Jadi Duta Cegah Corona, Sarah Gibson Disorot karena Hadiri Nikahan Rica Andriani

Reporter : Nur Ulfa
Jumat, 3 April 2020 15:22
Jadi Duta Cegah Corona, Sarah Gibson Disorot karena Hadiri Nikahan Rica Andriani
Sarah padahal dipercaya BNPB untuk melakukan sosialisasi covid 19

Dream - Selebgram Sarah Gibson tengah menjadi sorotan. Sebab, Sarah menghadiri pesta pernikahan selebgram Rica Andriani dan Kompol Fahrul Sudiana. Sarah bahkan menjari bridesmaid dalam pernikahan tersebut.

Sarah menjadi sorotan karena sebelumnya diundang oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk memberikan informasi tentang pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia.

Melalui Instagram, wanita dengan 1,3 juta follower ini mengunggah video saat diundang untuk berdiskusi soal pencegahan virus corona di BNPB.

" Hari ini menghadiri undangan BNPB untuk diskusi mengenai edukasi dan sosialiasi percepatan penanganan COVID-19," tulis Sarah Gibson.

sarah gibson© Instagram @sarahgibson21

Lewat unggahan itu pula dia memamerkan posisi duduk di dalam rapat yang memang berjarak agak jauh. Dia mengingatkan pentingnya social distancing.

1 dari 6 halaman

Menurut Sarah, para influencer yang ikut dalam pertemuan itu akan terus berkomunikasi dengan BNPB. Mereka bakal menyosialisasikan setiap informasi tentang penanggulangan virus corona ke masyarakat.

" Nantinya informasi yang kita dapatkan akan kita sampaikan dan sosialisasikan ke social media kita semua," tambah Sarah Gibson.

Namun, kehadiran Sarah Gibson pada pernikahan Rica Andriani menuai polemik. Sebagai influencer yang dipercaya untuk menyosialisasikan penanggulangan virus corona, dia dinilai tidak konsisten.

Apalagi, pemerintah sudah mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga jarak. Tidak berkerumun.

Kapolri bahkan sudah memerintahkan polisi untuk membubarkan setiiap kerumunan. Sehingga kehadiran Sarah pada acara pernikahan itu menuai cibiran.

2 dari 6 halaman

Dan, bacalah komentar sebagian netizen pada salah satu unggahan Sarah Gibson di Instagram berikut ini:

" Waktu acara ini sok-sokan pake masker, waktu kondangan temennya kagak. Ini i fluencer modal bacot," kata akun @outfit.bloom.

" Tapi kok itu pernikahan viral itu," tulis akun @sribunkay.

" Diundang BNPB untuk sosialisasi dan edukasi covid 19 #socialdistancing, tapi ikut dateng kondangan," kata akun @cistyzaranica.

3 dari 6 halaman

Jadi Sorotan, Ini 5 Fakta Pernikahan Rica Andriani dan Kompol Fahrul

Dream - Pernikahan selebgram Rica Andriana dengan mantan Kapolsek Kembangan, Fahrul Sudiana, menjadi sorotan. Sebab mereka menggelar resepsi di hotel mewah dengan mengundang sejumlah orang.

Perihal menggelar resepsi dan mengundang orang banyak, itu sudah biasa. Namun di tengah pandemi virus corona saat ini, jelas menimbulkan rasa khawatir bakal meluasnya penyebaran Covid-19.

Pemerintah sudah mengimbau masyarakat melakukan social distancing. Menjaga jarak. Menghindari kerumunan. Kapolri, yang menjadi atasan Fahrul, bahkan sudah mengeluarkan maklumat untuk membubarkan kerumunan di masyarakat.

Rica Andriani dan Fahrul Sudiana melangsungkan pernikahan pada Sabtu 21 Maret 2020 dan dihadiri keluarga serta kerabat dekat. Akibat pesta resepsi tersebut, suami Rica mendapatkan sanksi berupa pencopotan jabatan. 

Buat yang penasaran, berikut lima fakta terkait pernikahan Rica Andriani yang dilansir Liputan6.com:

4 dari 6 halaman

1. Melangsungkan Upacara Adat

Sebelum melakukan resepsi yang menjadi perbincangan warganet, Rica sempat menggelar acara pengajian dan siraman.

Acara ini digelar pada Kamis, 19 Maret 2020, sebelum memasuki gedung terdapat proses pengecekan suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer.

Pernikahan Rica Andriani© Instagram Rica Andriani

2. Melangsungkan Pernikahan di Hotel Mulia, Jakarta

Setelah cukup lama menjalin hubungan, akhirnya keduanya mengukir janji suci pada Sabtu, 21 Maret 2020. Acara ini dilangsungkan secara tertutup.

Pesta pernikahan ini dilangsungkan secara besar-besaran seperti dilaksanakaannya Upacara Pedang Pora.

" Alhamdulilah lancar, terimakasih untuk Detasemen Akademi Kepolisian Angkatan 38 Setia 2006 @38setia yang telah mengantarkan prosesi pedang pora pernikahan saya, Kalian Luar biasa. 21.03.2020 #ricafahrulovestory," tulis Fahrul, dilansir oleh Liputan6.com.

5 dari 6 halaman

3. Pesta Pernikahan Viral Akibat Tak Patuh Maklumat Polri

Ketika Fahrul Sudiana mengunggah pesta resepsinya, sontak warganet bergemuruh melontarkan kritik pedas.

Banyak warganet yang merasa kecewa dengan sikap Fahrul sebagai anggota kepolisian ditengah wabah Covid-19.

Kapolri Jendral Idham Aziz telah mengeluarkan maklumat terkait Covid-19.

Maklumat tersebut bernomor Mak/02/III/2020, di mana Kapolri meminta masyarakat tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak.

Baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri seperti, seminar, lokakarya, konser musik, festival, bazzar, pasar malam, pameran, unjuk rasa, kegiatan olahraga, kesenian, jasa hiburan, pawai, karnaval hingga resepsi keluarga.

Pernikahan Rica Andriani© Instagram Rica Andriani

4. Dicopot dari Jabatan

Akibat melanggar maklumat polri tersebut, Kompol Fahrul Sudiana dicopot dari jabatannya sebagai Kapolsek Kembangan Propam Polda Metro Jaya.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, mengatakan pada Liputan6.com bahwa Kompol Fahrul Sudiana terbukti melanggar disiplin dan maklumat Kapolri.

" Dalam hal ini maklumat kapolri tidak hanya berlaku untuk masyarakat saja tapi berlaku juga untuk anggota polri dan keluarganya, jadi kalau ada yang tidak menaati maka siapapun itu harus siap dengan segala konsekuensinya," ungkap Kombes Yusri Yunus.

6 dari 6 halaman

5. Menjadi Analis Kebijakan Polda Metro Jaya

Pernikahan Rica Andriani© Instagram Rica Andriani

Setelah resmi dicopot jabatannya, suami Rica Andriani kini dimutasi.

" Berdasarkan perintah Kapolda Metro Jaya sejak hari ini yang bersangkutan dimutasikan ke Polda Metro Jaya sebagai Analis Kebijakan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Laporan: Razdkanya Ramadhanty

Beri Komentar