Pengalaman Ricky Harun Jadi Pemandu Jemaah Umroh

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 16 April 2018 15:13
Pengalaman Ricky Harun Jadi Pemandu Jemaah Umroh
Ricky bersyukur mendapat pengalaman menarik ketika memandu jemaah.

Dream - Ricky Harun punya pengalaman menarik saat menjalankan umroh bareng istrinya. Selain menjadi jemaah, pria bernama lengkap Ricky Chilnady Pratama Harun juga menjadi petugas yang menemani dan memandu para jemaah umroh Jannah Travel.

" Jadi, kemarin merupakan umroh pertama bersama istri. Selain jadi jemaah, kami juga menemani para jemaah," ujar Ricky saat ditemui di Aston Priority Simatupang, Jakarta, Minggu, 15 April 2018.

Selain ibadah, Ricky bersyukur masih bisa bekerja di Tanah Suci. Menurutnya, menemani para jemaah tidak membuatnya repot dalam beribadah.

" Melalui grup, kami ajak para jemaah melakukan kegiatan bersama di sana, misal sholat jemaah. Jadi, ibadah pun tidak terhambat, malah bisa dilakukan bersama-sama," katanya.

Selama memandu, Ricky juga menemui beberapa kejadian seputar jemaah. Salah satu contohnya ketika dua ibu anggota rombongan Jannah Travel yang kebingungan usai thowaf.

" Jadi, selesai thowaf, jamaah seharusnya pergi arah kanan, tapi ada dua ibu-ibu yang ke arah kiri. Langsung kami samperin. Kalau dibiarin aja kan ibadah ibu itu dan kami bersama jadi terhambat," tutur suami dari Herfiza.

Meski begitu, Ricky mengaku memandu jemaah tidak selamanya mudah. Karena ketika ada jamaah yang barangnya hilang, menanyakan soal tempat, dan sebagainya, Ricky harus bisa mengatasi hal tersebut.

" Ketika mereka mengalami masalah, tentunya saya dan teman-teman lainnya harus langsung bisa memberikan solusi."

" Hal yang paling menyenangkan sebagai owner travel adalah tidak hanya memantau para jemaah tapi bisa langsung menemani dan mendengarkan keluh kesah mereka." tutupnya.

(Sah, Laporan: Dina Nazhifah)

 

Beri Komentar