Rasul Anjurkan Doa Minta Keselamatan Kala Diuji Musibah

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 9 November 2018 12:02
Rasul Anjurkan Doa Minta Keselamatan Kala Diuji Musibah
Allah SWT punya kemampuan untuk mengangkat musibah.

Dream - Setiap Muslim yang tengah mengharapkan sesuatu sangat dianjurkan untuk memintanya hanya kepada Allah SWT. Hal itu tentu dilakukan melalui doa.

Semua doa berpeluang untuk dikabulkan. Selama dipanjatkan dengan cara yang patut.

Meski demikian, seorang Muslim sangat dianjurkan untuk tidak mengajukan permintaan yang tidak tepat, apalagi sampai konyol. Salah satunya, memohon diberikan kesabaran.

Faktanya, banyak saudara kita justru meminta kesabaran dalam doa mereka. Maksudnya, agar mereka mampu menjalani kehidupan dan kuat menghadapi cobaan maupun musibah.

Dikutip dari NU Online, dalam hadis riwayat Baihaqi, Rasulullah Muhammad SAW bersabda demikian.

" Kesabaran adalah separuh dari iman dan yakin adalah keseluruhan iman."

Dari hadis di atas kita ketahui kesabaran adalah sebagian dari keimanan. Keberadaan kesabaran tentu sangat penting untuk menunjang keimanan.

 

1 dari 1 halaman

Sebuah Kekeliruan

Tetapi, meminta diberikan kesabaran dalam doa ternyata cara yang keliru. Karena dengan meminta kesabaran, sama saja kita berharap musibah terus terjadi.

Terkait hal ini, patut memperhatikan hadis riwayat Ahmad berikut.

" Sesungguhnya Rasulullah Muhammad SAW mendatangi seorang lelaki yang sedang sholat. Lelaki itu berdoa dalam sholatnya, 'Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kesabaran kepada-Mu.' Rasulullah SAW kemudian bersabda, 'Engkau telah meminta musibah, maka mintalah kepada Allah keselamatan'."

Ketika sedang mengalami musibah, sangat dianjurkan untuk memohon kepada Allah SWT untuk mengangkat musibah yang terjadi. Meminta diberikan kesabaran dalam menghadapi musibah, sama saja dengan berharap agar musibah terus terjadi.

Patut pula diperhatikan musibah datangnya dari Allah SWT bisa diangkat kapan saja sesuai kehendak Sang Khalik. Maka sudah seharusnya kita meminta agar Allah SWT segera mengangkat musibah tersebut.

Selengkapnya...

(ism)

Beri Komentar