Antisipasi Tawuran, Ini Langkah Anies Baswedan

Reporter : Maulana Kautsar
Minggu, 15 Januari 2017 17:27
Antisipasi Tawuran, Ini Langkah Anies Baswedan
Anies akan membuat 200 lapangan pekerjaan untuk membuat sibuk para pemuda sehingga melupakan tawuran.

Dream - Tawuran masih menjadi masalah sosial yang kerap terjadi di Jakarta. Bahkan, ada beberapa kawasan di Ibukota yang dikenal lantaran seringnya terjadi tawuran, salah satunya Cipinang Jagal.

Persoalan ini tidak lepas dari pengamatan Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 Anies Baswedan. Anies mengatakan tawuran kerap terjadi karena banyak faktor.

" Ada banyak faktor, tapi salah satunya adalah ketika anak mudanya putus sekolah dan tidak bekerja," kata Anies usai bertemu warga Cipinang Jagal, Jakarta, Minggu, 15 Januari 2017.

Untuk mengurangi tawuran, maka perlu disediakan lapangan pekerjaan. Dia mengatakan akan menyiapkan 200 lapangan pekerjaan yang membuat para remaja sibuk sehingga tidak memikirkan tawuran.

" Mereka akan sibuk bekerja dibandingkan mengurusi permusuhan," kata Anies.

Selain itu, kata Anies, pendidikan yang diterapkan dengan nilai dan akhlak juga dapat membuat pemuda menjauhi tawuran. Semakin berpendidikan, kata Anies, maka seseorang akan semakin jauh dari kekerasan.

" Untuk itu, akses pendidikan akan kami berikan dan dibantu dengan KJP Plus yang bukan hanya untuk anak sekolah, melainkan juga anak putus sekolah, sehingga mereka akan memilih kursus daripada tawuran," ucap Anies.

Sementara cara terakhir, menurut Anies, adalah penegakan hukum. Ini untuk menimbulkan efek jera bagi para pelakunya, namun harus diawali dengan musyawarah terlebih dulu.

Beri Komentar