Skincare Sebelum dan Setelah Olahraga, Wajib Pakai Banget!

Reporter : Dwi Ratih
Sabtu, 11 September 2021 07:00
Skincare Sebelum dan Setelah Olahraga, Wajib Pakai Banget!
Jangan sampai salah urutan, ya.

Dream – Berkesempatan olahraga di luar rumah, pastinya Sahabat Dream melakukan sederet persiapan. Mungkin menyiapkan peralatan atau botol minum.

Nah, ada satu hal yang tak boleh dilupakan yaitu menggunakan skincare. Berkegiatan di luar rumah juga perlu pakai skincare seperti sunscreen agar kulit tetap terlindungi kesehatannya dari paparan sinar matahari.

Selain membuat kulit menjadi sehat, sirkulasi aliran darah, dan metabolisme tubuh menjadi lancar. Agar saat olahraga kondisi kulit tetap sehat dan glowing, berikut ada hal-hal yang harus kamu perhatikan.

Sebelum olahraga

Banyak dari kita sering melakukan kesalahan ini, yaitu menggunakan riasan saat berolahrga. Padahal riasan dapat menghambat keringat keluar dari pori-pori.

Pori-pori yang tersumbat menjadikan kulit sulit bernafas. Hal yang harus kamu lakukan adalah menghapus riasan pada wajah. Jangan ragu untuk double cleansing menggunakan micellar water dan facial wash, bilas hingga bersih.

1 dari 4 halaman

Jangan pakai handuk bekas keringat

Ilustrasi© shutterstock

Pakai riasan wajah dilarang, tapi pakai sunscreen diwajibkan. Kamu cukup menggunakan pelembap dan sunscreen agar wajah terproteksi sinar UV.

Ketika berolahraga, usahakan untuk menguncir rambut agar tidak menyentuh wajah. Jangan menyentuh wajah saat berolahraga karena tidak tahu kotoran apa yang sudah ada di tanganmu. Selalu gunakan handsanitizer lebih dulu agar memproteksi dari virus dan bakteri berbahaya lainnya.

2 dari 4 halaman

Setelah berolahraga

Ilustrasi© shutterstock

Ketika kamu sudah selesai berolahraga, kamu bisa mengambil istirahat sejenak. Buatlah dirimu senyaman mungkin.

Setelah dirasa cukup, kamu bisa segera mencuci wajah agar kotoran seperti keringat dan minyak di wajahmu tidak bersemayam lama.

Setelah membersihkan wajah, kamu bisa mencuci rambut dengan sampo dilanjut dengan pengaplikasian skincare lanjutan seperti produk eksfoliasi, serum, dan pastinya pelembab. (mut)

 

Laporan: Delfina Rahmadhani/ Sumber: Times of India

 

 

3 dari 4 halaman

Formula Skincare Ini Tak Boleh Dipakai Berlebihan

Dream – Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik. Sama halnya dengan skincare. Penting untuk mencapai keseimbangan sempurna antara hidrasi, pelembap, dan eksfoliasi.

Merawat kulit memang selalu menyenangkan dan bisa dilakukan kapan saja. Penting untuk memperhatikan tiap formula dalam skincare yang kamu gunakan. Terutama jika diaplikasikan setiap hari.

Sama Pentingnya dengan Wajah, Ini 6 Cara Rawat Kulit Tangan!

Ada beberapa formula skincare yang tidak dianjurkan untuk memakainya berlebihan. Apa saja?

1. Alpha Hydroxy Acids (AHAs)
Manfaat yang kamu dapatkan dari AHAs memang nyata dan kerap membuat tergoda untuk menggunakannya lebih sering. Beberapa produk yang diformulasikan dengan AHA seperti asam glikolat, lactic, dan malic acids memang bertujuan untuk penggunaan sehari-hari namun tidak semuanya sama.

“ Frekuensi penggunaan yang direkomendasikan tergantung pada konsentrasi asam dan seberapa kulit terbiasa dengan asam atau eksfoliasi secara umum,” kata Blair Murphy-Rose seorang dokter kulit di New York City.

Idealnya, hanya boleh menggunakan satu produk yang mengandung AHA per sesi. Jika dilakukan berlebihan sangat berisiko memicu iritasi.

2. Beta Hydroxy Acids (BHAs)

Sama halnya dengan AHA, penting untuk memperhatikan penggunaan BHA. Bahan utama BHA adalah asam salisilat yang digunakan untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat.

5 Mitos Pemakaian Toner yang Masih Sering Dipercaya© MEN

Kondisi Kulit Area Mata Saat Butuh Eye Cream

Terlalu banyak menggunakan bahan ini, bisa menjadi bumerang bagi kulit. Oleh sebab itu, ikuti petunjuk penggunaan pada label produk. Jika produk perawatan hanya untuk jerawat, jangan digunakan di seluruh wajah.

4 dari 4 halaman

3. Retinol

Produk ini memang sangat direkomendasikan para ahli perawatan kulit di seluruh dunia, karena terbukti secara ilmiah memperbaiki dan mencegah tanda-tanda penuaan. Pada saat yang bersamaan, akan muncul retinisasi – proses pengelupasan, kemerahan, dan sensitivitas yang dialami kulit saat mulai terbiasa dengan retinol.

Tips Memilih Toner untuk Kulit Berjerawat© MEN

Penasaran Prosedur Tanam Benang? Bisa Bikin Kulit Kencang

“ Retinol adalah bahan yang harus dikurangi penggunaannya seiring waktu. Sesuaikan dengan kondisi kulit dan cuaca,” kata Tina Alster, MD, seorang dokter kulit.

4. Trichloroacetic Acid (TCA)

TCA merupakan formula yang ampuh mengatasi masalah kulit seperti garis halus, kerutan, dan perubahan warna. Jika menggunakan TCA terlalu sering, bisa menyebabkan kulit kemerahan serta iritasi.

Apa Kegunaan Toner dan Bagaimana Cara Memakainya?© MEN

Tak Boleh Lengah, Skincare Routine Juga Perlu 'Update'

" Cara kerja TCA adalah melarutkan mortar yang menyatukan sel-sel epidermis dan membantu melepaskan sel kulit mati,” kata dr. Alster.

Beri Komentar