maia diketahui sudah mengunggah 11 tips di laman akun instagramnya.

Dari unggahannya, ibu tiga anak itu berharap masyarakat bisa menerapkan di kesehariannya.

Maia Estianty© Maia Estianty

foto : @maiaestiantyreal

"  Menghindari corona virus. Satu, mencuci tangan dengan air dan sabun selma 20 detik. Kedua, Gunakan masker jika sakit atau flu dan jika di tempat ramai. Ketiga, banyak minum air putih. Keempat, minum vitamin untuk daya tahan tubuh. Kelima, tidur yang cukup,' kata Maia.

3 dari 5 halaman

Hindari Tempat Keramaian


tips maia estianty© tips maia estianty

Pada tips selanjutnya, Maia meminta masyarakat untuk menjaga jarak, hindarai keramaian dan kesadaran mengisolasi diri jika sedang sakit.

"  Enam, jangan menyentuh hidung, mata, mulut sebelum cuci tangan. Tujuh, jaga jarak berdiri dengan yang lain kurang lebih satu meter. Delapan, jangan bersentuhan dengan yang lain. Sembilan, jika masih ngantor mending bawa peralatan makan dan minum sendiri,"  tutur Maia.

"  10, Hindari tempat keramaian sementara (risan, pesta, nonton yang beramai-ramai. 11 Jika merasa sakit kesadran diri mengisolasi diri alias jangan kelaur rumah," imbuhnya.

© Dream
4 dari 5 halaman

Respon Warganet

Postingan ibu tiga anak ini langsung mendapatkan aspresiasi positif dari wargaent. Mereka memuji kampaye Maia yang terus mengingatkan masyarakat dalam pencegahan virus yang berasal dari Kota Wuhan, Cina itu.

" Jos gandos bunda maia.do'akan saya ya Bun..sbg garda depan di RS merawat pasien..smg kami sehat2 saja,"  tulis akun @sumini_djimoen.

" Tetap smangat bun ngasih informasi buat masyarakat yg byk blm tau informasinya,"  tulis akun @46us.aja.

" Makasihhh para artis yg udh mengkampanyekan tntng virus corona ni tentunya semangat kita semua untuk memerangi virus ini stay at home and keep healthy all,"  tulis akun @yulia_assalih_sidik.

5 dari 5 halaman

Tinggal di Rumah Cegah Corona, Syahrini: Zikir ke Allah, Harus Lebay Cuci Tangan

Dream - Syahrini mengikuti imbauan pemerintah untuk beraktivitas di rumah guna mencegah penularan virus corona baru, Covid-19. Dia mengaku bakal tetap di rumah selama 14 hari ke depan.

"  #covid19, di rumah aja, banyak zikir ke Allah SWT, exercise, eatweel, sleepweel," tulis Syahrini dalam Instagram Story, Senin 16 Maret 2020.

Tinggal di rumah selama setengah bulan pasti bosan. Tapi istri Reino Barack tersebut sudah punya penangkalnya. "  Movie marathon di rumah seru juga kan," kata dia.

Syahrini dan Reino Barack© Instagram @princessyahrini

Tak hanya tinggal di rumah, Syahrini juga terus meningkatkan kebersihan. Dia selalu mencuci tangan untuk menghindari penularan virus corona jenis baru.

"  Harus lebay cuci tangan like crazy, it's a must!!! pake antieptic," tambah dia.

Tak hanya Syahrini, sang asisten rumah tangga dan sopirnya pun juga diminta meningkatkan kebersihan. Mereka diminta memakai masker dan sarung tangan.

"  Mba di rumah, sopir pake masker sarung tangah," tulis Syahrini.

bagi Syahrini, tinggall di rumah tidaklah masalah untuk pekerjaan. Sebab, dalam zaman canggih ini, semua bida dikerjakan dengan bantuan teknologi.

"  Teknologi serba canggih bekerja dari rumah saja," tambah dia.

Meski demikian, Syahrini meminta semua orang tidak panik. Dia yakin semua aman dengan menjaga wudu. "  Ga usah panik. Apalagi tetap menjaga wudhunya, Insyaallah dijaga Allah SWT."

Syah© Instagram

Selain itu, Syahrini juga menyarankan tidak melakukan cipika-cipiki saat bertemu dengan orang. "  Ketemu siapapun ga usah cipika-cipiki, selamanya ganti pakai gerakan salam nasional,"

© Dream
Beri Komentar