Doa Agar Anak Tidak Rewel dan Amalan yang Perlu Dilakukan untuk Mencegahnya

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 1 Desember 2022 20:00
Doa Agar Anak Tidak Rewel dan Amalan yang Perlu Dilakukan untuk Mencegahnya
Baca doa di bawah ini agar anak tidak rewel dan berhenti menangis!

Dream - Anak kecil seringkali menangis tiba-tiba dan rewel tidak jelas penyebabnya. Menurut orang Jawa, kondisi bayi semacam itu disebut dengan sawan. Tak hanya anak kecil, sawan juga bisa mengampiri orang dewasa.

Ketika anak kecil rewel tentu saja membuat sang ibu kewalahan. Tidak jelas apa maunya si kecil. Dikasih apa saja yang ia suka belum cukup membuatnya tenang dan berhenti menangis.

Namun seringkali penyebab bayi rewel karena alasan tertentu, seperti demam, pilek dan terkena gangguan penyakit tertentu.

Dalam Islam, kita dianjurkan membacakan doa untuk anak yang rewel. Doa ini dibaca agar anak berhenti menangis dan tidak rewel lagi. Tentu saja doa agar anak tidak rewel ini merupakan salah satu permohonan kepada Allah SWT agar memberikan perlindungan-Nya.

Lantas bagaimana bacaan doa agar anak tidak rewel sesuai sunnah? Baca selengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Hadis tentang Doa Agar Anak Tidak Rewel

Mengutip dari laman Bincang Syariah, bacaan doa agar anak tidak rewel ini dikutip dari sebuah hadis Rasulullah SAW riwayat Imam Abu Dawud.

Dalam Kitab Maslakul Akhyar karangan Imam Sayyid Ustman bin Yahya, hadis dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma:

“ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memohonkan perlindungan untuk Al-Hasan dan Al-Husain (dengan berkata) ‘U’iidzuka bikalimaatillaahit taammaati min kulli syaithoonin wa haammah, wa min kulli ainin laammah.’’ Kemudian beliau bersabda, ‘Sesungguhnya ayah kalian (Nabi Ibrahim) memohonkan perlindungan dengan kalimat itu untuk Ismail dan Ishaq.” (HR. Abu Daud)

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Agar Anak Tidak Rewel

Berdasarkan hadis di atas, berikut bacaan doa agar anak tidak rewel sesuai sunnah yang bisa kamu amalkan:

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّة

‘U’iidzuka bi kalimaatillaahit taammaati min kulli syaithoonin wa haammah, wa min kulli ainin laammah

Artinya:

" Aku berlindung pada-Mu dengan untaian-untaian kata Allah yang sempurna dari setiap setan, hewan mematikan yang berkeliaran pada malam hari, dan pandangan mata yang penuh iri dan dengki."

3 dari 4 halaman

Amalan untuk Mencegah Anak Rewel

Selain membaca doa agar anak tidak rewel di atas, Sahabat Dream juga perlu mengamalkan amalan di bawah ini sebagaimana tercatat dalam Kitab Majmu’ah Ahzab wa Awrad Al-Syaikh Al-Akbar Ibnu Arabi.

Dalam kitab tersebut disebutkan apabila ada bayi atau anak yang rewel dan sering menangis, maka sebaiknya wirid dan amalan ini ditulis lalu kemudian diletakkan di bawah kepala atau bantal bayi. Bacaan wirid agar anak tidak rewel ang dimaksud adalah sebagai berikut;

بسم الله الرحمن الرحيم أَفَمِنْ هَذَا الْحَدِيثِ تَعْجَبُونَ وَتَضْحَكُونَ وَلا تَبْكُونَ  وَأَنْتُمْ سَامِدُونَ فَأَسْكِنِّيْ اَيَّتُهَا اْلمَنْفُوْخَةُ وَاخْرِجْنِيْ كَمَا خَرَجَ يُوْنُسَ عَلَيْهِ السَّلَامُ مِنْ بَطْنِ اْلحُوْتِ

Bismillaahir rahmaanir rahiim. Afamin haadzal hadiitsi ta’jabuun, wa tadh-hakuuna wa laa tabkunn wa antum saamidunn, fa askinnii ayyatuhal manfuukhoh, wa akhrijnii kamaa khoroja yuunusa ‘alaihis salaamu min bathnil huuti.

4 dari 4 halaman

Artinya:

" Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Maka apakah kalian merasa heran terhadap pemberitaan ini, dan kalian menertawakan dan kalian tidak menangis? Sedangkan kalian melengahkannya. Maka tenangkanlah aku wahai orang yang ditiup, dan keluarkan aku sebagaimana Nabi Yunus keluar dari perut ikan hiu."

Demikian itulah bacaan doa agar anak tidak rewel beserta hadis dan amalan yang perlu dilakukan orang tua untuk mengatasinya. Dengan bacaan doa dan amalan di atas, semoga Allah senantiasa melindungi buah hati dari godaan setan yang membuatnya rewel.

Beri Komentar