4 Lafal Doa Ketika Ada Bencana Alam Gunung Meletus, Mohon Keselamatan dari Amukan Alam

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 6 Desember 2022 06:01
4 Lafal Doa Ketika Ada Bencana Alam Gunung Meletus, Mohon Keselamatan dari Amukan Alam
Amalkan doa-doa ini saat terjadi bencana alam, termasuk gunung meletus dan gempa bumi.

Dream - Gunung meletus adalah bencana alam yang tidak bisa terelakkan. Bencana alam gunung meletus sering terjadi di Indonesia lantaran Indonesia merupakan wilayah yang terdiri dari banyak gunung berapi. Tak hanya itu, Indonesia juga berada di antara lempeng Australia, lempeng Eurasia dan lempeng pasifik yang rawan mengalami gempa tektonik.

Agar senantiasa terlindungi ketika bencana terjadi, setiap Muslim dianjurkan membaca doa ketika ada bencana alam gunung meletus. Gempa bumi dan gunung meletus merupakan fenomena alam yang merupakan bagian dari kuasa Tuhan. Manusia tak dapat mencegah terjadinya gempa bumi. Akan manusia dapat mendeteksinya sedini mungkin demi proses evakuasi masyarakat.

Membaca doa ketika ada bencana alam gunung meletus adalah upaya memohon kepada Allah SWT agar kita diberi keselamatan di tengah bencana. Berikut bacaan doa ketika ada bencana alam gunung meletus yang perlu diamalkan.

1 dari 4 halaman

Doa Ketika Ada Bencana Alam Gunung Meletus 1

Gempa bumi merupakan kejadian dari alam yang tak bisa dicegah. Aktivitas perut bumi ini mengingatkan kepada kita untuk senantiasa menjaga keimanan kepada Tuhan. Selain itu, jadi pengingat bahwa kematian bisa datang kapan saja menghampiri manusia.

Tak hanya upaya menyelamatkan diri, sebagai seorang Muslim kita juga disunahkan memohon kepada Allah dengan doa ketika ada bencana alam gunung meletus. Berikut bacaan doa selengkapnya:

اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ   

Allahumma inni as-aluka khairaha wa khaira maa fihaa, wa khaira maa arsalta bihi, wa a’udzubika min syarriha, wa syarri maa fiha wa syarri ma arsalta bihi

Artinya:

“ Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.” 

2 dari 4 halaman

Doa Ketika Ada Bencana Alam Gunung Meletus 2

Berdasarkan kitab Al-Adzkâr karya Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, terdapat bacaan doa ketika ada bencana alam gunung meletus lainnya. Doa ini dibaca sebagai pencegahan sekaligus permohonan agar Allah senantiasa memberikan perlindungan dari marabahaya dari bencana alam tersebut. Doa ini dikutip dari sebuah hadis riwayat Imam Abu Daud.

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ وأعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي وأعُوذُ بِكَ مِنَ الغَرَقِ وَالحَرَقِ وَالهَرَمِ وَأعُوذُ بِكَ أن يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطانُ عِنْدَ المَوْتِ وأعُوذُ بِكَ أنْ أمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا وأعُوذُ بِكَ أن أمُوتَ لَديغاً

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal hadmi wa a‘ûdzubika minat taraddî wa a‘ûdzubika minal gharaqi wal haraqi wal harami wa a‘ûdzubika an yatakhabbathanîsy syaithânu ‘indal maut wa ‘aûdzubika an amûta fî sabîlika mudbiran wa a‘ûdzubika an amûta ladîghan 

Artinya:

“ Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari reruntuhan (longsor), dan aku berlindung pada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam (banjir), terbakar, dan tak berdaya. Dan aku berlindung pada-Mu apabila syetan menjerumuskan padaku ketika akan mati, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati dalam keadaan berbalik arah dari jalan-Mu (murtad), dan aku berlindung pada-Mu apabila mati karena disengat. (HR. Abu Daud) 

3 dari 4 halaman

Doa Ketika Ada Bencana Alam Gunung Meletus 3

Tak hanya itu, Sahabat Dream juga dapat memanjatkan doa ketika ada bencana alam gunung meletus di bawah ini:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأرْضِ وَلا في السَّماءِ وَهُوَ السَّمِيعُ العَلِيم

Bismillâhil ladzî lâ yadlurru ma‘asmihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ-I wa huwas samî‘ul alîm 

Artinya:

" Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu di bumi dan di langit tak dapat memberikan mudarat (bahaya). Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Pengetahui."

4 dari 4 halaman

Doa untuk Korban Bencana Alam Gunung Meletus

Tak jarang kejadian bencana alam gunung meletus memakan korban. Sebagai sesama manusia, kita dianjurkan untuk saling membantu dan mendoakan kepada orang yang terkena musibah. Membaca doa untuk korban bencana alam adalah salah satunya, sebagaimana teladan Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Imam Muslim berikut ini:

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْه

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha

Artinya:

“ Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik.”

Demikian itulah kumpulan doa ketika ada bencana alam gunung meletus yang dapat kamu amalkan. Dengan harapan semoga Allah SWT senantiasa menyelematkan hamba-hamba-Nya saat terjadi bencana alam, termasuk gunung meletus.

Selain itu, kekuatan doa juga bisa menjadi cara utama agar manusia mampu menerima musibah yang dialami dengan ikhlas, sehingga bisa memeroleh hikmah di balik musibah.

 

Sumber: NU Online

Beri Komentar