Indonesia Buka Kedutaan di Palestina, AS Terkejut

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 21 April 2015 08:01
Indonesia Buka Kedutaan di Palestina, AS Terkejut
Kepala Staf Kepresidenan Luhut Pandjaitan menyatakan telah menyampaikan sikap Indonesia mendukung Palestina merdeka saat berkunjung ke Gedung Putih, awal Maret lalu.

Dream - Pemerintah Indonesia mengambil sikap mendukung Palestina merdeka dan menjadi negara yang berdaulat. Sikap ini kemudian menjadi salah satu pembahasan dalam Konferensi Asia Afrika.

Ketua Panitia KAA yang merupakan Kepala Staf Kepresidenan Luhut Pandjaitan mengatakan sikap ini menjadi komitmen bagi Indonesia. Bahkan, Luhut pun sudah menyampaikan sikap ini ketika berkunjung ke Gedung Putih, awal bulan Maret lalu.

" Di sana, saya bertemu dengan Kepala Pusat Keamanan Amerika Susan Rice. Kepada beliau, saya nyatakan bahwa Indonesia punya sikap ingin melihat Palestina merdeka," ujar Luhut, seperti dilansir dalam laman luhutpandjaitan.com, Senin, 20 April 2015.

Luhut mengatakan Susan Rice begitu terkejut mendengar pengakuan itu. Ini karena Susan menilai sikap Indonesia bertentangan dengan Amerika Serikat.

" Reaksi Susan Rice saat itu terkejut karena Amerika tidak mengakui adanya Palestina. Tapi saya katakan bahwa itulah sikap dari Presiden Joko Widodo untuk Palestina," ungkapnya.

Lebih lanjut, Luhut menyatakan dukungan Indonesia akan diwujudkan dengan mendorong Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) agar memasukkan Palestina dalam daftar anggota. Tidak hanya itu, terang dia, Indonesia juga akan membuka kantor kedutaan di Ramallah. (Ism) 

 

Beri Komentar