Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Agar Keinginan Terkabul dan Cara Berdoa yang Benar, Perbanyak Sedekah serta Taubat

Doa Agar Keinginan Terkabul dan Cara Berdoa yang Benar, Perbanyak Sedekah serta Taubat Ilustrasi Memanjatkan Doa Dengan Sungguh-sungguh. (Foto: Shutterstock.com)

Dream - Setiap orang memiliki keinginan yang terpendam. Apalagi manusia adalah makhluk yang berkeinginan. Dengan keinginan, manusia semakin bersemangat menjalani hidup untuk mewujudkan keinginannya.

BACA JUGA: Doa Sholat Hajat Dan Puasa Agar Keinginan Terkabul

Kendati demikian, tidak semua keinginan manusia bisa terwujud. Kadang meskipun sudah berusaha semaksimal mungkin, keinginan belum juga terwujud. Sosok yang punya hak untuk mengabulkan keinginan manusia hanyalah Allah SWT semata.

Sehingga manusia tidak bisa memaksakan agar semua keinginannya dikabulkan. Sebab Tuhan yang Paling Maha Tahu, keinginan mana yang paling dibutuhkan oleh setiap hamba-Nya.

Dengan demikian, sebaiknya manusia selalu bersabar dan memasrahkan kepada Allah SWT. Namun terdapat usaha berupa doa agar keinginan terkabul. Bagaimana bacaan doanya? Berikut doa agar keinginan terkabul lengkap dengan cara agar doa kita segera terkabul.

Cara Berdoa Agar Keinginan Terkabul

Jika Sahabat Dream ingin doanya segera terkabul, sebaiknya rutin membaca doa agar keinginan terkabul. Namun sebelum itu, pastikan juga kamu melakukan cara berdoa yang tepat agar keinginan segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Allah telah berfirman dalam surat Ghafir ayat 60, bahwa Dia akan mengabulkan setiap doa hamba-Nya. Namun kita tak pernah tahu, kapan Allah akan mengabulkan doa kita. Sebagai hamba, kita hanya bisa berusaha dan terus berdoa. Apalagi Allah adalah sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Artinya, yang penting kita meyakini bahwa doa-doa kita akan dikabulkan oleh-Nya. Selain itu, Allah Maha Tahu apa yang dibutuhkan oleh hamba-Nya.

Menurut Imam Nawawi dan Syekh M Ibrahim Al-Baijuri, tata cara berdoa agar segera dikabulkan oleh Allah adalah sebagai berikut:

  1. Menjalankan sholat wajib tepat waktu.
  2. Istiqamah dalam bersedekah.
  3. Berbakti kepada kedua orang tua.
  4. Mempermudah urusan orang lain.
  5. Senantiasa menjaga hati supaya tidak lalai saat berdoa.
  6. Berwudhu dan sholat terlebih dahulu sebelum berdoa.
  7. Berdoa dengan menghadap kiblat, mengangkat tangan saat berdoa dan mengusap wajah sesudahnya.
  8. Sebelum berdoa semestinya bertaubat dan mengakui dosa terlebih dahulu.
  9. Mengawali doa dengan tahmid dan sholawat nabi.
  10. Memuji Allah SWT.
  11. Menghindari makan makanan yang didapat secara haram.
  12. Memantabkan hati dan meyakinkan diri bahwa doanya akan diijabah oleh Allah.
  13. Meminta hal-hal yang tidak keluar dari syariat.
  14. Tidak meminta sesuatu yang bisa memutuskan tali silaturahmi.
  15. Meminta hal-hal yang tidak merugikan orang lain.
  16. Meminta hal-hal yang sekiranya bisa diterima oleh akal.
  17. Berdoa di saat waktu utama seperti ketika sujud dan waktu jeda antara adzan dan iqamah.
  18. Ikhlas dalam berdoa.
  19. Mengulang-ulang doa namun tidak terlalu menuntut ketika berdoa.
  20. Mengakhiri doa dengan sholawat nabi.
  21. Membaca sholawat nabi di tengah-tengah doa.
  22. Tidak berlebihan dalam penggunaan kata saat berdoa.
  23. Berdoa dengan penuh ketundukkan dan kekhusyukan.
  24. Memperbanyak istighfar dan bertaubat kepada Allah SWT.

Doa Agar Keinginan Terkabul

Setiap orang pasti memiliki keinginan dan berharap bisa segera terkabul. Tentu manusia harus berjuang keras untuk mewujudkan keinginannya.

Perjuangan itu dilakukan dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Juga menyusun target dan langkah agar keinginan tersebut bisa dicapai.

Selain bekerja keras, jangan lupa untuk berdoa memohon kepada Allah SWT untuk mengabulkan doa kita. Mengerjakan sholat hajat adalah salah satu upaya dalam rangka berdoa. Kemudian, lengkapi sholat hajatu dengan bacaan doa agar keinginan terkabul berikut ini:

Allahumma innaka ta'lamu sirri wa 'ala niyyati, faqbal ma'dzirati. Wa ta'lam ma fi nafsi faghfir li dzunubi. Wa ta'lam hajati fa a'thini suali. Allahumma inni as-aluka imanan yubasyir qalbi, wa yaqinan shodiqon hatta a'lama annahu la yushibuni illa ma katabtu li, war ridho bima qodhoita 'alayya.

Artinya:

"Ya Allah, Engkau mengetahui rahasia dan tindak-tandukku, terimalah permohonan maafku. Engkau mengetahui detak hatiku, ampunilah dosaku. Engkau mengetahui kebutuhanku, kabulkanlah permohonanku. Ya Allah, aku memohon pada-Mu diberikan keimanan yang meresap dalam hati, keyakinan yang teguh sehingga aku yakin bahwa tidak ada apa pun yang akan menimpaku kecuali karena takdir yang telah Engkau catat, dan aku ridha terhadap ketentuan yang Engkau tetapkan untukku."

Doa Agar Keinginan Terkabul Lainnya

Pada kenyataannya, berusaha saja tidak cukup. Usaha yang kita lakukan akan semakin sempurna apabila dibarengi dengan doa. Baca doa agar keinginan terkabul berikut ini:

Allahumma ilaika qoshodtu wa bibabika waqoftu wa bijanibika iltaja'tu wa iyyaka saaltu wa bimuhammadin shallallahu 'alaihi wa sallama wa alihi wa shohbihi tawassaltu wa bi ambiyaika wa rusulika wa awliyaika tasyaffa'tu faqdli allahumma hajati wa naffis kurbati wa ma nazala bi min khirati.

Artinya:

"Ya Allah, kepada-Mu aku menuju, dan di pintu-Mu aku berdiri, dan di sisi-Mu aku berlindung, dan kepada-Mu aku memohon, dengan Nabi Muhammad Saw, keluarga dan para sahabatnya aku bertawassul, dengan para nabi-Mu, para utusan-Mu dan para wali-Mu aku minta syafaat. Ya Allah, kabulkanlah hajatku, bebaskanlah penderitaanku dan kebingungan yang menimpaku."

Selain kedua bacaan doa di atas, kamu juga dapat memperbanyak bacaan Surat Al-Fatihah dan Surat Al-Ikhlas. Amalan ini dipercaya bisa mempercepat terkabulnya doa-doa yang dipanjatkan. Yang penting kita yakin bahwa Allah akan mengabulkan doa-doa kita. Rasullah SAW bersabda:

“Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseru dengannya, (pasti akan) mengabulkannya.” (HR. Abu Daud)

Cara Allah SWT Mengabulkan Doa Hamba-Nya

Doa yang telah sahabat Dream panjatkan untuk memohon sesuatu kepada Allah SWT tidak serta merta langsung dikabulkan. Sahabat Dream juga harus bersabar, namun juga harus dengan penuh keyakinan. Dalam artian tidak meragukan Allah SWT. Jika memang doa yang dipanjatkan belum terkabul, berarti Allah SWT akan mengabulkannya di waktu yang benar-benar tepat.

Berikut adalah beberapa cara Allah SWT mengabulkan doa hamba-Nya yang perlu sahabat Dream ketahui sebagaimana dikutip dari merdeka.com:

Doa Dikabulkan Sesuai Permintaan

Cara Allah SWT mengabulkan doa hamba-Nya yang pertama adalah dikabulkan sesuai dengan permintaan. Di mana saat ada seseorang yang berdoa, maka Allah SWT akan segera mengabulkan doa tersebut sesuai dengan apa yang dimintanya.

Misalnya saja ada seseorang yang berdoa memohon agar mendapatkan rezeki untuk bisa membayar sekolah anaknya. Maka dengan segera Allah SWT akan membukakan pintu rezeki kepada orang tersebut agar bisa membayar sekolah anaknya.

Doa Dikabulkan tapi Tidak Segera

Cara yang kedua adalah doa dikabulkan tetapi tidak dalam waktu segera. Dalam hal ini bukan berarti Allah SWT tidak peduli atau lupa. Tetapi perlu sahabat Dream ketahui dulu bahwa Allah SWT adalah dzat yang paling tahu akan segala manfaat dari doa tersebut. Baik di saat sekarang atau di masa depan. Jadi, tetaplah berbaik sangka kepada Allah SWT.

Doa Dikabulkan dalam Bentuk yang Lain

Cara berikutnya adalah doa dikabulkan dalam bentuk yang lain. Maksudnya adalah Allah SWT akan mengabulkan doa tersebut, tetapi tidak sesuai dengan apa yang diminta oleh hamba-Nya. Ada bentuk lainnya yang akan diberikan Allah SWT.

Tentu saja Allah SWT memiliki alasan tersendiri. Misalnya tidak ada manfaat dari doa yang diminta tersebut. Ya, karena Allah SWT adalah yang paling tahu mana yang terbaik untuk setiap hamba-Nya.

Golongan Orang yang Doanya Diijabah Allah SWT

Berikut adalah golongan orang-orang yang doanya diijabah oleh Allah SWT:

  1. Orang yang terzalimi.
  2. Doa orang tua kepada anaknya.
  3. Doa orang yang sedang berpuasa.
  4. Doa musafir atau orang-orang yang sedang dalam perjalanan jarak jauh.
  5. Doa orang yang sedang mengalami kesulitan.
  6. Seorang Muslim yang mendoakan saudaranya dengan niat yang tulus.
  7. Doa dari anak yang sholeh dan berbakti pada kedua orang tua.
  8. Doa orang yang tidur dalam kondisi suci atau berzikir mengingat Allah SWT.
  9. Orang yang berdoa dengan doa Dzun Nun (Nabi Yunus).
  10. Doa orang yang sedang berperang atau berjuang di jalan Allah SWT.
  11. Doa orang yang sedang menunaikan haji dan umrah.
  12. Doa seorang pemimpin yang adil.
  13. Doa orang yang banyak mengingat Allah.
  14. Doa orang yang dicintai dan diridhoi Allah SWT.

Itulah bacaan doa agar keinginan terkabul yang dapat kamu panjatkan setiap hari, terutama setelah sholat fardhu. Sebab waktu yang paling mustajab untuk berdoa salah satunya adalah setelah sholat wajib.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Doa Dijauhkan dari Hal-Hal Buruk, Hati Lebih Tenang dan Perlindungan Allah SWT Selalu Menyertai

Doa Dijauhkan dari Hal-Hal Buruk, Hati Lebih Tenang dan Perlindungan Allah SWT Selalu Menyertai

Berdoa kepada Allah SWT menjadi suatu tindakan yang sangat dianjurkan dalam Islam, baik dalam situasi baik maupun buruk.

Baca Selengkapnya
Doa Orang Meninggal Allahummaghfirlahu, untuk Memohonkan Ampunan kepada Pencipta

Doa Orang Meninggal Allahummaghfirlahu, untuk Memohonkan Ampunan kepada Pencipta

Doa orang meninggal allahummaghfirlahu merupakan bagian dari rangkaian doa yang dibaca dalam sholat jenazah.

Baca Selengkapnya
4 Doa Terhindar dari Segala Keburukan, Wujud Keimanan dan Keyakinan pada Allah SWT

4 Doa Terhindar dari Segala Keburukan, Wujud Keimanan dan Keyakinan pada Allah SWT

Doa tersebut tak hanya bisa memberikan rasa tenang, tetapi juga memohon perlindungan-Nya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Alasan Doa Lebih Mustajab Ketika Bulan Ramadhan, Ketahui Waktu Paling Utama untuk Berdoa

4 Alasan Doa Lebih Mustajab Ketika Bulan Ramadhan, Ketahui Waktu Paling Utama untuk Berdoa

Dipercaya bahwa doa-doa yang dipanjatkan dengan tulus dan penuh kesadaran selama bulan Ramadhan akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca Selengkapnya
6 Doa Melenyapkan Kesedihan, Lengkap Arab dan Artinya

6 Doa Melenyapkan Kesedihan, Lengkap Arab dan Artinya

Doa merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dalam setiap keadaan, baik dalam kebahagian maupun kesedihan.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Hari Kamis Pagi dan Sore Agar Mendapat Keberkahan

Bacaan Doa Hari Kamis Pagi dan Sore Agar Mendapat Keberkahan

Doa ini adalah upaya mohon perlindungan dari Allah dan membawa keberkahan dalam hidup.

Baca Selengkapnya
Doa agar Dilindungi Saat Terjadi Bencana Alam Tornado, Ikhtiar Memohon Keselamatan dari Nasib Buruk

Doa agar Dilindungi Saat Terjadi Bencana Alam Tornado, Ikhtiar Memohon Keselamatan dari Nasib Buruk

Sebagai Muslim perlu banyak berdoa kepada Allah SWT supaya terlindung dari bencana yang mengancam.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa agar Diberi Kemenangan saat Bertanding, sebagai Amalan Raih Keberhasilan

Bacaan Doa agar Diberi Kemenangan saat Bertanding, sebagai Amalan Raih Keberhasilan

Salah satu doa yang sering dibaca adalah doa agar diberi kemenangan saat bertanding.

Baca Selengkapnya
Bacaan Dzikir dan Doa Menjelang Berbuka Puasa yang Sangat Mustajab, Yuk Amalkan!

Bacaan Dzikir dan Doa Menjelang Berbuka Puasa yang Sangat Mustajab, Yuk Amalkan!

Insya Allah, doa-doa yang dilangitkan saat buka puasa akan dikabulkan Allah SWT.

Baca Selengkapnya