3 Ibadah Paling Dianjurkan Selama Bulan Zulhijah

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 8 Agustus 2018 20:00
3 Ibadah Paling Dianjurkan Selama Bulan Zulhijah
Zulhijah termasuk dalam empat bulan mulia dalam Islam.

Dream - Sebentar lagi, umat Islam akan bertemu dengan bulan Zulhijah. Bulan ini merupakan salah satu dari empat bulan mulia dalam Islam selain Muharram, Rajab, dan Zulqa'dah.

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah Muhammad SAW bersabda demikian.

" Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana bentuknya semula di waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas bulan di antaranya terdapat empat bulan yang dihormati: Tiga bulan berturut-turut; Zulqa'dah, Zulhijah dan Muharam serta satu bulan yang terpisah yaitu Rajab Mudhar, yang terdapat di antara bulan Jumada Akhirah dan Sya’ban."

Termasuk salah satu bulan mulia, seorang muslim dianjutkan menjalankan ibadah tertentu yang berpahala begitu besar. Sedikitnya, ibadah itu ada tiga.

Dikutip dari bincang syariah, ibadah pertama yaitu haji bagi yang mampu. Ibadah ini termasuk utama dan dihukumi wajib.

Rasulullah bersabda, " Satu umrah ke umrah yang lain menghapuskan (dosa) yang dilakukan di antara kedua-duanya dan haji yang baik (mabrur) tiada baginya balasan melainkan surga."

Ibadah kedua berpuasa di awal Zulhijah, terutama pada Hari Arafah pada tanggal 9. Puasa itu didahului dengan puasa tarwiyah pada tanggal 8 dan keduanya berkedudukan sunah.

Dalam hadis riwayat Nasa'i, Rasulullah SAW bersabda,

" Puasa Asyura dapat menghapuskan dosa setahun lalu dan puasa Arafah itu dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, setahun yang lalu dan setahun yang akan datang."

Sedangkan ibadah ketiga yaitu memperbanyak zikir kepada Allah SWT. Lafal yang dianjurkan terutama kalimat tahlil, takbir, dan tahmid, seperti disebutkan dalam hadis riwayat Tabrani.

" Tidak ada amal yang dilakukan di hari yang lebih agung dan lebih dicintai Allah melebihi amal yang dilakukan pada tanggal 1-10 Zulhijag. Oleh karena itu, perbanyaklah membaca tahlil, takbir, dan tahmid pada hari itu."

Selengkapnya...

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More