Kala Tuna Netra Bisa `Menonton` Youtube

Reporter : Bimo
Rabu, 18 Maret 2015 16:02
Kala Tuna Netra Bisa `Menonton` Youtube
Fasilitas ini muncul berkat bantuan sebuah perusahaan digital agency di Indonesia.

Dream - Siapa tak tahu situs Youtube yang ternama sebagai ladang informasi dan media promosi berbentuk video. Miliaran orang bisa mengakses dan menikmati video lewat Youtube. Bahkan kaum tuna netra dengan keterbatasan penglihatan sekalipun.

Di tangan Think.Web, perusahaan digital agency di Indonesia, para penyandang tuna  netra kini bisa `menonton` jutaan video yang meluncurkan youtube lewat website YouTubeForTheBlind.com. 

" Kami penasaran dengan pemanfaatan video bagi teman-teman tuna netra dan terpikir bagaimana mereka bisa menikmati nonton Youtube ini," ujar Ramya Prajna, Co Founder Think.Web ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu 18 Maret 2015.

Ramya mengungkakan para penyandang tuna netra selama ini ternyata menggunakan semua digital channel di dunia maya temasuk Youtube. Dengan keterbatasannya, para tuna netara ini memang hanya bisa menikmati layanan sebatas audio.

Tergerak untuk menolong para tuna netra, Think.Web memikirkan untuk membantu para penyandang ini menikmati film tanpa dialog.

Think.Web lalu mengembangkan fitur scene description untuk memaksimalkan penggunaan video di laman Youtube. Kumpulan video ini diberikan teks di setiap adegan tanpa dialog. Selanjutnya, software text to speech atau screen reader akan bekerja membacakan text tersebut kepada penonton tuna netra.

" Secara teknis, para tunanetra dapat menggunakannya di komputer atau laptop yang sudah dilengkapi aplikasi text to speech ini," terang Ramya.

Ada beberapa kategori untuk konten video yang dapat dipilih di website YouTubeForTheBlind.com yaitu film pendek, hiburan, how to, dan dokumenter.

Selain pembuatan website tersebut, Think.Web juga memiliki beberapa proyek untuk mendukung tunanetra seperti #i4aneye yakni kegiatan ketik ulang buku ke dalam bentuk digital yang kemudian dapat dibuat buku braille. Dan bioskop bisik sebagai kegiatan nobar yang dibantu oleh sukarelawan membisikan alur cerita tersebut. (Ism) 

Beri Komentar