7 Cara Mendekatkan Diri kepada Allah saat Haid, Bernilai Ibadah dan Bisa Mendatangkan Pahala

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 21 Juli 2022 13:00
7 Cara Mendekatkan Diri kepada Allah saat Haid, Bernilai Ibadah dan Bisa Mendatangkan Pahala
Meski tidak diperbolehkan melakukan ibadah, namun bukan berarti seorang perempuan haid tidak memiliki kesempatan untuk mencari pahala.

Dream – Bagi seorang perempuan Muslim yang sedang dalam masa haid atau menstruasi, Islam melarang mereka untuk melaksanakan ibadah. Baik itu sholat, puasa, dan sebagainya. Lalu, apakah selama haid perempuan tidak bisa mendapatkan pahala? Apalagi haid biasanya berlangsung hingga tujuh hari.

Sahabat Dream jangan khawatir, karena selama haid kamu tetap bisa mendapatkan pahala. Tetapi tentu dengan cara yang lain, tidak dengan sholat maupun berpuasa. Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT saat sedang haid sangatlah beragam dan bisa kamu lakukan setiap saat sampai menunggu masa haid itu selesai.

Nah, untuk mengetahui bagaimana cara mendekatkan diri kepada Allah SWT saat sedang haid, yuk simak penjelasan berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com dan islam.nu.or.id.

1 dari 3 halaman

Kenapa Perempuan yang Haid Dilarang Beribadah?

Alasan perempuan haid dilarang beribadah© Shutterstock.com

Sebelum membahas lebih dalam tentang apa saja cara mendekatkan diri kepada Allah SWT saat sedang haid, alangkah lebih baik jika sahabat Dream mengetahui terlebih dahulu alasan tidak diperbolehkannya perempuan beribadah saat sedang haid.

Darah yang keluar setiap satu bulan sekali dan berlangsung hingga beberapa hari pada perempuan adalah darah kotor yang dalam Islam berupa hadas besar dan membuat seorang perempuan Muslim dilarang melakukan ibadah. Kecuali jika masa haid tersebut sudah selesai, dan seorang perempuan melakukan mandi wajib. Hal ini pun dijelaskan dalam Al-Quran melalui surat Al-Baqarah ayat 222:

Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “ Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222).

Beberapa ibadah yang dilarang bagi perempuan haid adalah sholat, berpuasa, membaca Al-Quran, memegang dan membawa mushaf, berdiam di masjid, tawaf, dan bersetubuh atau berhubungan badan.

2 dari 3 halaman

Cara Mendekatkan Diri kepada Allah SWT saat Haid

Cara Mendekatkan Diri kepada Allah SWT saat Haid© Shutterstock.com

Meskipun di masa haid sahabat Dream dilarangan melakukan ibadah, namun hal tersebut bukan berarti tidak ada kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan pahala. Karena ada berbagai cara mendekatkan diri kepada Allah SWT saat haid yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah cara mendekatkan diri kepada Allah SWT saat haid yang perlu sahabat Dream ketahui:

Banyak-banyak Berzikir

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT saat haid yang pertama adalah banyak-banyak berzikir. Membaca zikir dan sholawat tidaklah dilarang saat sahabat Dream sedang haid. Bacaan yang bisa kamu amalkan misalnya saja kalimat thayyibah, tahmid, tasbih, dan takbir. Amalkan bacaan-bacaan tersebut sebanyak mungkin. Karena dengan membacanya, maka kesalahanmu akan dihapuskan Allah SWT seperti dijelaskan dalam hadis berikut:

Bertasbih 100 kali maka ditulislah untuknya 1000 kebaikan atau dihapus darinya 1000 kesalahan.” (HR. Imam Muslim).

Istiqomah Beristighfar

Cara berikutnya adalah dengan istiqomah melakukan istighfar. Istighfar adalah hal yang sangat baik dan sangat dianjurkan meskipun tidak sedang haid sekalipun. Istighfar menjadi amalan yang bisa mendekatkan sahabat Dream kepada Allah SWT. Bahkan di balik beristighfar, ada keistimewaan yang bisa didapatkan seperti dijelaskan dalam hadis berikut:

" Barangsiapa yang istikamah membaca Istighfar, maka Allah akan memberinya jalan keluar dari setiap kesulitan, Allah akan memberinya kebahagiaan dari setiap kesusahan, dan Allah akan memberinya rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka." (HR Imam Abu Daud).

Menjaga Kebersihan

DI saat sedang haid penting sekali agar selalu menjaga kebersihan diri. Karena selama haid inilah, seseorang akan selalu mengeluarkan darah kotor yang merupakan hadas besar. Sehingga harus sering-sering dibersihkan. Karena dengan menjaga kebersihan adalah bagian dari cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mengingat bahwa Allah SWT pun sangat menyukai kebersihan.

3 dari 3 halaman

Cara Mendekatkan Diri kepada Allah SWT saat Haid

Banyak-banyak Beramal

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT saat sedang haid adalah dengan banyak-banyak beramal. Beramal pun tidak harus dengan mengeluarkan harta. Selain berinfak, sahabat Dream juga bisa beramal dengan cara membantu seseorang yang sedang kesulitan, mengikuti kegiatan sosial, menyumbangkan ide atau pemikiran jika diperlukan, dan sebagainya.

Bahkan hanya dengan menyingkirkan batu atau benda yang bisa menghalangi jalan seseorang pun juga menjadi bentuk amal sederhana namun sangat bermanfaat bagi orang lain. Dijelaskan dalam Hadid Ash-Shahihain dan lainnya, Abdullah bin Amr ra, ada seseorang yang bertanya pada Rasulullah saw:

" Apakah amalan yang paling baik di dalam Islam? Rasulullah menjawab: Memberi makan, mengucapkan salam kepada orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal." (HR. Muslim)

Memberikan Senyuman

Siapa bilang tersenyum itu tidak ada gunanya? Justru senyum adalah bagian dari bentuk ibadah kepada Allah SWT. Ini menjadi cara yang paling mudah untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, apalagi saat sedang haid. Senyum menunjukkan akan keramahan dalam diri seseorang. Bahkan dijelaskan juga dalam sebuah hadis berikut:

" Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu." (HR. Tirmidzi)

Mendengarkan Bacaan Al-Quran

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT saat haid adalah mendengarkan bacaan Al-Quran. Meskipun tidak boleh membacanya, sahabat Dream tetap diperbolehkan untuk mendengarkan saja dan hal tersebut sudah bernilai ibadah. Ayat-ayat suci yang dilantunkan itulah yang membuat hati seseorang merasa dekat dengan Allah SWT. Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah berikut:

" Rasulullah SAW meletakkan kepalanya di pangkuanku saat aku sedang haid, dan ia membaca Alquran."  (HR. Ibnu Majah)

Menuntut Ilmu

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT saat haid yang terakhir adalah dengan menuntut ilmu. Menuntut ilmu tidaklah memiliki batasan, baik usia, waktu, tempat, maupun kondisi. Sahabat Dream bisa menuntut ilmu di mana saja dan pada siapa saja. Bahkan ada keistimewaan yang didapatkan oleh mereka yang menuntut ilmu seperti dijelaskan dalam hadis berikut:

" Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah SWT menunjukkan jalan menuju surga baginya."  (HR. Muslim)

Beri Komentar