Doa setelah Sholat Istikharah dan Cara Allah SWT Memberikan Petunjuk-Nya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 24 November 2022 10:22
Doa setelah Sholat Istikharah dan Cara Allah SWT Memberikan Petunjuk-Nya
Doa setelah sholat istikharah memohon agar diberikan petunjuk untuk membuat keputusan dari pilihan yang dihadapi.

Dream – Selain menjalankan sholat wajib, Islam memiliki banyak ibadah sholat sunah yang bisa dikerjakan. Ibadah-ibadah ini menyimpan berbagai pahala serta keutamaan yang melimpah. Sholat sunnah juga bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap dari sholat fardhu yang selama ini wajib dilakukan setiap muslim dan muslimah.

Dari sekian banyak sholat sunah yang bisa Sahabat Dream kerjakan adalah sholat istikharah. Ibadah sunnah ini biasa dilakukan ketika kita sedang berada dalam keadaa ragu atau bingung dalam menentukan sebuah pilihan. Kita berharap agar pilihan yang ditunjukkan Allah SWT merupakan yang terbaik dan tak membuat kita menyesal di kemudian hari.

Contohnya adalah ketika kamu tak bisa menentukan jodoh dari beberapa pilihan calon yang ada, menentukan pekerjaan yang sebaiknya dipilih, dan berbagai pilihan dilematis lainnya. Dalam kondisi inilah Islam memberikan jalan keluar bagi umatnya dengan cara melakukan sholat istikharah yang akan semakin lengkap jika di akhir ditutup dengan doa setelah sholat istikharah.

Dalam doa setelah sholat istikharah itulah, sahabat Dream bisa memohon agar diberikan petunjuk, kemantapan hati, dan pilihan yang terbaik. Agar nantinya bisa mengambil keputusan pada pilihan tersebut dan menjalaninya dengan hati yang mantap.

Berikut adalah bacaan doa setelah sholat istikharah dan bagaimana cara Allah SWT memberikan petunjuk-Nya sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com dan islam.nu.or.id.

1 dari 3 halaman

Doa setelah Sholat Istikharah

Doa setelah Sholat Istikharah© Shutterstock.com

Sholat istikharah adalah salah satu sholat sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam, terutama bagi mereka yang sedang merasakan keraguan atas suatu pilihan. Tak hanya melakukan sholatnya saja, usahakan juga untuk menyempurnakan sholat tersebut dengan membaca doa setelah sholat istikharah.

Dalam doa setelah sholat istikharah, sahabat Dream akan mengagungkan nama Allah SWT dan memohon agar diberikan kemudahan serta petunjuk atas pilihan yang sedang kamu hadapi. Hal ini pun telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Jabir Ibn Abdillah ra:

Jika diantara kalian hendak melakukan perkara/urusan, maka rukuklah (shalatlah) dua rakaat dari selain fardhu. Kemudian berdoa: 'Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi persoalan) dengan kekuasaanMu. Aku mohon kepadamu sesuatu dari anugerahMu yang maha agung." (HR. Bukhari)

Nah, berikut adalah bacaan doa setelah sholat istikhoroh yang bisa sahabat Dream amalkan sebagaimana dikutip dari merdeka.com:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Allahumma inni astakhiruka bi ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa talamu wa laa alamu, wa anta allaamul ghuyub" .

Allahumma fa-in kunta talamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa maaasyi wa aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.

Allahumma in kunta talamu annahu syarrun lii fii diini wa maaasyi wa aqibati amrii (fii aajili amri wa aajilih) fash-rifnii anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini ...(bisa menyebut persoalannya).. lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah.

Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku."

 

2 dari 3 halaman

Cara Allah SWT Memberikan Petunjuk setelah Sholat Istikharah

Cara Allah SWT Memberikan Petunjuk setelah Sholat Istikharah© Unsplash.com

Mungkin sahabat Dream ada yang pernah mendengar bahwa petunjuk setelah mengerjakan sholat istikharah hadir melalui mimpi ketika tidur. Namun antara sholat istikharah dan mimpi tidaklah memiliki keterkaitan.

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, berikut adalah penjelasan dari Syekh Said Ramadhan al-Buthi tentang kaitan sholat istikharah dan mimpi:

Tidak ada hubungan antara shalat istikharah dengan mimpi saat tidur, bahkan shalat istikharah itu hanya sebatas melaksanakan shalat lalu berdoa dengan doa yang disarikan dari Rasulullah. Lalu iringilah dengan melakukan perbuatan yang diistikharahi. Jika perbuatan itu baik, maka Allah akan mudahkan, dan jika buruk maka Allah akan memalingkan seseorang dari perbuatan tersebut.” (Syekh Said Ramadhan al-Buthi, Masyurat Ijtima’iyyat, hal. 158).

Melalui penjelasan di atas, maka sudah jelas bahwa tidak ada hubungannya antara sholat istikharah dengan mimpi. Melalui fatwanya yang lain dijelaskan bahwa hal yang harus dilakukan seseorang setelah menyelesaikan sholat istikharah adalah melakukan suatu hal yang ia istikharahi tersebut.

Ketika saat melakukan hal tersebut diberikan kemudahan, maka hal itulah yang baik bagi dirinya. Sedangkan jika melakukan hal tersebut ternyata mendapati kesulitan, maka itulah yang tidak baik untuk dirinya. Sehingga bisa untuk kamu hindari.

Jadi, dalam melakukan sholat istikharah sebaiknya dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat istikharah dan melakukan hal yang sahabat Dream istikharahi tersebut. Jawaban yang diberikan Allah SWT tidaklah selalu dalam bentuk mimpi. Karena kerap kali mimpi tersebut disebabkan oleh kondisi emosional seseorang dan tidak ada kaitannya dengan petunjuk Allah SWT melalui sholat istikharah yang sudah dilakukan.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Sholat Istikharah

Mengerjakan sholat istikharah bisa mendatangkan banyak manfaat untuk sahabat Dream yang melakukannya. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan seperti dikutip dari islampos.com:

Menenangkan Diri

Manfaat sholat istikharah yang pertama adalah bisa menenangkan diri. Mengingat bahwa pikiran yang kondisinya tidak tenang, maka keputusan yang akan diambil pun bisa saja salah. Nah, ketenangan itu bisa sahabat Dream dapatkan dengan mengerjakan sholat sunah istikharah dua rakaat.

Bisa Memantapkan Hati

Manfaat yang kedua adalah bisa memantapkan hati. Tak hanya soal jodoh saja, tetapi bisa juga hal lainnya. Seperti pekerjaan, sekolah, dan sebagainya. Meski begitu, sholat sunah ini tidak hanya dikerjakan sekali saja, tetapi berkali-kali untuk bisa membuat hati lebih mantap dalam menentukan pilihan.

Menyerahkan Hasil kepada Allah SWT

Petunjuk yang diberikan Allah SWT melalui sholat istikharah tidaklah secara terang-terangan, kemudian sahabat Dream mendapatkan jawabannya. Namun, hasil itu bisa terlihat ketika sahabat Dream menjalankan ikhtiarnya. Jika sudah ikhtiar dan berdoa, maka hasilnya hanya tinggal diserahkan kepada Allah SWT. Karena Allah SWT lah yang memiliki keputusan paling baik untuk hamba-Nya. Seperti yang dijelaskan dalam surat At-Taubah ayat 51 berikut:

قُلْ لَّنْ يُّصِيْبَنَآ اِلَّا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَنَاۚ هُوَ مَوْلٰىنَا وَعَلَى اللّٰهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُوْنَ

Artinya: “ Katakanlah (Muhammad), “ Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah bertawakallah orang-orang yang beriman.” (QS. At-Taubah: 51)

Menjauhkan dari Bisikan Setan

Manfaat sholat istikharah bisa menjauhkan diri dari bisikan setan. Hal ini karena setan biasanya memanfaatkan orang yang sedang gelisah agar mengambil keputusan yang salah.

Allah SWT juga mengatakan di dalam Al-Quran bahwa sholat adalah peluru yang ampuh untuk menjauhkan seseorang dari perbuatan keji dan kemunkaran.

Memilih dengan Pertimbangan Agama

Manfaat sholat istikharah yang terakhir adalah memilih dengan pertimbangan agama. Hal ini dijelaskan dalam surat Ali Imran ayat 154 berikut:

Sesungguhnya urusan itu seluruhnya ditangani Allah SWT.” (QS. Ali Imran: 154)

 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More