Kacamata Legendaris Mahatma Gandhi Dilelang, Harganya Bikin Mata Silau!

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 12 Agustus 2020 12:12
Kacamata Legendaris Mahatma Gandhi Dilelang, Harganya Bikin Mata Silau!
Sepasang kacamata itu rencananya akan dilelang senilai ratusan juta rupiah.

Dream – Kacamata yang diduga milik tokoh legendaris Mahatma Gandhi akan dilelang. Sepasang kacamata Mahatma Gandhi itu ditemukan di dalam amplop surat.

Kacamata Mahatma Gandhi itu ditemukan dalam amplop pada kotak surat oleh Andy Stowe salah satu staf di East Bristol Auctions. Sepasang kacamata Mahatma Gandhi itu rencananya akan dilelang senilai ratusan juta rupiah.

Stowe mengatakan, seseorang telah memasukkan kacamata Mahatma Gandhi itu ke dalam kotak surat mereka.

“ Salah satu staf saya menyerahkan kacamata itu ke saya, dan mengatakan ada surat yang menyatakan bahwa itu adalah kacamata Mahatma Gandhi,” ucap Stowe.

1 dari 3 halaman

Harga Lelang Fantastis

Ilustrasi© EAST BRISTOL AUCTIONS LTD/India Times

Dilansir oleh India Times, ketika Stowe menyelidiki pengiriman barang antik tersebut, ternyata kacamata dengan bingkai melingkar serta berlapis emas itu sebenarnya banyak dipakai oleh para pemimpin India.

Untuk memastikan hal tersebut, pihak Stowe pun menghubungi orang yang mengirimkan kacamata Mahatma Gandhi tersebut untuk meminta penjelasan lebih lanjut.

Saat ditanya tentang harga lelang kacamata legendaris itu, nilainya pun membuat pemilik syok. Pasalnya harga lelang yang ditawarkan sangat besar sekali yaitu sekitar Rp278 juta.

“ Kacamata Mahatma Gandhi diyakini sebagai salah satu penemuan terpenting dalam sejarah perusahaan. Ketika pemilik diberi tahu nilai lelang kacamata tersebut, mereka syok berat,” kata Stowe.

2 dari 3 halaman

Kacamata Paling Awal

Ilustrasi© EAST BRISTOL AUCTIONS LTD/India Times

Kacamata Mahatma Gandhi itu diyakini dikirim oleh salah satu keluarga di Inggris yang tak ingin disebutkan namanya. Sang pengirim diberitahu ayahnya bahwa kacamata itu adalah hadiah pamannya ketika bekerja di British Petroleum di Afrika Selatan antara tahun 1910 dan 1930-an.

Namun Stowe yakin bahwa Mahatma Gandhi tidak memakai kacamata sampai akhir tahun 1910-an  dan pada awal 1920-an.

“ Kemungkinan besar kacamata tersebut adalah salah satu kacamata paling awal Mahatma Gandhi selama berada di Afrika Selatan,” jelas Stowe.

3 dari 3 halaman

Sudah Banyak Peminat

Ilustrasi© britannica.com

Stowe melanjutkan kacamata Mahatma Gandhi itu hanya diletakkan di sebuah amplop putih polos. Sehingga orang tidak akan bisa berpikir bahwa di dalamnya merupakan barang antik yang sangat berharga.

“ Kacamata itu hanya berada di dalam amplop putih polos. Bisa sangat mudah untuk dicuri atau dibuang di tempat sampah. Ini merupakan barang paling penting yang pernah kami miliki sebagai sebuah perusahaan,” ungkap Stowe.

Kacamata legendaris Mahatma Gandhi rencananya akan dilelang secara online pada 21 Agustus 2020 mendatang. Hingga berita ini ditulis, peminat kacamata Mahatma Gandhi sudah sangat banyak.

Beri Komentar