Doa untuk Kedua Orang Tua dan Perintah Berbakti kepada Keduanya

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 2 November 2022 09:30
Doa untuk Kedua Orang Tua dan Perintah Berbakti kepada Keduanya
Berikut doa untuk kedua orang tua beserta dalil agar berbakti kepada keduanya.

Dream – Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menghormati dan mengasihi kedua orang tua. Begitupun sebaliknya, orang tua juga harus menyayangi anak-anaknya.

Seiring berjalannya waktu, anak-anak akan semakin dewasa hingga membangun bahtera rumah tangga. Sementara orang tua semakin hari bertambah usia dan semakin menua.

Ketika orang tua sudah berumur, kebahagiaan mereka adalah melihat anak-anaknya hidup bahagia. Sementara sang anak juga harus mengasihi dan mendoakan kedua orang tua agar diberikan keberkahan di sisa umurnya.

Saat sudah meninggal dunia, orang tua juga wajib didoakan oleh anak-anaknya. Sebab amalan yang tidak akan terputus meskipun sudah meninggal dunia adalah doa sang anak untuk orang tuanya. Inilah mengapa kita semua perlu membaca doa untuk kedua orang tua.

Doa untuk kedua orang tua sebaiknya dibaca setiap selesai sholat fardhu. Lebih baik lagi jika ditambah ketika selesai sholat sunnah. Dengan begitu, doa untuk kedua orang tua yang dibaca akan menembus langit dan didengar oleh Allah Swt.

1 dari 6 halaman

Dalil Berbakti kepada Orang Tua

Berbakti kepada kedua orang tua adalah kewajiban setiap anak yang lahir di dunia. Sebagaimana dijelaskan dalam Alquran Surat An-Nisa ayat 36:

۞ وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ

Artinya:

“ Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.”

Selain itu, perintah untuk berbakti kepada kedua orang tua juga tertulis dalam Surat Lukman ayat 14:

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Artinya:

“ Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.”

Bahkan Rasulullah Saw juga bersabda kepada umatnya untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua. Hal ini sebagaimana hadis riwayat Tirmidzi:

“ Orang tua adalah pintu surga yang paling baik. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya.” (HR. Tirmidzi).

2 dari 6 halaman

Doa untuk Kedua Orang Tua

Doa untuk kedua orang tua adalah doa yang semestinya diajarkan sejak kecil. Doa ini biasanya diajarkan oleh guru ketika masih di bangku kanak-kanak.

Doa untuk kedua orang tua mudah dihafalkan, sehingga bisa diamalkan setiap hari selesai sholat. Melansir dari NU Online, berikut bacaan doa untuk kedua orang tua yang bisa kamu baca dan hafalkan dengan mudah:

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiira.

Artinya:

“ Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil.”

3 dari 6 halaman

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sakit

Hati kita tentu akan sedih melihat orang tua sedang sakit. Terlebih jika sakitnya sudah parah dan lama tidak kunjung sembuh.

Maka dari itu dianjurkan kepada kaum Muslim untuk mendoakan kedua orang tuanya agar segera sembuh dari penyakitnya. Untuk memohon kesembuhan kepada Allah Swt, berikut bacaan doa untuk kedua orang tua yang sedang sakit:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya:

“ Ya Allah, Rabb manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

4 dari 6 halaman

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

Ketika orang tua sudah menghadap Sang Pencipta, kaum Muslim juga tetap harus berbakti dan mendoakan mereka. Sahabat Dream tidak boleh terus larut dalam kesedihan. Lebih baik bacakan doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal berikut ini:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa wassi' madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas Wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a 'idzhu min 'adzaabil qobri wa fitnatihi wa min 'adzaabin naar.

Artinya:

“ Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah dia di tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan dan dosa seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga-Mu, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka."

Itulah doa untuk kedua orang tua dan perintah Tuhan untuk berbakti kepada mereka. Mari kita doakan orang tua kita setiap hari, bagaimanapun kondisi dan sikap mereka terhadap kita. Sebab berbakti kepada orang tua adalah salah satu jalan untuk mendapatkan ridlo dari Allah subhanahu wata’ala.

5 dari 6 halaman

Cara Berbakti kepada Orang Tua

Berbakti kepada orang tua perlu dilakukan untuk meraih ridlonya. Sebab ridlo Allah SWT terletak pada ridlo kedua orang tua.

Bahkan Rasulullah SAW bersabda bahwa berbakti kepada orang tua merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah Ta'ala.

Dari Abdullah Bin Mas’ud berkata: “ Aku bertanya kepada Rasulullah: “ Amalan apakah yang dicintai oleh Allah?” Beliau menjawab: “ Sholat pada waktunya. Aku bertanya lagi: “ Kemudian apa?” Beliau menjawab: “ Berbakti kepada kedua orang tua." Aku bertanya lagi: “ Kemudian apa” Beliau menjawab: “ Jihad di jalan Allah”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Sebenarnya banyak cara bisa dilakukan untuk berbakti kepada orang tua. Tindakan berbakti lebih penting daripada sekedar omong kosong belaka. Ketika orang tua masih hidup, maka sudah sebaiknya kita berbakti kepada mereka. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk berbakti kepada orang tua ialah sebagai berikut:

  1. Mengajak masuk agama Islam jika belum Islam.
  2. Memberikan pemahaman yang benar (Ahlus Sunnah) kepada orang tua.
  3. Mentaati perintah mereka selama itu bukan maksiat.
  4. Mendahulukan kepentingan orang tua.
  5. Mencukupi kebutuhan orang tua, terutama jika mereka sudah renta.
  6. Berkata yang baik dan lemah lembut kepada mereka, tidak memanggil langsung dengan namanya, tidak bersuara tinggi dan ketus.
  7. Membacakan doa untuk orang tua seperti yang sudah dijelaskan di atas.
6 dari 6 halaman

Hadis tentang Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua

Islam memerintahkan kepada umatnya agar selalu berbakti kepada orang tua. Bahkan perintah tersebut telah dijelaskan di dalam Al-Quran dan juga hadis Nabi. Berikut adalah beberapa hadis yang menjelaskan tentang keutamaan berbakti kepada orang tua yang terdapat di dalam kitab At-Tarhib wat Tarhib karya Al-Mundziri seperti dikutip dari islam.nu.or.id:

Amal yang Paling Utama

Berikut adalah hadis yang menjelaskan bahwa berbakti kepada orang tua adalah amal yang paling utama:

Dari sahabat Abdullah bin Mas’ud ra, ia bertanya kepada Rasulullah, ‘Wahai Rasulullah, apakah amal paling utama?’ ‘Shalat pada waktunya,’ jawab Rasul. Ia bertanya lagi, ‘Lalu apa?’ ‘Lalu berbakti kepada kedua orang tua,’ jawabnya. Ia lalu bertanya lagi, ‘Kemudian apa?’ ‘Jihad di jalan Allah,’ jawabnya,” (HR Bukhari dan Muslim).

Merawat Orang Tua Adalah Jihad

Berikut adalah hadis yang menjelaskan bahwa merawat orang tua adalah bagian dari jihad:

Dari sahabat Abdullah bin Amr bin Ash ra, seorang sahabat mendatangi Rasulullah saw lalu meminta izin untuk berjihad. Rasulullah saw bertanya, ‘Apakah kedua orang tuamu masih hidup?’ ‘Masih,’ jawabnya. Rasulullah saw mengatakan, ‘Pada (perawatan) keduanya, berjihadlah,’” (HR Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).

Membahagiakan Orang Tua

Berikut adalah hadis yang menjelaskan perintah untuk membahagiakan orang tua:

Dari sahabat Abdullah bin Amr ra, ia bercerita, seorang sahabat mendatangi Rasulullah saw dan mengatakan, ‘Aku datang kepadamu untuk berbaiat hijrah dan kutinggalkan kedua orangtuaku dalam keadaan menangis. Rasul menjawab, ‘Pulanglah, buatlah keduanya tertawa sebagaimana kau membuat mereka menangis,’’” (HR Abu Dawud).

Orang Tua Adalah Pintu Surga

Berikut adalah hadis yang menjelaskan bahwa orang tua adalah pintu surga:

Dari sahabat Abu Darda ra, seseorang mendatanginya dan berkata, ‘Aku mempunyai seorang istri, tetapi ibuku memintaku untuk menceraikannya.’ Abu Darda ra berkata, ‘Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ‘Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Jika mau, kau boleh menyia-nyiakan pintu tersebut atau kau boleh merawatnya,” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Surga di Bawah Kaki Orang Tua

Berikut adalah hadis yang menjelaskan bahwa surga berada di bawah kaki orang tua:

Dari Muawiyah bin Jahimah As-Sulami, Jahimah ra mendatangi Nabi Muhammad saw dan berkata, ‘Aku ingin berperang bersamamu dan aku datang untuk meminta petunjukmu.’ Rasul bertanya, ‘Apakah kamu mempunyai ibu?’ ‘Ya,’ jawabnya. ‘Lazimkanlah ibumu karena surga berada di bawah telapak kakinya,’” (HR An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan Al-Hakim).

Beri Komentar