Jenis Skincare Lokal Paling Diburu Saat Ini, Penasaran?

Reporter :
Selasa, 14 September 2021 08:47
Jenis Skincare Lokal Paling Diburu Saat Ini, Penasaran?
Kualitas skincare lokal kini semakin meningkat.

Dream - Maraknya platform digital, khususnya dalam urusan e-commerce, mempermudah masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Terlebih, dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini. Kita dipermudah membeli banyak kebutuhan tanpa keluar rumah dengan adanya platform digital.

Salah satu kebutuhan yang bisa kita penuhi lewat daring adalah produk kecantikan. Saat ini sudah sangat banyak produk lokal yang berkualitas sehingga bisa menambah koleksi makeup dan skincare di meja rias.

“ Kategori Kecantikan jadi salah satu kategori dengan peningkatan transaksi paling pesat selama kuartal II/2021 di Tokopedia. Serum wajah, krim malam dan toner lokal menjadi produk paling diburu pada kategori tersebut,” kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak dalam keterangannya pada Senin, 13 September 2021.

Di tengah pandemi, banyak perempuan menghabiskan banyak waktu dari rumah. Mereka lebih punya waktu untuk merawat diri.

Hal ini membuat produk-produk perawatan wajah seperti, serum, krim malam, dan toner menjadi incaran.

1 dari 5 halaman

Bantu UMKM Indonesia

Tokopedia© Tokopedia

Platform digital juga jadi panggung bagi para pegiat UMKM lokal di industri kecantikan untuk terus mempertahankan bisnis di situasi penuh tantangan seperti ini.

Dengan adanya platform digital, para pelaku UMKM bisa terus memasarkan produknya.

“ Riset LPEM FEB UI 2020 membuktikan bahwa jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia selama pandemi hampir 1,5x lipat lebih tinggi dibandingkan jumlah laki-laki,” kata Nuraini.

Perempuan pegiat UMKM lokal dari industri kecantikan yang memulai bisnisnya lewat Tokopedia di tengah pandemi adalah pemilik brand Gentle Hour, Jeldine Madjukie, Joyce Arta dan Revata Pingkan.

Joyce mengatakan karena mengikuti kampanye Tokopedia Beauty Dealight, produk Gentle Hour bisa menjangkau pelanggan lebih jauh, bahkan hingga ke Papua.

Hal tersebut, membuat para pelaku UMKM khususnya kaum hawa semakin tergerak untuk bisa menyediakan kebutuhan masyarakat Indonesia.

2 dari 5 halaman

Penjualan meningkat 4x lipat

Dengan dukungan dari masyarakat Indonesia sendiri, pelaku usaha bisa terus berkembang.

“ Tokopedia sudah memberikan panggung luas untuk para pegiat UMKM lokal kecantikan. Rasa bangga buatan Indonesia memang sudah seharusnya kita pupuk bersama demi membantu pemulihan ekonomi nasional,” kata Beauty Influencer Affi Assegaf mengapresiasi kampanye ini.

Tokopedia juga terus mendukung perempuan pegiat UMKM lokal di berbagai industri lain, termasuk makanan dan minuman.

Contohnya, Prima Hayuningputri dan Anika Miranti, pemilik Mad Bagel. Sejak mengikuti kampanye Tokopedia Nyam penjualan Mad Bagel meningkat hampir 4x lipat.

“ Pandemi mendorong digitalisasi dan teknologi bukan lagi sekadar nilai tambah, tetapi telah berkembang pesat menjadi sebuah kebutuhan,” ujar Nuraini.

3 dari 5 halaman

3 Cara Agar Akun E-commerce Sulit Dibobol Orang

Dream – Ada banyak cara yang dilakukan oleh penipu untuk mengelabui korbannya. Misalnya undian dengan mengatasnamakan platform e-commerce untuk membobol akun pengguna.

Apabila berhasil, dia akan menggasak saldo yang ada di akun e-commerce. Atau, bertransaksi sejumlah barang/jasa dengan mengatasnamakan korban.

Beli Ikan Online, Tapi yang Datang Tak Sesuai Harapan, 'Mungkin Dijual Terpisah'

Lalu, bagaimana cara mencegah ini terjadi?

Tak Pernah Buat Undian Berhadiah

Head of Strategic Merchant Acquisition Shopeepay, Eka Nilam Dari, menegaskan pihaknya tak pernah mengadakan undian berhadiah.

Wanita yang akrab dipanggil Lala ini meminta pengguna Shopeepay mengabaikan pemberitahuan yang dikirim melalui SMS, panggilan telepon, atau tautan yang mencurigakan.

Adit Insomnia Beli Mahar Diskonan: 'Yang Penting Calon Mertua Nggak Tahu`

“ Kami enggak pernah membuat undian berhadiah. Please jangan ditanggapi,” kata dia dalam media gathering virtual, Kamis 19 Agustus 2021.

4 dari 5 halaman

Pastikan Ini

Lala meminta pengguna untuk mengamankan akunnya. Pertama, pengguna harus memastikan apakah pemberitahuan yang dikirimkan oleh penipu, misalnya melalu SMS atau link situs, merupakan asli dari Shopee atau tidak.

“ Pastikan teman-teman double check itu resmi dari Shopeepay apa bukan,” kata dia.

5 Tips Hati Tak Goyah Diberondong Godaan Promo Belanja Online

Caranya, bisa mengecek langsung di aplikasi resmi atau situs resmi. Lala juga menyebut bisa menggunakan aplikasi lain, seperti Truecaller atau Getcontact untuk mengecek kebenaran penghubung kalau ada pemberitahuan melalui panggilan telepon.

“ Takutnya itu penipuan,” kata dia.

Buat PIN yang Sulit Ditebak

Yang ke dua, pengguna diminta untuk membuat PIN di Shopeepay dan kombinasi yang susah ditebak. Sebaiknya, kata Lala, PIN juga diganti berkala.

Hal ini bertujuan agar penipu tidak mudah untuk membobol akun, baik Shopeepay maupun Shopee.

Jurus Shopeepay Tangkal Penipuan Berkedok Nama Perusahaan

“ Kalau bisa, dibedakan dengan PIN Shopee,” kata dia.

 

5 dari 5 halaman

Jangan Berikan Kode OTP kepada Orang Lain

Ketiga, jangan pernah memberikan kode One Time Password (OTP) kepada orang lain. Sekadar informasi, OTP ini berfungsi untuk memverifikasi nomor telepon dan e-mail pengguna.

Lala menegaskan pengguna harus menyimpan kode ini sendiri dan merahasiakannya.

Sehari Kedatangan 5 Paket Olshop, Istri Ngakak Lihat Ekspresi Suami

“ Ini, tuh, benar-benar penting, (bahkan) pihak Shopeepay nggak akan boleh mengakses ini. Simpan untuk sendiri,” kata dia.

Beri Komentar