Eko Yuli Pecahkan Rekor Dunia Angkat Besi

Reporter : Maulana Kautsar
Minggu, 4 November 2018 16:16
Eko Yuli Pecahkan Rekor Dunia Angkat Besi
Berhasil setelah kelabui tim China.

Dream - Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan, meraih hasil gemilang di Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Asghabat, Turkmenistan, pada Sabtu, 3 November 2018. Eko berhasil menyabet medali emas untuk kelas 61 kilogram sekaligus memegang rekor dunia.

Eko sukses mengangkat beban dengan total seberat 317 kilogram. Terdiri dari angkatan clean and jerk seberat 174 kilogram dan snatch seberat 143 kilogram.

Manajer Tim Angkat Besi Indonesia, Sony Kasiran, mengatakan keberhasilan Eko tidak lepas dari strategi yang diterapkan.

" Awalnya kita ajukan angkatan 177 untuk clean and jerk untuk mengelabui Tiongkok. Tapi, ketika Tiongkok dan Kolombia gagal di angkatan 172, akhirnya tim pelatih putuskan menjadi 174 kilogram," ujar Sony kepada Liputan6.com, Minggu 4 November 2018.

Pada kelas 61 kilogram ini, lifter China, Fabin Li, mendapatkan medali perak dengan total angkatan 310 kilogram. Sementara posisi perunggu diraih Fulin Qin dengan total angkatan 308 kilogram.

 

1 dari 1 halaman

Atlet Angkat Besi Eko Yuli Tambah Medali Emas Buat Indonesia

Dream - Pundi medali emas Indonesia di Asian Games 2018 bertambah lagi. Kali ini dari Eko Yuli Irawan, lewat cabang olahraga angkat berat untuk nomor 62 kg putra.

Bertanding di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa 21 Agustus 2018, Eko Yuli Irawan mencatatkan hasil terbaik dengan total angkatan 311 kg. Ia hanya sekali gagal di angkatan 175 kg.

Sedangkan medali perak diraih lifter Vietnam, Van Vinh Trinh, kemudian perunggu diraih lifter Uzbekistan Ergashev Adkhamjon.

Eko Yuli diketahui menjadi salah satu andalan Indonesia untuk meraih emas di Asian Games kali ini. Mengingat ia pernah meraih medali perunggu di Olimpiade 2008 dan 2012, serta medali perak pada Olimpiade Rio 2016.

Sementara untuk Asian Games, Eko Yuli belum pernah meraih emas. Ia hanya meraih medali perunggu dalam dua edisi sebelumnya.

Tim angkat berat menargetkan dua medali emas untuk Asian Games 2018. Ada 13 lifter yang diturunkan Indonesia dalam ajang ini.

(Sumber: Liputan6/Adyaksa Vidi)

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More