Masjid Bisa Digunakan Untuk Vaksinasi Covid-19, Ini Syaratnya

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 25 Maret 2021 19:01
Masjid Bisa Digunakan Untuk Vaksinasi Covid-19, Ini Syaratnya
Masjid bisa menjadi lokasi agar vaksinasi tidak hanya dijalankan di pusat kota.

Dream - Dewan Masjid Indonesia (DMI) bersama Kementerian Kesehatan telah menjalin kesepakatan mengenai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di dalam masjid. Kesepakatan tersebut sudah bisa mulai dijalankan pada April 2021.

" Dua malam lalu saya baru melaksakanan persetujuan dengan Menteri Kesehatan bahwa mulai bulan depan vaksin akan diadakan di masjid," ujar Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla, dalam keterangan tertulis dimuat pada laman resmi DMI.

Tetapi, kata JK, masjid yang bisa digunakan untuk kegiatan vaksinasi harus memiliki sarana penunjang. Di antaranya halaman atau bangunan yang luas.

" Khususnya di masjid yang besar dan mempunyai fasilitas dan perlengkapan yang baik, seperti aula, selasar, halaman yang luas dan ruangan yang bisa dipakai untuk vaksin," terang JK.

 

 

1 dari 1 halaman

Vaksinasi membutuhkan dukungan ribuan tempat yang mudah dijangkau masyarakat, khususnya di daerah-daerah. Salah satu tempat tersebut adalah masjid.

" Kalau vaksin hanya dilakukan di pusat-pusat kota tidak akan bisa memenuhi target satu juta per hari," kata JK.

Sementara butuh gerak cepat untuk mendapatkan kekebalan agar kondisi dapat kembali normal. Hal itu, menurut JK, hanya bisa terjadi jika herd immunity sudah tercapai.

" Itu (herd immunity) hanya bisa tercapai kalau kita memberi vaksin satu juta orang per hari," kata dia.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More