Usai Kalah Sengketa Geprek Bensu, Begini Kondisi Ruben Onsu

Reporter : Nur Ulfa
Minggu, 21 Juni 2020 13:00
Usai Kalah Sengketa Geprek Bensu, Begini Kondisi Ruben Onsu
Ruben cukup stress menghadapi kasus ini

Dream - Ruben Onsu tak bisa tidur gara-gara memikirkan nasib bisnis kulinernya, Geprek Bensu. Suami Sarwendah Tan itu merasa terbebani karena seolah-olah dituding mengambil alih merek dagang Geprek Bensu.

" Kepikiran kenapa beritanya seperti ini, seolah dia yang mengmabil alih tanpa dasar. Itu jadi beban pikiran dia," kata kuasa hukum RUben Onsu, Minola Sebayang, di Jakarta, Kamis 18 Juni 2020.

Mahkamah Agung memang baru saja memutus sengketa merek Geprek Bensu antara Ruben Onsu dengan pemilik I Am Geprek Bensu, Benny Sudjono. MA memutuskan Benny sebagai pemilik sah merek dagang tersebut.

Tak hanya itu, dalam putusannya majelis MA juga memerintahkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk menghapus atau mencoret merek usaha Geprek Bensu milik Ruben Onsu.

Karena terbebani kasus tersebut, Ruben Onsu sampai harus menghindari netizen yang memberikan komentar pedas. Ruben tak mau membaca komentar di media sosial karena takut menambah beban pikirannya.

" Ruben hindari komentar warganet karena sudah trending karena takut keganggu pikirannya. Saya sempat baca komentar warganet saat senggang sudah agak lumayan dan berimbang tidak memojokkan Ruben Onsu," imbuh Minola.

Meski demikian, kondisi Ruben Onsu terus membaik karena pemberitaan yang berimbang. Dengan demikian, Ruben menganggap publik mulai paham dirinya tidak merebut merek dagang orang lain.

" Sehingga publik menilai ruben buka usaha ada sertifikatnya, bukan sekadar nama saja. Semua jelas secara legalitasnya. Kalau kalah dan menang, kalah belum tentu salah ya, menang belum tentu benar," ujar dia.

Dukungan dari keluarga, terutama sang istri, membuat Ruben semakin tenang dalam menghadapi persoalan ini. Ruben tidak panik lagi. " Sarwendah juga seprti itu," ungkap Minola.

1 dari 9 halaman

Adik Ruben Onsu Jelaskan Sejarah Nama Geprek Bensu dan Konflik di Dalamnya

Dream - Ruben Onsu melalui adiknya, Jordi Onsu memberikan klarifikasi lengkap tentang penggunaan nama Bensu dalam bisnis kuliernya. Geprek Bensu ramai menjadi perbincangan setelah sidang kasasi di Mahkamah Agung (MA) pada 20 Mei lalu menolak pengajuan atas putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat soal hak atas kepemilikan merek Bensu.

Dengan keputusan tersebut, banyak yang menganggap Ruben tak bisa lagi menggunakan nama Bensu sebagai merek bisnis kuliner ayamnya. Muncul juga banyak pemberitaan miring tentang Ruben Onsu yang pernah berkolaborasi dengan

Kasus ini muncul setelah Ruben mengajukan kasasi atas penggunaan nama Bensu yang dipakai I Am Geprek Bensu. Pemilik kuliner ini adalah Benny Sujono yang pernah berkolaborasi dengan Ruben.

Dalam klariifikasi yang disampaikan melalui channel YouTube MOP Channel, Jordi Onsu yang menggandeng kuasa hukum Ruben, Minola, menjelaskan tentang asal usul nama Geprek Bensu. Klarifikasi tersebut untuk meluruskan pernyataan-pernyataan tak benar yang sudah membuat asumsi salah kepada Ruben Onsu.

 

2 dari 9 halaman

Nama Bensu Legal Milik Ruben Onsu

Klarifikasi pihak Ruben Onsu© Ilustrasi foto : (MOP Channel)

Kuasa hukum, Minola menegaskan nama Bensu sudah melekat dengan sosok Ruben Onsu sebagai singkatannya yang sudah dipakai sejak 2006. Permohonan Ruben untuk mematenkan nama tersebut telah dikabulkan sejak 30 Mei 2018. Terhitung sejak hari itu, Minola mengatakan Ruben Onsu memiliki nama legal Ruben Onsu alias Bensu.

" Pada 30 Mei 2018 setelah memeriksa bukti-bukti, dikabulkan permohonan dengan menetapkan nama bensu sebagai singkatan dari Ruben Onsu, jelas." ujar Minola, kuasa hukum Ruben Onsu.

3 dari 9 halaman

Telah Memperoleh Sertifikat Nama Bensu

Meski Bensu sudah legal sebagai singkatan perorangan, namun nama tersebut sudah didaftarkan sebagai merek datang bernama Bengkel Susu yang sudah memperoleh sertifikat merek terdaftar sejak 2015. Hal tersebut membuat Bensu sebagai nama bisnis Ruben Onsu ditolak oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) karena terkena UU No 20 tahun 2016 yang memakai asal first to file.

Hal tersebut mendorong Ruben melakukan perundingan secara kekeluargaan dengan pihak Bengkel Susu. Hasilnya, pihak Bengkel Susu menyerahkan nama merek Bensu ke pihak Ruben Onsu. 

" Ruben sudah mendapatkan sertifikat peralihan atas merek terdaftar dan itu aktifnya terhitung sejak 2015 ketika mendapatkan hak merek dagang asa first to file." ujar Minola.

4 dari 9 halaman

Kantongi 35 Sertifikat Merek Atas Nama Bensu

Klarifikasi pihak Ruben Onsu© Foto (Tangkapan layar/MOP Channel)

Setelah mengantongi sertifikat peralihan atas merek terdaftar, Ruben memiliki 35 sertifikat merek oleh DJKI atas nama Bensu. Puluhan sertifikat tersebut meliputi nama merek dagang Bakso Bensu, Nugget Bensu dan merek dagang lainnya. Namun dari 35 sertifikat yang diterima, pihak Ruben Onsu juga menerima sertifikat I am Geprek Bensu. Jordi mengaku tidak mengetahui kenapa pihak Ruben juga miliki sertifikat tersebut.

Hal tersebut membuat pihak Ruben Onsu mengajukan gugatan agar sertifikat merek I Am Geprek Bensu dibatalkan dan dicabut. Namun gugatan yang diajukan oleh pria kelahiran 15 Agustus 1983 ini ditolak oleh Mahkamah Agung. Menurut kuasa hukum Minola, dalam pengambilan keputusan, pengadilan tidak memperhatikan asas first to file yang membuat gugatan tersebut ditolak.

" Dari 2018 Bensu itu Ruben Onsu. Mereka berubah nama dari Benito ke Beni Sujono bukan Bensu. Tapi PT nya sudah diubah menjadi I Am Geprek Bensu sejak 2017. Gugatan dibatalkan karena tidak perhatikan asas first to file" ungkap Minola.

5 dari 9 halaman

Gerai Tetap Diijinkan Buka

Meski pengadilan niaga menolak gugatan Ruben Onsu karena tidak memperhitungkan asas first to file, gerai dari Ruben Onsu tetap boleh dibuka. Hal tersebut dikarenakan dari 35 sertifikat yang dimiliki ada 6 sertifikat geprek Bensu dengan logo ayam yang dianggap gugatannya gagal.

Minola mengungkapkan bahwa PT Onsu Pangan perkasa masih boleh buka gerai dengan hanya perlu mengubah form nama dari 6 sertifikat yang bermasalah.

" PT Onsu Pangan Perkasa masih boleh membuka gerai seperti hari ini. Yang perlu dilakukan hanya mengubah form nama saja" tambah Minola.

6 dari 9 halaman

Asal Mula Berdirinya I Am Geprek Bensu

Ruben Onsu dan Jordi Onsu© Ilustrasi foto : (Instagram/Ruben Onsu)

Jordi Onsu menjelaskan kuliner I Am Geprek Bensu sebetulnya didirikannya bersama Jansen dan Stefani Livinus. Pada awalnya, mereka ingin membuat merek dagang dengan memakai nama yang mudah diingat publik. Kemudian, Jordi mengusulkan memakai nama singkatan milik kakaknya, Bensu. Jordi pun juga mengajak Ruben untuk ikut menjalankan bisnis tersebut.

Namun seiring waktu, terjadi pecah kongsi yang membuat mereka harus membuat MOU perjanjian. Namun MOU tersebut tak direspon pihak Jansen dan Fani yang malah pada akhirnya mengajak bertemu di persidangan. Dari situ, gugatan atas nama merek dagang Bensu pun dimulai.

" Pecah kongsi karena satu dua akibat, sempet mau bikin MOU bareng. Tapi enggak ada respon, malah mereka mengajak bertemu di persidangan. Gugatan pun akhirnya dimulai." cerita Jordi Onsu.

7 dari 9 halaman

Kata Jordi Soal Klaim Bensu Hadir Sejak 1988

Yangcent mengklaim bahwa Bensu adalah nama ayahnya sejak 1988, Benny Sujono. Menurutnya, tidak benar bahwa pihaknya menggunakan Ruben Onsu sebagai duta promosi untuk mendongkrak I Am Geprek Bensu. Mengenai itu diklarifikasi pula oleh Jordi Onsu. Ia mengungkap bahwa nama ayah Yangcent sebelumnya adalah Benny To dan baru resmi sah berganti menjadi Benny Sujono pada 10 Januari 2018.

" Nah, aku sendiri bingung, bagaimana ceritanya ada I Am Geprek Bensu yang dimaksud Benny Sujono, sementara penetapan perubahan namanya terjadi di tahun 2018? Berarti dia punya merek Bensu dulu, dengan maksud Benny Sujono, lalu mengubah nama orang tua Yangcent, bapaknya, dari Benny To menjadi Benny Sujono," tutur Jordi Onsu.

" Jadi, kalau dia bilang PT Ayam Geprek Benny Sujono ada sebelum didirikannya brand atau merek I Am Geprek Bensu, berarti mereka tidak bilang sama saya waktu itu bahwa mereka sudah punya PT sendiri, malah mereka mengajak membuat PT bersama-sama," tambahnya.

8 dari 9 halaman

Jordi Onsu Juga Pemilik I Am Geprek Bensu

Klarifikasi pihak Ruben Onsu© Ilustrasi foto : (Instagram/Ruben Onsu)

Beberapa waktu lalu viral pemberitaan tentang Jordi Onsu yang melamar menjadi manajer operasional dari I Am Geprek Bensu. Pernyataan tersebut dibantah tegas oleh Jordi. Adik Ruben Onsu tersebut menjelaskan menggunakan bukti berupa sertifikat PT Makan Sampai Kenyang. Perusahaan tersebut menyebutkan bahwa Jordi, Jansen dan Stefani Livinus menjadi pemilik, pengurus dan pengelola dari merek I Am Geprek Bensu.

" Bagaimana melamar, saya saja bersama dengan Jansen dan Fani adalah pemilik, pengurus, dan pengelola dari restoran dengan merek I Am Geprek Bensu dengan nama PT Makan sampai kenyang." terang Jordi Onsu.

9 dari 9 halaman

Tidak Ada Pencurian Resep

Berita yang viral juga menyebutkan Ruben Onsu memasukkan pegawai ke dapur untuk mencuri resep. Pernyataan tersebut dibantah tegas oleh Jordi dengan sebut kakaknya tak pernah mencuri resep. Jordi menambahkan bahwa resep yang dimilikinya hingga sekarang ialah karena ia tahu resep sebagai seorang pemilik. Jordi bahkan juga bercerita bahwa dulu ia dan kedua rekan bisnisnya sampai bertemu membawa cobek untuk mendapatkan resep ayam geprek.

" Enggak ada yang namanya curi resep. Saya tahu karena memang mengetahui resep sebagai pemilik." pungkas Jordi Onsu.

Beri Komentar