Rahasia Air Beras untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Reporter :
Senin, 13 September 2021 19:35
Rahasia Air Beras untuk Kesehatan Kulit dan Rambut
Kamu bisa langsung aplikasikan air bekas mencuci beras saat ingin memasak nasi.

Dream - Air beras ternyata punya manfaat untuk kecantikan, khususnya untuk perawatan rambut. Air yang didapatkan dari cucian beras diyakini bisa menjadikan rambut kuat bersinar.

Cara ini sudah dilakukan dalam budaya Jepang lebih dari 1.000 tahun silam. Selain rambut, air beras juga diyakini berkhasiat untuk perawatan wajah. Bahkan, sudah banyak produk perawatan wajah yang memiliki kandungan air beras di dalamnya.

Jika kamu ingin membuat air beras sendiri di rumah, caranya juga sangat mudah. Kamu bisa langsung mengaplikasikan air cucian beras pertama, saat kamu sedang masak nasi ke wajah atau rambut.

Kamu juga bisa merebus air dan beras dengan perbandingan 4:1. Setelah itu, biarkan mendingin dan masukan ke dalam wadah.

Kamu juga bisa membuatnya dengan cara merendam beras selama 30 menit, lalu ambil airnya. Jika kamu ingin mendapatkan air beras yang terfermentasi, biarkan rendaman ini dalam suhu ruang selama 1 hari.

Air beras diketahui memiliki segudang manfaat untuk kecantikan, seperti membuat kulit lebih cerah, melembapkan kulit.

Bahan alami ini sangat cocok digunakan kamu yang memiliki kulit kering karena dapat mengembalikan kelembapan kulit. Sedangkan untuk rambut yang diwarnai, memilih air beras untuk mengatasi masalah-masalah rambut adalah hal yang tepat.

1 dari 4 halaman

Air beras bisa untuk apa saja?

Bilasan rambut

Tambahkan beberapa tetes minyak essensial pada air beras yang sudah kamu fermentasi. Setelah itu aplikasikan ke rambut dari akarnya hingga ke ujung rambut, sebelum kamu keramas, dan biarkan selama 10 menit, baru setelah itu kamu keramas seperti biasa.

Ilustrasi© shutterstock

Dengan melakukan ini, kamu bisa mendapatkan rambut yang bersinar dan kuat. Selain itu, hal ini juga yang dilakukan nenek moyang Jepang untuk menumbuhkan rambut yang panjang.

2 dari 4 halaman

Toner

Aplikasikan air beras dengan sehelai kapas, lalu gunakan ke wajahmu sebagai toner. Toner ini bisa bermanfaat untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan ingin kulit terasa lebih lembap dan bersinar.

Ilustrasi© shutterstock

Lulur badan

Kamu juga dapat memanfaatkan air beras sebagai campuran lulur badan alami. Caranya tinggal campurkan air beras bersamaan dengan garam laut, lalu aplikasikan langsung ke badan sebagai eksfoliator alami.

Sumber: Healthline

3 dari 4 halaman

Trik Mengeringkan Kuas Makeup Agar Tidak Mudah Rusak

Dream - Menjaga kesehatan kulit tidak hanya bisa dilakukan dengan cara memakai produk perawatan kulit yang tepat. Kamu juga harus melakukan upaya lainnya untuk mendapatkan kulit sehat dan sempurna.

Salah satunya adalah rajin membersihkan kuas makeup. Terutama, jika kamu sering merias wajah. Perhatikan juga cara membersihkan kuas makeup agar tidak mudah rusak dan mempersulit pengaplikasian riasanmu.

6 Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Musim Hujan

Meski terkesan rumit, namun sebenarnya kamu bisa membersihkan makeup dengan cara yang mudah dalam waktu singkat. Dilansir Makeup.com, berikut cara mudah membersihkan kuas makeup.

Langkah 1: Mengeringkan kuas dengan handuk

Kuas Makeup© Pexels.com

Cucilah kuas makeup dengan micellar water dan sabun wajah hingga benar-benar bersih. Lalu, ambil handuk bersih dan letakkan di atas permukaan yang rata.

Coba Manfaatkan Kunyit untuk Perawatan Kulit

Kemudian, letakkan kuas yang baru dicuci di atas handuk. Lilit kuas dengan handuk dan tekan-tekan bulu kuas untuk mengeluarkan sisa air.

4 dari 4 halaman

Langkah 2: Biarkan kuas hingga mengering


Kuas Makeup© Pexels.com

Selanjutnya, biarkan bagian bulu kuas menggantung di pinggir meja atau permukaan rata. Sehingga, semua bulu kuas bisa mengering secara merata.

Tekstur Wajah Lebih Mulus, Cuma Butuh 5 Langkah

Jangan taruh kuas di dalam wadah dan menaruhnya secara horizontal. Ini akan membuat kuasmu mudah rusak dan bulu kuas pun rontok.

Beri Komentar