Dinilai Berpengaruh Buruk, 'Anak Jalanan' Ditegur KPI

Reporter : Kusmiyati
Selasa, 10 Januari 2017 17:03
Dinilai Berpengaruh Buruk, 'Anak Jalanan' Ditegur KPI
KPI telah memantau sinetron tersebut dinilai kerap menayangkan adegan perkelahian yang dapat membawa contoh buruk untuk anak dan remaja..

Dream - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengeluarkan teguran tertulis untuk sinetron 'Anak Jalanan'. Dalam surat teguran tertanggal 6 Januari 2017 itu, KPI menyatakan menemukan pelanggaran sinetron ini pada tayangan tanggal 15 Desember 2016.

" Program tersebut menayangkan adegan perkelahian antara sekelompok pemuda. KPI Pusat menilai muatan tersebut tidak dapat ditayangkan karena dapat memberi pengaruh buruk kepada khalayak yang menonton terutama anak-anak dan remaja," tulis demikian isi surat KPI, sebagaimana dikutip Dream pada Selasa 10 Januari 2017.

Surat KPI© Situs KPI

Menurut KPI, jenis pelanggaran itu dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan anak dan remaja serta penggolongan program siaran.

Poster Anak Jalanan© Sosial Media

" KPI Pusat memutuskan tayangan tersebut telah melanggap pedoman perilaku penyiaran komisi penyiaran Indonesia tahun 2012 pasal 14 ayat 1 dan pasal 21 ayat 1. Serta standar program siaran KPI tahun 2012 pasal 15 ayat 1 serta pasal 37 ayat 4 huruf a. Berdasarkan pelanggaran tersebut, KPI memberikan sanksi administratif teguran tertulis," tulis KPI.

1 dari 4 halaman

Memberikan Contoh Buruk

Dalam surat itu pula KPI menyatakan telah memantau tayangan 'Anak Jalanan'. Dari pantauan itu, KPI menyatakan tayangan ini kerap menayangkan adegan yang tak semestinya.

" Program siaran tersebut kerap menayangkan adegan perkelahiran di setiap episode, sehingga dapat memberikan contoh perilaku buruk bagi anak-anak dan remaja,"  tulis KPI.

KPI pun berharap teguran ini dipatuhi pihak yang bertanggung jawab atas sinetron tersebut.

" Wajib menjadikan P3 dan SPS KPI tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program siaran. Demikian agar surat sanksi ini diperhatikan dan dipatuhi,"  kata KPI.

2 dari 4 halaman

Apa Alasan Stefan William Mundur dari Sinetron 'Anak Jalanan'?

Dream – Sutradara ‘Anak Jalanan’, Akbar Bhakti, membenarkan berita mundurnya Stefan Wiliam dari sinetron garapannya itu. Namun, dia enggan membeberkan alasan Stefan mundur.

“ Seperti berita yang sudah beredar,” kata Akbar, Selasa 20 Desember 2016. Untuk alasan pengunduran diri, Akbar meminta media bertanya langsung kepadaStefan.

Berapa Honor Stefan William di Sinetron Anak Jalanan?© MEN

Dream sudah berusaha menghubungi Stefan untuk mengonfirmasi alasan mundur dari ‘Anak Jalanan’. Namun, nomor telefon suami Celine Evangeline itu tidak aktif. Sebelumnya, Stefan berpamitan untuk mundur dari sinetron itu melalui Instagram.

Baru Menikah, Stefan William Tak Sabar Ingin Punya Anak Kembar© MEN

Yang jelas, Akbar menegaskan, meski Stefan hengkang, proses produksi ‘Anak Jalanan’ tidak akan berhenti. Cerita sinetron itu masih bisa tayang meski tak ada karakter Boy

“ Cerita 'AJ' akan terus berjalan seiring kreatitas dari team,” tambah Akbar.

Baginya keputusan mantan kekasih Natasha Willona itu sudah menjadi hak para pemain. Tidak ada yang bisa menghalangi keiginan Stefan untuk keluar. “ Itu pilihan. Semuanya berproses,” tutur Akbar.

3 dari 4 halaman

Susul Stefan, Artis Cantik Ini Tak Lagi Main di 'Anak Jalanan'

Dream - Setelah Stefan Wiliam mengundurkan diri dari 'Anak Jalanan', rupanya artis Kathy Indera juga tak lagi main di sinetron itu. Pemeran 'Melly' itu pun berpamitan lewat akun Instagram miliknya.

" Its a super sad thing to leave all of you. Thanks for 1 year and more that we throught together. Never feel so sad to leave something like this , i feel blessed. Super damn blessed!, makasih semuanya. See you all in next project berharap banget bisa bareng lagi sumpah. Maaf banget kalo ada salah dan segalanya ya kawan-kawanku,"  tulis Kathy, sebagaimana diakses Dream pada Jumat 23 Desember 2016.

Unggahan Kathy© Instagram Kathy

Kathy sudah menganggap semua pemain dan tim produksi seperti keluarga sendiri. Dia merasa bahagia diterima dengan baik dalam tim 'Anak Jalanan'. 

" Swear to the sky. Thanks sudah menerima aku, kalian sudah keluarga kedua banget. I have many things to say, tapi sussah banget untuk diungkap. I love you guys,"  ujar Kathy.

4 dari 4 halaman

Penggemar Keberatan

Ungkapan pamit Kathy pun menuai berbagai reaksi. Tidak sedikit pengguna Instagram yang menyayangkan keputusan hengkang dari sinetron itu. 

" Enggak seru pemainnya pada keluar, enggak ada Boy dan Melly. Enggak asik,"  kata akun Melysa.

Kathy Indera© Dream/Nur Ulfa

" Nyusul Stefan, enggak ada yang bawel lagi dong. So sad,"  komentar akun Bryan" Loh kok Kathy enggak main lagi?, kenapa?,"  tutur akun Puspa.

" Kita bakal kangen banget, semoga makin sukses ke depannya,"  papar akun Iin.

Beri Komentar