6 Doa Sebelum dan Sesudah Belajar yang Perlu Diamalkan, Ikhtiar Agar Mudah Memahami Pelajaran

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 8 Desember 2022 08:13
6 Doa Sebelum dan Sesudah Belajar yang Perlu Diamalkan, Ikhtiar Agar Mudah Memahami Pelajaran
Doa sebelum dan sesudah belajar perlu diamalkan agar ilmu yang dipelajari benar-benar memberikan cahaya kebaikan.

Dream - Belajar dan menuntut ilmu adala bagian dari ibadah kepada Allah SWT. Maka sudah sepantasnya membaca doa sebelum dan sesudah belajar.

Perlu diketahui belajar merupakan salah satu di antara kewajiban bagi setiap muslim. Dengan belajar atau menuntut ilmu, seseorang akan mengetahui sesuatu yang sebelumnya tidak dipahami.

Belajar adalah proses seseorang untuk menuju kebaikan, mulai dari kebaikan ilmu pengetahuan, perilaku, sikap, mental, dan keterampilan positif lainnya.

Dalam Islam, menuntut ilmu sebenarnya tidak ada batas usianya. Asalkan masih hidup, manusia wajib hukumnya mencari ilmu.

Menjelang belajar dan sesudahnya, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa. Doa sebelum dan sesudah belajar perlu diamalkan agar ilmu yang dipelajari benar-benar memberikan cahaya kebaikan.

Berikut bacaan doa sebelum dan sesudah belajar yang perlu kamu ketahui dan amalkan.

1 dari 7 halaman

Doa Sebelum Belajar

Agar ilmu yang dipelajari menjadi cahaya bagi kehidupan, umat Muslim dianjurkan membaca doa sebelum belajar. Doa sebelum belajar ini dilafadzkan dengan tujuan meminta kemudahan kepada Allah agar mampu memahami materi yang akan dipelajari.

Adapun bacaan doa sebelum belajar adalah sebagai berikut:

Doa Sebelum Belajar 1

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahi robba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.

Artinya:

" Kami rida bahwa Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, serta Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah terhadapku ilmu serta berikanlah aku pengertian yang baik."

2 dari 7 halaman

Doa Sebelum Belajar 2

Berikut bacaan doa sebelum belajar yang kedua:

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Alloohumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah’alainaa Bima’rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar Roohimiin.

Artinya:

" Ya Allah, bebaskanlah kami dari segala kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu kepada kami serta bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Zat Yang Maha Penyayang."

3 dari 7 halaman

Doa Sebelum Belajar 3

Ilustrasi© Unsplash.com

Selain doa sebelum belajar di atas, masih ada doa sebelum belajar lainnya yang bisa kamu baca dan amalkan.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shoolihiin.

Artinya:

" Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu serta berilah aku kemampuan untuk memahaminya, serta jadikanlah aku termasuk golongan dari hamba-Mu yang saleh."

4 dari 7 halaman

Doa Sesudah Belajar

Doa sebelum dan sesudah belajar merupakan cara yang baik untuk memulai pembelajaran mencari ilmu. Usai mengetahui dan menghafalkan doa sebelum belajar, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui doa sesudah belajar.

Sadar atau tidak, masih banyak muslim dan muslimah yang lupa membaca doa sesudah belajar. Tak sedikit pula yang hanya melafadzkan " Alhamdulillahirobbilalamin" sebagai doa sesudah belajar.

Selanjutnya kita akan memaparkan beberapa doa sesudah belajar. Kamu bisa memilih salah satu dan menerapkannya setiap selesai belajar.

Adapun bacaan doa sesuatu belajar adalah sebagai berikut:

Doa Sesudah Belajar 1

Berikut bacaan doa sesudah belajar yang pertama:

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa'ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu.

Artinya:

" Ya Allah, tunjukkanlah terhadap kami kebenaran sehingga kami bisa mengikutinya serta tunjukkanlah terhadap kami kejelekan sehingga kami bisa menjauhinya."

5 dari 7 halaman

Doa Sesudah Belajar 2

Ilustrasi© Unsplash.com

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya:

" Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang sudah Engkau ajarkan terhadapku maka kembalikanlah dia kepadaku pada waktu aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam."

6 dari 7 halaman

Doa Sesudah Belajar 3

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa’una wa zidna 'lman walhamdulillahi 'ala kulihal.

Artinya:

" Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami mengenai apa yang bermanfaat untuk kami dan tambahkan ilmu tehadap kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap kondisi."

7 dari 7 halaman

Adab saat Menuntut Ilmu

Adab saat Menuntut Ilmu© Freepik.com

Setelah mengetahui bacaan doa sebelum dan sesudah belajar, sahabat Dream juga perlu mengetahui apa saja adab saat sedang menuntut ilmu. Karena Islam sendiri mengajarkan bahwa adab adalah hal yang sangat penting dalam ajaran Islam. Nah, berikut adalah beberapa adab menuntut ilmu yang perlu sahabat Dream perhatikan seperti dikutip dari dalamislam.com:

Niat karena Allah SWT

Adab yang pertama saat sedang menuntut ilmu adalah berniat karena Allah SWT. Ya, segala sesuatu yang dilakukan hendaknya didahului dengan niat, tak terkecuali saat menuntut ilmu. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad berikut:

Barangsiapa yang menuntut ilmu syar’I yang semestinya ia lakukan untuk mencari wajah Allah dengan ikhlas, namun ia tidak melakukannya melainkan untuk mencari keuntungan duniawi, maka ia tidak akan mendapat harumnya aroma surga pada hari kiamat.” (HR. Ahmad)

Tak Lupa untuk Berdoa

Adab yang jangan sampai dilupakan saat menuntut ilmu adalah berdoa. Berdoa tak hanya sekadar perintah dari Allah SWT saja, tetapi ada harapan di dalamnya. Di mana memohon agar kebaikan-kebaikan saat menuntut ilmu diberikan oleh Allah SWT. Begitu sahabat Dream yang sedang menuntut ilmu juga diberikan kemudahan.

Bersungguh-sungguh

Dalam melakukan segala sesuatu, apalagi yang baik-baik, maka lakukanlah dengan penuh kesungguhan. Tak terkecuali saat sedang menuntut ilmu. Maka bersikaplah fokus pada apa yang sahabat Dream pelajari, sehingga nantinya ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Menghindar dari Maksiat

Saat sedang menuntut ilmu, maka janganlah berbuat maksiat. Hal ini agar imu yang didapatkan bisa bermanfaat dan mendatangkan berkah dari Allah SWT. Jika saat menuntut ilmu dan kemudian berbuat maksiat, maka hal ini berdampak pada kemampuan berpikir yang terasa sulit, bahkan juga sulit untuk fokus.

Rendah Hati

Adab berikutnya saat sedang menuntut ilmu adalah bersikap rendah hati dan tidak sombong. Di mana karena merasa sudah mendapatkan ilmu tersebut dibanding orang lain, lalu merasa dirinyanyalah yang lebih baik. Jadi, tetaplah bersikap rendah hati. Karena ilmu yang kamu dapatkan bisa saja ada orang lain yang lebih baik ilmunya daripada kamu. Selain itu, ilmu yang semakin digali justru akan menghadirkan ilmu-ilmu lainnya.

Dijelaskan oleh Imam Mujahid berikut:

Dua orang yang tidak belajar ilmu: orang pemalu dan orang yang sombong.” (HR. Bukhari secara muallaq)

Memerhatikan dengan Baik

Saat sedang dijelaskan oleh guru, maka sebaiknya memerhatikan dengan baik. Bersikaplah untuk tetap fokus agar materi yang disampaikan bisa terserap di dalam pikiran. Hindari untuk berbicara dengan orang lain jika memang tidak diperintahkan.

Mengamalkan

Adab berikutnya saat menuntut ilmu adalah mengamalkan ilmu tersebut. Ketika ilmu tersebut diamalkan, maka Allah SWT pun akan menurunkan berkah-Nya. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut:

Perumpamaan seorang alim yang mengerjakan kebaikan kepada manusia, kemudian ia melupakan dirinya (tidak mengamalkan ilmunya) adalah seperti lampu (lilin) yang menerangi manusia, namun membakar dirinya sendiri.” (HR. Ath-Thabrani)

Itulah enam doa sebelum dan sesudah belajar yang bisa kamu amalkan serta adab-adab saat menuntut ilmu agar ilmu yang didapat barokah dan bermanfaat. Dengan membaca doa tersebut maka kita telah berusaha agar ilmu yang didapatkan tidak membuat seseorang sombong dan terjerumus ke dalam jurang kemaksiatan.

Ilmu merupakan cahaya dari Allah, sementara Allah tidak akan memberikan cahaya-Nya kepada orang yang suka bermaksiat.

Beri Komentar