Tanda Olahan Ayam Belum Matang Sempurna, Jangan Sampai Keracunan

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 30 Juni 2020 12:36
Tanda Olahan Ayam Belum Matang Sempurna, Jangan Sampai Keracunan
Jika tak matang sempurna, risiko keracunan akan sangat tinggi.

Dream - Membeli lauk berupa olahan ayam mungkin kerap Sahabat Dream lakukan saat tak sempat memasak. Ayam memang teman makan yang 'aman' karena disukai banyak orang. Saat membeli ayam matang, pastikan diolah dengan baik dan matang hingga ke dalam.

Jika tak matang sempurna, risiko keracunan akan sangat tinggi. Ayam yang tak matang cenderung mengandung bakteri yang banyak karena berkembang biak dan bisa menimbulkan keluhan berupa muntah, demam hingga diare.

Lalu apa ciri ayam belum matang sempurna?

1. Daging bagian dalam berwarna merah
Dari luar mungkin tampak krispi dan matang ekcokelatan, namun ketika dibelah, daging bagian dalamnya masih putih kemerahan. Ini adalah tanda utama ayam belum matang.

2. Daging masih berair
Daging ayam yang matang hingga ke dalam seharusnya tidak mengeluarkan air jika disobek dagingnya. Bahkan jika dagingnya memang juicy atau berair, namun jika sudah matang sempurna, daging tidak terlalu basah dan cenderung lebih lembut.

 

 

1 dari 5 halaman

Alot dan Masih Ada Gumpalan Darah

3. Masih ada darah di dekat tulang
Terkadang meski dagingnya sudah berwarna putih, namun ternyata masih ada gumpalan darah merah kecokelatan di dekat tulang. Ini juga jadi tanda ayam belum matang benar.

 Cara Aman Mengolah Ayam Mentah© MEN

4. Daging cenderung alot
Daging ayam yang sudah matang benar seharusnya empuk tidak alot. Jika tekstur daging ayam kenyal dan alot berarti ayam belum matang sempurna.


Laporan Febi Anindya Kirana/ Sumber: Fimela.com

2 dari 5 halaman

Resep Yakitori, Sate Kulit Ayam Manis ala Jepang

Dream - Kulit ayam memang memiliki rasa yang gurih dan selalu nikmat untuk dimakan. Di Indonesia, biasanya kulit digoreng kering atau dibumbu kuning dan dijadikan sate sebagai makanan pendamping nasi uduk atau bubur.

 Resep Yakitori, Sate Kulit Ayam Manis ala Jepang© MEN

Masyarakat Jepang ternyata juga penikmat kulit ayam. Untuk mengolahnya, tentu memiliki kekhasan sendiri. Salah satu yang terkenal adalah dengan membubuinya dengan saus manis atau dikenal yakitori.

Sahabat Dream bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Intip saja resepnya.

Bahan:
- 500 gr kulit ayam, cuci bersih
- 3 sdm cuka
- 1 sdt garam
- 4 siung bawang putih, haluskan

 

3 dari 5 halaman

Bumbu rendam:

 Yakitori© Shutterstock

- 2 sdm saus tiram
- 2 sdm kecap manis
- 1 sdm saus sambal
- 1 sdm minyak wijen
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt garam

Cara Membuat:
- Cuci kulit ayam dengan 2 sdm cuka agar kesat. Cuci bersih
- Ungkep kulit ayam dengan bawang putih dan garam. Gunakan air secukupnya (hingga kulit terendam), masak hingga matang dan agar tidak berbau
- Teruskan memasak kulit ayam meski air habis hingga mengeluarkan minyak. Tiriskan kulit ayam dari minyaknya
- Potong-potong kulit ayam, rendam dengan bumbu selama 30 menit
- Tusuk-tusuk dengan tusuk sate. Panggang sebentar di atas wajan antilengket hingga krispi dan sedap
- Yakitori kulit ayam siap sajikan, bisa jadi lauk atau camilan


Laporan Febi Anindya/ Sumber: Fimela.com

4 dari 5 halaman

Mi Instan Indonesia Versi 'Next Level' Jadi Favorit Dubes Jepang

Dream - Ishii Masafumi, Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia, dikenal dengan gaya diplomasinya lewat makanan. Lewat akun Instagramnya, ia selalu mengunggah menu-menu makan siangnya yang sangat beragam.

Ishii suka sekali masakan Indonesia dan lebih sering menghabiskan jam makan siang di ruang kantornya. Menu makan siang khas Indonesia biasa ia pesan lewat layanan ojek online.

Kali ini, menu yang disantapnya cukup bikin kaget banyak orang. Ishii menikmati mi instan merek Indonesia, Mie Sedap. Tak disangka seorang duta besar makan mi instan. Rupanya mi tersebut dimasak dengan berbeda atau ia mengistilahkannya sebagai mi 'next level.

 Dubes Ishii© Instagram

" Menurut cerita sekretaris saya, ini bukan mie goreng biasa, dengan tambahan baso, sayuran, bumbu dan satu tahapan lagi membawa mie goreng ini ke “ next level”. Hanya melihat foto ini saja, teman-teman Indonesia pasti sudah tahu kelezatan rasanya,"  tulis Ishii dalam keterangan foto yang diunggahnya pada 2 Juni 2020 lalu.

 

5 dari 5 halaman

Bintang Iklan Mahal

Komentar pun bermunculan. Warganet malah menunggu review atau ulasan rasa dari Dubes Ishii. Banyak yang memintanya untuk membandingkan dengan merek lain.

Seperti komentar @damaiantifitria yang menulis " Cobain indomie Goreng juga, Pak.. terus enakan yg mana? Ditunggu reviewnya.."

Ada juga berkomentar kalau Mie Sedap harus bayar mahal. Pasalnya, 'bintang iklannya' seorang Dubes Jepang. Akun @rivopamudji berkomentar " Bintang iklannya mahal ini!" .

 

Beri Komentar