Doa Malam 27 Rajab dan Amalan Sunah yang Dianjurkan, Kenang Peristiwa Besar Isra Miraj

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 25 Januari 2023 20:01
Doa Malam 27 Rajab dan Amalan Sunah yang Dianjurkan, Kenang Peristiwa Besar Isra Miraj
Pada saat inilah perintah sholat fardhu diberikan langsung oleh Allah kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

Dream - Bulan Rajab kembali menyapa kita kembali. Datangnya bulan ketujuh dalam kalender hijriah ini sebagai penanda bahwa umat Islam sebentar lagi akan bertemu dengan bulan paling dinantikan yaitu Ramadhan yang mulia.

Umat muslim sebaiknya memanfaatkan sebaik-baiknya bulan Rajab untuk meningkatkan ibadah dan amal kebaikan. Amalan sunnah pada bulan Rajab dikerjakan sebagai penambah pahala dari ibadah wajah yang sudah dijalankan selama ini. 

Rajab adalah salah satu dari empat bulan yang mulia. Pada bulan ini rahmat Allah bertebaran di muka bumi. Terdapat peristiwa besar pada bulan Rajab yaitu Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Peristiwa Isra Miraj merupakan perjalanan panjang Rasulullah dari Makkah ke Baitul Maqdis kemudian dari Baitul Maqdis ke Sidratul Muntaha.

Mukjizat Rasulullah SAW ini diyakini sebagai perjalanan fisik dan spiritual yang luar biasa. Pada saat itulah perintah sholat fardhu diberikan langsung oleh Allah kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Peristiwa Isra Mi'raj itu terjadi pada tanggal 27 Rajab. Maka dari itu sebagai Muslim kita dianjurkan membaca doa pada 27 Rajab.

Lantas bagaimana bacaan doa 27 Rajab? Ini dia bacaan doanya!

1 dari 4 halaman

Bacaan Doa 27 Rajab yang Perlu Kamu Ketahui

Sebagai Muslim, kita dianjurkan menghidupkan malam Isra Miraj dengan memperbanyak amal kebaikan seperti dzikir, doa, sholat sunnah, dan lain sebagainya.

Di antara doa yang dianjurkan untuk dibaca pada malam 27 Rajab ialah berikut ini:

اَللَّهُمَّ طَهِّرْ لِسَانِيْ مِنَ اْلكَذِبِ وَقَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَعَمَلِيْ مِنَ الرِّيَاءِ وَبَصَرِيْ مِنَ اْلخِيَانَةِ فَأِنَّكَ تَعْلَمُ خَائِنَةَ اْلاَعْيُنِ وَمَا تُخْفِي الصُّدُوْرُ

Allahumma thohhir lisaanii minal kadzibi wa qolbii minan nifaaqi wa ‘amalii minar riyaa-i wa bashorii minal khiyaanati fa innaka ta’lamu khoo-inatal a’yuni wa maa tukhfish shuduuru.

Artinya:

“ Ya Allah, sucikanlah lisanku dari dusta, sucikanlah hatiku dari kemunafikan, sucikanlah amalku dari riya, sucikanlah penglihatanku dari khianat, sesunguhnya Engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan oleh hati.”

2 dari 4 halaman

Amalan Sunah Bulan Rajab

Selama bulan Rajab, sebaiknya kita mengisinya dengan amalan-amalan sunah seperti berpuasa dan memperbanyak amal kebajikan. Berikut amalan yang dapat Sahabat Dream lakukan selama Bulan Rajab:

1. Puasa Sunah

Terdapat banyak puasa sunah di dalam Islam, salah satunya adalah puasa rajab. Puasa yang dilaksanakan selama Bulan Rajab ini telah dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Muslim berikut ini:

“ Utsman bin Hakim al-Anshari berkata, ‘Saya pernah bertanya kepada Sa’id Ibnu Jubair terkait puasa Rajab dan kami pada waktu itu berada di bulan Rajab. Said menjawab, ‘Saya mendengar Ibnu ‘Abbas berkata bahwa Rasulullah saw berpuasa (berturut-turut) hingga kami menduga beliau saw selalu berpuasa, dan beliau tidak puasa (berturut-turut) sampai kami menduga beliau tidak puasa’.” (HR. Muslim)

2. Sholat Malam

Tak hanya puasa sunnah, amalan lain yang dapat Sahabat Dream lakukan pada bulan Rajab ialah bangun malam untuk sholat malam. Amalan sunnah ini dilaksanakan secara rutin oleh Sayyidina Ali. Dalam kitab al-Ghun-yah karya Syekh Abdul Qadir Jaelani menyebutkan, Sayyidina Ali fokus menjalankan ibadah pada empat malam dalam satu tahunnya. Di mana salah satunya adalah pada malam pertama bulan Rajab. Pada malam ini, disunahkan pula membaca doa masuk Bulan Rajab yang akan Dream paparkan selanjutnya.

3 dari 4 halaman

3. Perbanyak Mohon Ampun

Ampunan Allah sangatlah luas bagi hamba-Nya, termasuk pada waktu bulan Rajab. Maka selama bulan ini sebaiknya kita memperbanyak istighfar untuk memohon ampunan atas segala khilaf dan dosa.

“ Barangsiapa mengucapkan Astaghfirullahal ‘adzim alladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih (Aku meminta ampunan kepada Allah yang Maha Agung yang tidak ada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup dan berdiri sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya) tiga kali, maka dosa-dosanya telah diampuni meskipun ia lari dari medan peperangan (di mana hal itu adalah termasuk dosa yang besar).”

4. Perbanyak Baca Sholawat

Selanjutnya, kita juga dianjurkan memperbanyak membaca sholawat selama bulan Rajab. Anjuran membaca sholawat ini diterangkan dalam firman Allah SWT melalui surat Al-Ahzab ayat 56 sebagai berikut:

“ Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

4 dari 4 halaman

Doa Masuk Bulan Rajab

Ketika memasuki bulan Rajab, umat Islam dianjurkan untuk memohon keberkahan hidup kepada Allah SWT. Dalam doa bulan rajab ini juga terkandung permohonan agar diberikan umur panjang untuk menyambut bulan Sya'ban hingga bisa bertemu dengan Bulan Ramadhan mendatang. Doa ini pernah dibaca Rasulullah SAW yang diriwayatkan dalam sebuah hadis. Begini bacaan doa saat memasuki Bulan Rajab:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allâhumma barik lana fi Rajaba wa Sya‘bâna wa ballighna Ramadhana

Artinya:

“ Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Bulan Sya’ban. Sampaikan kami dengan Bulan Ramadhan.”

 

Beri Komentar