Divonis Kanker Paru-paru Stadium 4, Kiki Fatmala Sudah Siapkan Surat Wasiat, Apa Isinya?

Reporter : Nur Ulfa
Kamis, 13 Oktober 2022 08:23
Divonis Kanker Paru-paru Stadium 4, Kiki Fatmala Sudah Siapkan Surat Wasiat, Apa Isinya?
Kiki diminta sang suami untuk membuat surat wasiat.

Dream - Artis senior Kiki Fatmala divonis mengidap kanker paru-paru stadium 4. Dia dan sang suami tak berhenti menangis saat mengetahui hal ini.

" Kami berdua nangis ketika tahu aku kanker, sampai mata kami itu bengkak," ujar Kiki Fatmala dalam tayangan FYP Trans 7 seperti yang dilansir Dream, Rabu, 12 Oktober 2022.

Kiki tersadar penyakit yang diidap bisa membuat dirinya bisa mati kapan saja. Maka dari itu, dia disarankan sang suami untuk membuat surat wasiat.

" Dia (suami) bilang aku harus pikiran untuk bikin surat wasiat. Terutama kalau meninggal, maunya di mana? Aku tambah nangis lagi dan mati itu pasti, tapi tetap aja sedih," ucap Kiki Fatmala.

Kiki© youtube

Meski sedih karena menganggap dirinya bisa mati cepat, pemain film Si Manis Jembatan Ancol ini mengikuti saran suaminya untuk membuat surat wasiat Sebab, dia tak mau ada ribut-ribut soal warisan jika dia telah tiada.

" Suami aku bilang kalau orang sudah meninggal itu yang diributin harta, ya kan? Jadi baiknya semua ditulis di notaris" imbuhnya.

Bersyukurnya, Kiki Fatmala saat ini sudah sehat dan tidak ada kanker lagi yang mengendap di paru-paru setelah menjalani serangkaian pengobatan.

1 dari 5 halaman

Kiki Fatmala mengaku didiagnosa mengidap kanker paru-paru stadium IV. Kabar ini diungkapkannya lewat postingan di Instagram.

" 19 November 2021 hari di mana semuanya berubah. Aku didiagnosis kanker paru-paru stadium IV," tulis Kiki Fatmala dalam postingannya.

Kiki tak menyangka bisa mengidap penyakit mematikan itu. " Aku menyadari bahwa semuanya tak akan sama lagi dan hidup terbagi jadi dua bagian: Sebelum dan sesudah ini," tambah dia.

 

2 dari 5 halaman

Kiki© Instagram

Setelah menjalani serangkaian pengobatan, mulai dari kemoterapi dan rutin kontrol ke rumah sakit, kondisi Kiki berangsur membaik.

Pemain film Si Manis Jembatan Ancol ini merasa apa yang terjadi dengannya merupakan mukjizat dari Tuhan.

" Sebuah perjalanan yang menunjukkan mukjizat itu nyata dan menghargai dari setiap perjalanan yang disebut kehidupan ini,"  tuturnya.

3 dari 5 halaman

Artis 52 tahun ini bersyukur kanker yang diidapnya sembuh karena percaya penyakit dan kesembuhan semua diberikan oleh Tuhan.

" Kita diberkati oleh semua dukungan dan doa-doa. Bagi Tuhan tak ada yang mustahil, thank you untuk semua yang sudah menyemangati kita. Kalian tahu siapa kalian," lanjutnya.

Di postingan lainnya, Kiki Fatmala bersyukur kondisinya saat ini sudah jauh membaik.

" Mengucap syukur kesembuhan yang terjadi.....Segala perkara dapat ku tanggung di dalam dia yang memberi kekuatan kepadaku," tulis Kiki

4 dari 5 halaman

Kiki Fatmala memutuskan untuk berpindah agama dari Islam ke Kristen. Wanita 51 tahun ini pun menjelaskan pengalaman pertamanya ketika memutuskan untuk pindah agama.

Kiki mengaku menangis mendengarkan lagu rohani saat berkunjung ke salah satu temannya yang beragama Kristen.

" Tahun 2014 saya main ke rumah teman, pada saat itu saya lagi banyak masalah keluarga. Saya dengerin lagu rohani yang bikin saya bisa nangis, air mata saya keluar sampai nggak bisa stop. Saya dengerin pujian-pujian penyembahan lagu-lagu rohani," kata Kiki Fatmala.

Kiki Fatmala beber alasan pindah agama© Kiki Fatmala beber alasan pindah agama

Setelah kejadian itu, pemain sinetron Si Manis Jembatan Ancol ini sering datang ke rumah temannya itu. Ia meminta agar diputarkan lagu-lagu rohani lainnya. Ia mengungkap, saat mendengarkan lagu itu ia merasa damai di hatinya.

" Saya minta didengerin lagu-lagu rohani yang lain. Saya sering datang ke rumah dia beberapa kali. Saya bilang saya mau dengar lagi lagunya, dengar lagi di rumah dia. Aku tuh ngerasa kalau lagi dengar lagu itu ada damai, nggak tahu rasanya bisa kelaur air mata dan sedih," kata Kiki.

5 dari 5 halaman

Akhirnya, wanita kelahiran Jakarta 1969 itu meminta kepada temannya untuk diperbolehkan ikut ke geraja. Pertama kalinya Kiki Fatmala pergi ke geraja bersama temannya.

" Pertama kali saya ke gereja sama teman saja diajak duduk paling depan, waktu itu saya lihat kamera saya ketakutan kalau orang tahu saya di agama yang lain, saya takut masuk gereja, tapi saya mau dengar, jadi akhirnya aku minta duduk di belakang," kat Kiki.

Kiki mengungkap merasakan senang dan sejahtera setelah pulang dari gereja. Ia juga selalu mengingat firman pertama yang ia dengar di gereja yakni soal Kasih dan Mengampuni. Sejak saat itu, Kiki pun rajin beribadah ke gereja tiap minggunya bersama temannya itu.

" Setelah pulang dari geraja saya merasa happy, saya dengar firman kasih dan mengampuni itu saya inget terus. Minggu ke depannya saya lagi ke gereja lagi ada kerinduan saya ke gereja. Setiap minggu saya ikut teman ke geraja yang sama saya duduk di belakang," tuturnya.

Sumber : youtube.com

 

Beri Komentar