Bela Zaskia, Jupe Kutip Kata Mengejutkan Gus Dur

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 17 Maret 2016 16:16
Bela Zaskia, Jupe Kutip Kata Mengejutkan Gus Dur
Postingan kata-kata bijak itu lantas menuai beragam reaksi. Komentar pedas dari haters pun seketika membanjiri akun Instagram Jupe.

Dream - Penyanyi dangdut Zaskia Gotik tengah menjadi menjadi buah bibir lantaran sebuah pernyataannya yang dianggap menghina Pancasila. Persoalan ini pun berimbas pula pada sahabat dekat Zaskia, Julia Perez.

Beberapa waktu lalu Julia Perez atau yang dikenal Jupe mengunggah sebuah postingan yang ditujukan untuk membela sang sahabat Zaskia, dari tudingan haters.

Dalam akun Instagramnya @juliaperrezz, ia mengunggah sebuah gambar yang berisi kutipan kata-kata bijak dari mendiang Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

" Jika kamu membenci orang karena dia tidak bisa membaca al Quran, berarti yang kamu pertuhankan itu bukan Allah, tapi Al Quran. Jika kamu memusuhi orang yang berbeda agama dengan kamu, berarti yang kamu pertuhankan itu bukan Allah, tapi Agama. Jika kamu menjauhi orang yang melanggar moral, berarti yang kamu pertuhankan bukan Allah, tapi moral. Pertuhankanlah Allah, bukan yang lainnya. Dan pembuktian bahwa kamu mempertuhankan Allah, kamu harus menerima semua makhluk. Karena begitulah Allah," demikian kata-kata bijak yang diunggah Jupe.

Postingan itu lantas menuai beragam reaksi. Komentar pedas dari haters pun seketika membanjiri akun Instagram Jupe.

" Jupe lu kan sarjana hukum, aturan nya bisa menegakan keadilan tanpa harus ngeliat itu siapa..udh jelas2 salah tuh si zaskia..becanda sih boleh tpi masa harus ngehina lambang negara...kan jadi ga mendidik apalagi kalian publik figur..hrus nya jadi contoh...mlah seenak nya az...@juliaperrezz," tulis akun anizharputNah.

" Gimana negara ini bisa maju, jika orang yg ngerti hukum kayak lu, kagak bisa fair dlm menjalankan hukum!!! #Miris," tulis vee_bee97.

(Ism) 

1 dari 3 halaman

Hina Pancasila, Julia Perez Paksa Zaskia Gotik Sekolah Lagi

Dream - Kecaman dari para peselancar dunia maya yang diterima pedangdut Zaskia Gotik rupanya mengganggu pikiran sahabatnya, Julia Perez. Wanita yang akrab disapa Jupe itu merasa sedih karena Zaskia seolah dipojokan terkait latar belakang pendidikannya yang hanya tamatan Sekolah Dasar (SD).

Tak ingin rekan di grup Cecepy-nya itu terus dihujat, Jupe pun mendorong Zaskia dan Ayu Ting Ting untuk meneruskan pendidikannya.

" Tiap hari saya selalu di grup, ayo sekolah, belajar, belajar. Kecantikan itu tak bisa menaklukan dunia ini. Harus ada gagasan dan pikiran," ujar Jupe, kamis 17 Maret 2016.

Jupe pun mengatakan saat ini kedua sahabatnya itu sudah berniat untuk kembali mengenyam pendidikan.

" Ayu alhamdulillah sekarang lagi mau kuliah dan Gotik lagi ambil paket," tutupnya.

2 dari 3 halaman

Zaskia Gotik Dikecam, Julia Perez: Kami Pantas Dikritik

Dream - Pedangdut Zaskia Gotik mendapat kecaman lantaran telah melecehkan lambang sila ke-5 Pancasila. Hal ini membuat sang sahabat, Julia Perez prihatin.

Wanita yang akrab disapa Jupe itu pun membantu Zaskia meluruskan hal yang terjadi. Menurut Jupe saat itu pelantun 'Bang Jono' itu tidak bermaksud untuk menghina ataupun melecehkan.

" Manusia kan terbatas, sehebat apapun ada kesalahan, pasti diuji. Kalau enggak dapat teguran kita malah enggak pernah tahu kalau itu salah," kata Jupe, Kamis, 17 Februari 2016.

Jupe pun berusaha untuk bijak menanggapi hal tersebut. Ia pu mengatakan kritikan pantas diberikan saat ada kesalahan.

" Kita pantas kok dikritik, kami senang banget ditegur supaya jadi manusia yang lebih dewasa. Ini baik dan enggak baik, jadi kita tahu," tutur artis yang sedang menghadapi sidang cerai dengan sang suami, Gaston Castano ini. 

Tak lupa Jupe pun memberikan semangat dan doa untuk rekan segrup `Cecepy` nya itu.

" Doanya yang terbaik saja, mudah-mudah masalahnya cepat selesai. Di muslim juga diajarkan untuk saling memaafkan," paparnya. (Ism) 

3 dari 3 halaman

Zaskia Gotik Dilaporkan ke Polisi

Dream - Lembaga Swadaya Masyarakat Komisi Komunitas Pengawas Korupsi (LSM KPK) melaporkan pedangdut Zaskia Gotik ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimum) Polda Metro Jaya. LSM itu melaporkan Zaskia Gotik karena dugaan penghinaan dan pelecehan terhadap lambang negara Indonesia.

Menurut Ketua Umum LSM KPK, M Firdaus Oiwobo, pelaporan itu dilakukan atas dasar kesadaran berbangsa. Dia juga beralasan pelaporan itu untuk memberi efek jera setiap warga negara yang bermain-main dengan lambang negara.

" Laporan ini kami lakukan untuk membuat efek jera terhadap yang lain. Kalau kita menjalankan profesi harus profesional dan proporsional. Tidak boleh sembarang apalagi menghina negara," kata Firdaus di Polda Metro Jaya, Kamis, 17 Maret 2016.

Firdaus mengatakan sejauh ini dia belum memikirkan ada proses perdamaian. Sebab, dugaan penghinaan yang dilakukan Zaskia Gotik telah melukai bangsa ini.

" Kami akan lihat dulu damainya seperti apa. Ini seluruh Indonesia sudah terhina. Kita bisa lihat perjuangan para pendahulu yang sudah berkorban. Sebagai penerus harusnya menghargai itu bukan malah melecehkan," ucap dia.

" Seakan-akan menyepelekan, dia sudah nyaman hidupnya," kata dia menambahkan.

Dalam sebuah acara di televisi swasta nasional, Zaskia dianggap melecehkan sila kelima Pancasila. Saat ditanya oleh rekannya, Denny 'Cagur' apakah simbol sila kelima, dengan enteng Zaskia menjawab bebek nungging.

Begitu halnya saat Zaskia ditanya mengenai kapan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan. Zaskia dengan nada bercanda menjawab dengan menulis, " Sesudah azan Subuh."

Atas dugaan pelecehan lambang negara itu, Zaskia terancam dijerat Pasal 57 UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Pasal tersebut memuat ancaman terhadap tindakan penghinaan terhadap lambang negara dengan maksimal pidana penjara lima tahun atau denda paling banyak Rp500 juta.

Minta Maaf

Penyanyi dangdut Zaskia Gotik mengakui kesalahannya melecehkan lambang sila ke-5 Pancasila. Juga kekhilafan menyebutkan tanggal proklamasi saat mengisi program acara televisi.

Tidak mau masalah ini menjadi rumit, pelantun `Satu Jam Saja` ini langsung meminta maaf secara terbuka. Permohonan maaf itu ditayangkan di program yang sama.

" Neng di sini mau minta maaf sebesar-besarnya untuk seluruh masyarakat Indonesia dan negara," ucap Zaskia Gotik saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu 16 Maret 2016.

Beri Komentar