Shah Rukh Khan, Artis Muslim Terkaya Yang Rendah Hati

Reporter : Eko Huda S
Kamis, 2 Juli 2015 12:04
Shah Rukh Khan, Artis Muslim Terkaya Yang Rendah Hati
Kekayaannya mencapai US$ 600 juta atau setara Rp 6,9 triliun. Berada di bawah komedian Jerry Seinfeld yang memiliki kekayaan sebesar US$8 20 juta atau setara Rp 9,4 triliun.

Dream - Artis asal India, Shah Rukh Khan, tak hanya punya karier cemerlang di dunia hiburan. Pundi-pundi kekayaan megabintang industri film Tanah Hindustan, Bollywood, itu ternyata juga mengunung.

Aktor utama film 'My Name Is Khan' ini dinobatkan sebagai artis terkaya nomor dua di dunia dalam dua tahun terakhir versi Wealth-X. Kekayaannya mencapai US$ 600 juta atau setara Rp 6,9 triliun.

" Dia populer di seluruh dunia sebagaimana di negara asalnya, India," demikian laporan Wealth X dikutip Dream dari Times of India, Jumat 23 Mei 2014. Kekayaan artis muslim ini berada di bawah komedian Jerry Seinfeld yang memiliki kekayaan sebesar US$8 20 juta atau setara Rp 9,4 triliun.

Kekayaan 'Raja Bollywood' ini mengalahkan pesohor Hollywood sekaliber Tom Cruise dengan kekayaan US$ 480 juta atau setara Rp 5,5 triliun. Peringkat ke empat dan ke lima ditempati Johnny Depp dan Tyler Perry dengan kekayaan masing-masing sekitar US$ 450 juta atau setara Rp5,1 triliun.

Sejak berkarier di dunia film Bollywood, artis yang lahir 48 tahun silam ini telah berperan dalam lima puluh film. Tak hanya sebagai aktor, artis yang secara reguler tampil dalam Festival Film Cannes di Prancis ini juga sebagai produser, host televisi, dan pemilik sebuah klub kriket di India. Dia juga dikenal dermawan.

1 dari 5 halaman

Shah Rukh Khan Yang Tetap Rendah Hati

Dream - Shah Rukh Khan tetap rendah hati Meski dinobatkan sebagai artis paling kaya nomor dua di dunia. Megabintang asal India itu bahkan tak ambil pusing dengan daftar artis kaya dunia yang dikeluarkan Wealth X.

" Jujur, saya tidak paham dengan mereka," kata Shah Rukh Khan dikutip Dream dari Hindustan Times, Sabtu 24 Mei 2014.

Pria berjuluk Raja Bollywood itu mengaku hanya tahu soal pekerjaan. Baik sebagai artis, host televisi, pemilik klub kriket di India, hingga kegiatan sosial. " Saya menemukan kesenangan dalam pekerjaan. Yang paling penting, kesuksesan itu bukan hanya milikmu sendiri," ujar dia.

Bagi pria yang hampir berusia setengah abad itu, kekayaan adalah keluarga. Tanpa keluarga, kekayaan seseorang tidak akan berarti apa-apa. " Saya pikir, saya kaya karena memilik anak-anak yang tampan dan cantik. Mereka hanya suka hal-hal sederhana dalam hidup," ucap Shah Rukh Khan.

Dia menambahkan, kemakmuran bukan berarti hanya soal materi saja. " Ini berarti seseorang yang punya cinta, kebahagiaan dan kepuasan, dan saya pikir itu yang paling penting," kata pemeran utama film 'My Name Is Khan' itu.

Sebelumnya, Wealth-X mengeluarkan daftar artis paling tajir di dunia tahun 2013. Nama Artis muslim ini berada di posisi ke dua dengan kekayaan mencapai US$ 600 juta atau setara Rp 6,9 triliun. Dia berada di bawah komedian Jerry Seinfeld dengan harta sebanyak US$ 820 juta atau setara Rp 9,4 triliun.

Kekayaan Shah Rukh Khan mengalahkan pesohor Hollywood sekaliber Tom Cruise dengan kekayaan US$ 480 juta atau setara Rp 5,5 triliun. Peringkat ke empat dan ke lima ditempati Johnny Depp dan Tyler Perry dengan kekayaan masing-masing sekitar US$ 450 juta atau setara Rp 5,1 triliun.

Namun Shah Rukh Khan merasa tak suka dibanding-bandingkan dengan orang lain. Apalagi masalah kekayaan. " Perbandingan seperti itu tidak ada gunanya. Sayatidak tahu mengapa kita meremehkan bintang besar internasional sekaliber Tom Cruise dan lainnya dengan perbandingan," tutur Shah Rukh Khan.

2 dari 5 halaman

Hebohkan Dubai dengan Limo Super Mewahnya

Dream - Aktor Bollywood, Shahrukh Khan, baru-baru ini berkunjung ke Dubai, Uni Emirat Arab, bersama sang istri, Gauri Khan. Dalam kunjungan itu, pria berjuluk 'Raja Bollywood' ini membuat sejumlah orang terkagum-kagum.

Dikutip Dream dari laman Arab News, Selasa 12 Agustus 2014, sejumlah fans, terpesona dengan gaya Shahrukh Khan dan Gauri yang datang dengan mobil Limousine. Terutama saat pasangan tersebut turun dari mobil super mewah itu. Banyak yang menyebut inilah gaya 'Sang Raja'.

Tak hanya kagum pada sang idola, para penggemar itu juga terpesona dengan mobil panjang beroda delapan yang ditumpangi aktor India tersebut. Pada lambung mobil itu tertera tulisan 'Royal Estates by Shah Rukh Khan'.

Sejumlah penggemar memberikan sambutan hangat. Mereka langsung heboh dan segera mengerumuni Shahrukh Khan untuk berfoto di samping Limo bercat putih tunggangan pribadi 'Sang Raja'.

Kedatangan Shahrukh Khan ke negara Teluk itu bukan untuk berlibur. Namun, aktor kaya raya itu tengah meresmikan proyek realestate miliknya yang diberi nama 'Royal Estates by Shah Rukh Khan'.

Shahrukh Khan, yang menjadi salah satu selebriti kaya di India, tengah membangun aset properti di Dubai. Proyek itu bernilai sekitar Rp 7 triliun. Peluncuran proyek mewah itu dihadiri sejumlah tokoh dari India, Pakistan, Kanada, dan Inggris.

3 dari 5 halaman

Doa Khusus untuk Zayn Malik

Dream - Dua artis Muslim, Shah Rukh Khan dan Zayn Malik, mendapat penghargaan dalam ajang Asian Award ke lima yang digelar di Hotel Grosvenor, London, Inggris. Shah RUkh Khan mendapat penghargaan di bidang film, sementara Zayn Malik di bidang musik.

" Saya bangga menjadi bagian dari perayaan kerja keras yang mengagumkan dari bidang berbeda tapi dengan semangat yang sama," kata Shah Rukh Khan sebagaimana dikutip Dream dari Saudi Gazette, Senin 20 April 2015.

Shah Rukh Khan, merupakan superstar Bollywood, industri film terkemuka India. Prestasinya tak hanya sebatas Tanah Hindustan saja. Berbagai film Shah Rukh Khan juga tenar di negeri manca.

Sementara bagi Zayn Malik, ajang Asian Award ke lima ini merupakan kemunculan pertamanya setelah keluar dari grup One Direction. Pada Jumat malam itu, dia tampin dengan mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam.

Shah Rukh Khan dan Zayn Malik terlihat sangat akrab dalam acara itu. Zayn Malik bahkan sempat berfoto bareng Shah Rukh Khan sebelum sesi makan malam.

Melalui akun Twitter, Shah Rukh Khan pun mengungkapkan kekaguman dan soanya untuk Zayn Malik. " Anak ini sangat keren. Semoga Allah memberkati. Waktu makan malam dalam Asian Award," demikian tulis Shah Rukh Khan.

4 dari 5 halaman

Jadi Duta Polisi Dunia

Dream - Megabintang India, Shahrukh Khan, direkrut oleh Interpol untuk memerangi kejahatan global. Pria berjuluk `Raja Bollywood` ini ditunjuk sebagai duta selebriti untuk memerangi kejahatan internasional pada Rabu kemarin.

" Ini merupakan kehormatan besar menjadi duta Interpol untuk kampanye anti kriminal," kata Khan dikutip Dream dari laman Gulf News, Kamis 28 Agustus 2014.

Khan optimis bisa mengemban kepercayaan ini. Dia selalu yakin dengan prinsip Mahatma Gandhi, yang mengajarkan tidak boleh takut kepada siapa pun, kecuali kepada Tuhan. Dengan itulah Khan berani menerima amanah untuk menyuarakan kampanye anti kriminal secara global.

" Sebab saya yakin bisa, kita seharusnya, dan kita harus berdiri bersama memerangi segelintir orang yang melakukan kejahatan terhadap manusia, dalam bentuk apapun," tambah dia.

Pada Rabu itu, Khan diundang oleh organisasi yang berbasis di Lyon, Prancis, ini. Dia langsung diundang langsung oleh Sekretaris Jenderal, Ronald Noble. Khan akan bergabung dengan aktor Jackie Chan untuk kampanye ini.

" Shahrukh Khan telah mendedikasikan hidupnya untuk membuat film yang merefleksikan level profesionalisme dan komitmen tertinggi untuk membawa kebahagiaan ke dalam ratusan juta penikmat film di India dan seluruh dunia," tutur Noble.

5 dari 5 halaman

Bopong Polwan, Panen Kecaman

Dream - Aktor Bollywood, Shahrukh Khan, menuai kecaman setelah menari dengan seorang polisi wanita di Kolkata, India. Pria berjuluk Raja Bollywood itu dianggap melecehkan petugas, sebab polwan yang diajak menari itu masih mengenakan seragam dinas.

Dikutip dari laman NDTV, Kamis 14 Agustus 2014, Shahrukh Khan tampil pada show di stadion tertutup Netaji di Kolkata. Dalam acara yang digelar pada hari Sabtu itu tampil sejumlah pejabat, salah satunya Kepala Menteri, Mamata Banerjee.

Di atas pangung tersebut, Shahrukh Khan menyanyi dan menari seperti biasa. Namun, kala itu dia ditemani oleh polwan berseragam putih dan berbaret. Polwan itu dibopong oleh Shahrukh Khan. Dan sang polwan pun, dalam foto yang beredar, tampak tertawa riang.

Namun siapa sangka, foto itu mendapat kecaman dari kelompok oposisi India. Para oposan melancarkan kutukan dan menuding aparat India tidak disiplin dalam menjalankan tugas, dan justru malah bersenang-senang.

" Bagaimana mungkin seorang polisi wanita yang berseragam diperbolehkan menari di atas panggung," kata pemimpin oposisi India, Ritesh Tewari.

Tak ada tanggapan resmi dari kepolisian Kolkata. Salah satu sumber di kepolisian menyebut tak ada rencana adegan itu. Semuanya berjalan secara spontan. Memang, aturan di tanah Hindustan itu menyatakan petugas berseragam tak diperkenankan menari.

" Aturan tidak membolehkan seseorang yang mengenakan seragam untuk menari," kata Ketua Kongres, Adhir Ranjan Chowdhury.

Menanggapi kritikan itu, Shahrukh Khan mengaku bingung. Sebab, dia tidak kali ini saja menari dan menyanyi bersama dengan aparat berseragam. " Di Mumbai saya juga pernah melakukan ini. Saya merasa ini aneh," ujar Shahrukh Khan.

Beri Komentar