Surat BNN Terbit, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Direhabilitasi

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 11 Juli 2021 12:15
Surat BNN Terbit, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Direhabilitasi
Nia dan Ardi tidak menjalani penahanan oleh polisi.

Dream - Pasangan artis Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie resmi menjalani rehabilitasi. Ini didasarkan pada terbitnya surat asessmen oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Kuasa Hukum Nia dan Ardi, Wa Ode Nur Zainab, mengatakan kliennya telah menjalani rehabilitasi sejak 9 Juli 2021. Berdasarkan surat tersebut, kata Wa Ode, Nia dan Ardi dianjurkan mengalmai asessmen lanjutan, evaluasi psikologis, wawancara motivasional, konseling, intervensi psikososial.

" Rehabilitasi dilakukan di lembaga rehabiliasi yang kompeten sebagaimana yang ditunjuka penyidik dan keluarga," ujar Wa Ode.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Hengku Haryadi, sebelumnya menyatakan rehabilitasi yang didapat Nia dan Ardi tidak berpengaruh pada penanganan perkara. Dia menegaskan proses hukum tetap dilanjutkan.

" Tetap kami lanjutkan, bawa ke pengadilan nanti akan divonis hakim," kata Hengki.

 

1 dari 5 halaman

Rehabilitasi Perintah UU

Dia menjelaskan membawa pengguna narkoba ke panti rehabilitasi merupakan bagian dari perintah Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Berdasarkan UU tersebut, pengguna narkoba diwajibkan rehabilitasi.

" Hasil penyelidikan kami tentang pengguna narkoba diwajibkan untuk rehabilitasi, itu adalah kewajiban," terang Hengki.

Sementera, proses rehabilitasi dijalankan bergantung pada hasil asessmen. Sedangkan kewenangan memberikan rekomendasi untuk rehabilitasi ada pada Tim Asessmen Terpadu (TPT), bukan pada penyidik Kepolisian.

" Ada permohonan dari keluarga akan fasilitasi, yang melaksanakan itu tim asessmen terpadu dari BNN, Polri, Kejaksaan, dokter, psikiater, di luar penyidik Polres Jakarta Pusat," kata Hengki, dikutip dari Merdeka.com.

2 dari 5 halaman

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Belum Ditahan, Warganet: Udah Ketebak

Dream – Direktorat Reserse Polres Metro Jakarta Pusat belum melakukan penahanan terhadap Nia Ramadhani dan Anindra Ardiansyah Bakrie atas dugaan kasus penyalahgunaan narkoba. Penyidik saat ini masih melakukan pengembangan kasus.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Indrawienny Panjiyoga, mengatakan penyidik punya waktu 3x24 jam menentukan status penahanan Nia dan Ardi. Jika diperlukan, maka waktu dapat diperpanjang 6x24 jam berdasarkan pertimbangan penyidik.

Nia dan Ardi diduga sering mengonsumsi narkoba di kediaman mereka di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Keduanya diamankan dengan barang bukti sabu seberat 0,78 gram.

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie belum ditahan.© Akun Instagram @makassar_iinfo

3 dari 5 halaman

Warganet Pesimis

Keputusan tersebut ternyata sudah diprediksi oleh warganet. Banyak yang berasumsi keduanya tidak akan ditahan mengingat status sosial keduanya.

“ Emang bakalan ditahan?” tulis @syahrulgunawan_.

“ Ingat, tidak berlaku untuk kelas bawah :’),” tulis @alankhasbiyanto.

“ Udah ketebaklah endingnya,” tulis @tmesak.

“ Bapaknya orang berpengaruh bos, jadi wajarlah,” tulis @yanerikson_.

4 dari 5 halaman

Nia Ramadhani Nangis Minta Maaf Pakai Sabu, Ardi Bakrie Elus Pundak Sang Istri

Dream - Polres Metro Jakarta Pusat menggelar konferensi pers perkembangan kasus narkoba Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie. Pasangan suami istri ini dihadirkan dalam konferensi pers.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Hengki Haryadi angkat bicara soal isu pemberian rehabilitasi terhadap pasangan suami istri tersebut. Hengki mengatakan rehabilitasi merupakan kewajiban undang-undang. Kasus hukum tetap akan dilanjutkan jika seandainya dilakukan rehabilitasi.

Nia Ramadhani© Budi Santoso/Kapanlagi.com

" Rehabilitasi itu adalah kewajiban undang-undang dan kemudian dengan rehabilitasi ini bukan perkaranya tidak dilanjutkan, perkara tertap kami lanjutankan. Kami bawa ke sidang, nanti akan divonis oleh hakim di mana ancaman maksimalnya adalah empat tahun." tegas Hengki dalam konferensi pers yang digelar di Mapolres Jakarta Pusat, Sabtu 10 Juli 2021.

Nia dan sang suami hadir dengan pakaian merah. Keduanya menutupi wajah dengan masker dan topi. Suara Nia terdengar bergetar saat membacakan surat tesebut. Ibu tiga anak itu mengaku bahwa tindakan yang ia lakukan bukan merupakan tindakan terpuji.

5 dari 5 halaman

Berharap Dibukakan Pintu Maaf

" Saya Nai Ramadhani Bakrie. mengakui bahwa yang saya lakukan tidak menjadi sebuah contoh yang terpuji, sebagaimana saya sadar, saya memnberikan contohg yang baik pada anak-anak saya dan orang disekitar saya," ujar Nia

Nia pun berharap melalui pernyataan ini, ia dapat dibukakan pintu maaf atas perbuatannya. Sambil menangis, pesinetron ini mengatakan akan bersikap kooperatif dan mengikuti proses hukum yang berlaku.

Nia Ramadhani© Budi Santoso/Kapanlagi.com

" Saya berharap melalui pernyataan ini saya dapat dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya dari semua pihak. Teruma sekali lagi yang saya kasihi, orang tau saya dan seluru keluarga besar. Anak-anak saya, Mikhalya, Maina, dan Magika. Dan yang terutama buat saya pengampunan dari Allah SWT" , ujar Nia

" Dan sebagai Warga Negara Indonesia yang baik saya akan bersikap kooperatif dan mengikut proses hukum yang berjalan. Saya ucapkan terimakasih untuk semua doa dan dukuangannya," sambungnya.

 

 

Beri Komentar