Inikah Nama Islam yang Dipilih Deddy Corbuzier?

Reporter : Nur Ulfa
Senin, 24 Juni 2019 12:12
Inikah Nama Islam yang Dipilih Deddy Corbuzier?
Gus Moftah memanggil Deddy dengan sebutan Ahmad Deddy Cahyadi

Dream - Deddy Corbuzier mendapat masukan dua nama Islam dari KH Maruf Amin. Dalam pertemuan di kediamannya usai mengucapkan syahadat di Yogyakarta, Deddy mendapat usulan nama Ahmad atau Muhammad

Saat mendapar saran tersebut, Deddy yang didampingi Gus Miftah belum memberikan keputusan mengambil nama mana untuk dipakainya setelah resmi menjadi seorang muslim. 

Dugaan muncul dari unggahan obrolan percakapan Deddy dan Gus Miftah. 

Hubungan Deddy dan Gus Miftah memang sangat erat. Keduanya bahkan tak sungkan bercanda dalam gaya Jawa Timuran. 

" Gue datang di bandara sudah kaya artis Korea datang ke Indonesia," kata Gus Miftah dalam percakapannya yang diunggah Deddy ke akun Instagramnya.

Mendapat pesan tersebut, Deddy sambil bercanda menjawab kepada Gus Miftah yang memiliki kulit kecokelatan jika artis Korea umumnya berkulit putih. " Artis Korea putih bro," balas Deddy.

 

1 dari 6 halaman

Inikah Nama Islam yang Dipakai Deddy Corbuzier

Agar tak salah tangkap, Deddy menjelaskan jika percakapannya dengan Gus Miftah, adalah candaan ala orang Surabaya.

" Jowo Timuran yang nggak ngerti candaan gini. Ini candaan sahabat ala Suroboyoan, @gusmiftah, nggak kuat ini harus diposting. Artis Korea Pak Pak Panjenengan karep mandi susu pak," tulis Deddy.

Unggahan Deddy ini langsung dibalas Gus Miftah. Entah disengaja atau tidak, Gus Miftah memanggil Deddy dengan sebutan Ahmad. 

" Wooo pelanggaran si botak alias Ahmad DedI Chayadi alias @mastercorbuzier di post," balas Gus Miftah.

Untuk diketahui, Ahmad adalah satu dari dua nama yang diusulkan oleh Maruf Amin.(Sah)

2 dari 6 halaman

Doa Pertama Deddy Corbuzier Sebagai Seorang Muslim

Dream - Ada peristiwa menarik sebelum Deddy Corbuzier bertemu dengan Ketua Umum  Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin. Sebelum masuk ke rumah Ma'ruf, Deddy sempat bertemu dengan ulama Ustaz Yusuf Mansur.

Dalam perjumpaan itu, Yusuf Mansur meminta Deddy mendoakan sosok ustaz yang terkenal karena anjuran bersedekah itu.

" Saya minta didoain," kata Yusuf Mansur.

Permintaan itu awalnya diterima dengan agak berat oleh Deddy. Ayah satu anak itu bahkan berusaha menghindari permintaan memimpin doa di depan dua pemuka agama tersebut. 

" Saya mengamini saja," ujar Deddy.

Namun Yusuf Mansur rupanya terus mendesak agar Deddy memimpin doa sebelum memasuki kediaman Maruf Amin. Kali ini dia membawa alasan yang lebih kuat.

" Buruan Mas Deddy doain buat negeri ini, buat bangsa ini. Doa dari yang benar-benar bersih. Bener. Aku cium tangan deh," kata Yusuf Mansur.

 

3 dari 6 halaman

Sempat Menolak, Ini Isi Doa Deddy Corbuzier

Tak kuasa didesak Yusuf Mansur dan sahabatnya, Gus Miftah, Deddy akhirya meluluskan permintaan tersebut. 

Deddy kemudian melantunkan doa dan diamini Yusuf Mansur dan Gus Miftah.

"Mudah-mudahan dengan masuknya saya ke agama ini akan berguna banyak orang saya. Sebab, punya tujuan yang mulia. Mudah-mudahan dengan ini semua saya bisa menunjukkan harusnya bangsa ini, dengan masuknya saya di agama ini tidak ada perbedaan, bhineka tunggal ika lagi, lebih NKRI lagi. Amin," ujar Deddy.

Ini video saat Deddy Corbuzier mengucapkan doa sebagai seorang muslim

      View this post on Instagram

A post shared by Yusuf Mansur (@yusufmansurnew) on 

4 dari 6 halaman

Momen Deddy Corbuzier Belajar Baca Al Fatihah: Pelan-Pelan...

Dream - Usai menjadi mualaf, Deddy Corbuzier perlahan mulai belajar mengenai ayat suci Alquran. Salah satunya, Deddy belajar membaca surat Al Fatihah.

Video Deddy belajar membaca Al Fatihah itu diunggah pendakwah, Miftah Maulana Habiburrahman atau akrab disapa Gus Miftah, di Instagram pribadinya @gusmiftah.

"Bismillah," kata Gus Miftah, Sabtu, 22 Juni 2019.

Deddy pun meneruskan doa pembuka itu. "Bismillah rahmanir-rahim," ujar Deddy.

      View this post on Instagram

Pelajaran pertama surat Alfatihah Pelan2 donk broooooo, jangan panjang2� Doa utk beliau yah @mastercorbuzier #santrikeren #ponpesoraaji #aswaja #ahlussunnahwaljamaah #gusmiftah #nahdlatululama #santri #santriaswaja

A post shared by Gus Miftah (@gusmiftah) on 

Setelah itu, Gus Miftah mulai mengajari Deddy kalimat awal Al Fatihah. "Kalau Al fatihah awalnya al hamdu lillahi rabbil 'alamin," ujar Gus Miftah.

Deddy pun mengikuti `ayat demi ayat surat Al Fatihah yang didektekan Gus Miftah.

Sampai pada ayat, `siratallazina an'amta 'alaihim gairil-magdubi 'alaihim wa lad dallin` Deddy melontar protes ke Gus Miftah.

"Pelan-pelan," kata Deddy.

Ucapan Deddy itu membuat Gus Miftah tertawa. "Iya pelan-pelan," kata Gus Miftah.

Usai selesai membaca Surat Al Fatihah itu, Deddy meminta surat itu ditulis.

Dalam keterangan fotonya, Gus Miftah meminta doa warganet agar Deddy dimudahkan dalam belajar Islam.

"Pelajaran pertama surat Alfatihah. Pelan-pelan dong bro, jangan panjang-panjang. Doa untuk beliau yah," kata Gus Miftah.

5 dari 6 halaman

Deddy Corbuzier Ditanya Soal Khitan Usai Mualaf, Jawabannya Bikin Geli

Dream - Deddy Corbuzier resmi memeluk Islam setelah mengucapkan syahadat di Pondok Pesantren milik sahabatnya, Gus Miftah. Banyak pertanyaan yang dilontarkan kepadanya selepas menjadi mualaf.

Salah satunya, mengenai apakah Deddy sudah menjalani khitan atau belum. Uniknya, pertanyaan itu meluncur dari salah satu pria yang turut menghadiri prosesi pengucapan syahadat.

 Deddy Corbuzier akan Ucap Syahadat 21 Juni

" Kok ingin tahu banget, ada apa?" ujar Deddy menjawab pertanyaan dari salah satu jemaah pria. 

Menurut Deddy, pertanyaan itu terdengar normal jika ditanyakan oleh seorang wanita. Namun, dia merasa heran jika pertanyaan itu keluar dari mulut seorang pria.

" Kalau saya jawab pertanyaan,`Sudah disunat belum? Kalau belum, Anda mengharapkan saya memiliki hubungan apa dengan Anda?`" kata Deddy berkelakar.

Tak berhenti sampai disitu, Deddy mengatakan sulit membuktikan jika dia sudah khitan atau belum.

" Saya bilang iya, saya bilang enggak, saya enggak bisa buktiin. Mau lihat, mas?" lanjutnya, disambut oleh tawa seisi pondok pesantren.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Ruly Riantrisnanto)

6 dari 6 halaman

Pengalaman Deddy Corbuzier Jalani Sholat Berjemaah Pertama

Dream - Deddy Corbuzier menunaikan sholat magrib berjamaah untuk pertama kalinya setelah resmi menjadi seorang muslim. Ibadah wahib umat Islam itu dilakukan ayah satu anak itu di kediaman Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'aruf Amin.

Baru menjadi seorang mualaf, Deddy mengaku tidak menyangka akan diajak Ma'ruf Amin untuk menunaikan sholat berjamaah.

" Iya ini sholat pertama, itu hal yang saya nggak saya sangka. Niatnya dateng bukan untuk itu tapi untuk silaturahmi," ujar Deddy saat di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 21 Juni 2019.

Mendadak menjalani sholat berjamaah, kekasih Sabrina Chairunisa ini mengaku merasa grogi. Terlebih lagi orang yang menjadi imam adalah Ma`ruf Amin sendiri. 

" Saya deg-degan juga tadi, beneran ini," ujar dia.

Meski grogi, Deddy merasa bahagia. Sebab, keputusannya menjadi mualaf disambut baik oleh banyak orang. Termasuk, para pemuka agama.

" Luar biasa banget hari ini saya senang," ujar dia.(Sah)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo