Isu Reshuffle Kabinet: Sandiaga Uno Menparekraf, Menkes Terawan Dicopot

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Selasa, 22 Desember 2020 10:00
Isu Reshuffle Kabinet: Sandiaga Uno Menparekraf, Menkes Terawan Dicopot
Isu reshuffle makin santer terdengar saat Joko Widodo dan Ma'ruf Amin melakukan rapat internal.

Dream - Isu reshuffle Kabinet Jokowi Jilid II kembali santer terdengar. Terlebih dua menteri Jokowi, yakni Menteri KKP Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari Batubara, tersandung kasus korupsi.

Isu reshuffle makin santer terdengar saat Joko Widodo dan Ma'ruf Amin melakukan rapat internal pada Senin, 21 Desember 2020. Tak ada yang tahu apa yang dibahas oleh kedua pemimpin negara itu.

Namun Jubir Wapres, Masduki, memastikan pembahasan menyangkut isu strategis. Terkait isu tersebut, disebut-sebut setidaknya ada enam kursi menteri yang akan diganti.

1 dari 3 halaman

Nama Menteri yang Bocor

Pertama, ada nama Budi G Sadikin, yang disebut akan menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan. Kemudian ada nama Mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma yang disebut akan menggantikan Juliari di posisi Menteri Sosial.

Kabar lainnya, posisi Menteri Agama juga akan diganti. Nama Yahya Cholil Stakuf disebut-sebut akan menggantikan Fachrul Razi.

Lalu, kabar lainnya menyebutkan nama Wakil Menteri Pertahanan, Wahyu Sakti Trenggono yang akan menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri KKP.

Selain itu, posisi Menteri Perdagangan juga disebut akan diganti. Nama M Lutfi disebut akan masuk menggantikan Agus Suparmanto.

Berikutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, disebut-sebut bakal diisi oleh Sandiaga Uno.

2 dari 3 halaman

Kode Kuat Reshuffle

Partai Kebangkitaan Bangsa (PKB) mengakui kabar akan ada enam pos menteri yang bakal kena reshuffle. Namun, Ketua DPP PKB, Faisol Riza, menolak menyebut nama.

" Saya dengar ada 6 posisi (reshuffle)," ujar Faisol Riza saat dikonfirmasi, Senin 21 Desember 2020.

Jumlah ini tentu bisa berubah. Terkait siapa yang akan dicopot, Faisol menyebut kemungkinan yaitu menteri terkait percepatan vaksinasi dan pemulihan ekonomi.

Sementara para relawan Jokowi telah menangkap sinyal reshuffle. Bahkan Jokowi telah lebih dulu mengumpulkan mereka. Meskipun, tidak membahas secara spesifik soal perombakan kabinet.

Bahkan Jokowi telah melakukan pertemuan dengan sejumlah relawannya. Para relawan menangkap sinyal reshuffle itu.

Ketua JoMan, Immanuel Ebenezer, menyebut pada pertemuan terakhir Presiden Jokowi memberi kode segera terjadi reshuffle. Terlihat bahwa berkali-kali Jokowi marah dan menyebut bahwa nama menteri bakal direshuffle sudah di atas meja.

" Itu kan bahasa kode dan kita paham itu," ujar Noel, sapaan akrabnya, saat berbincang dengan merdeka.com.

3 dari 3 halaman

Kapan Diumumkan?

Ada catatan menarik dari dua pergantian susunan kabinet sebelumnya. Keduanya terjadi tepat di hari Rabu Pon dalam Penanggalan Jawa. Kini, Rabu Pon akan jatuh pada tanggal 23 Desember 2020.

Catatan merdeka.com, dua kali Rabu Pon yang dipakai Jokowi untuk melakukan reshuffle yakni pada Rabu, 12 Agustus 2015. Saat itu, Jokowi mengganti enam posisi menteri.

Jokowi kembali merombak jajaran kabinetnya. Pelantikan kabinet baru dilakukan pada Rabu 27 Juli 2016 yang juga bertepatan dengan Rabu Pon.

Sebagai informasi, Jokowi lahir pada 21 Juni 1961. Berdasarkan Kalender Jawa, tanggal tersebut merupakan hari Rabu Pon. Banyak yang mengaitkan hal tersebut dengan keputusan politik Jokowi. Benarkah demikian?

" Iya itu kan menurut penasehat spiritualnya, namun secara logika memang perlu pengisian kursi dua menteri itu. Segalanya akan segera masuk APBN 2021, supaya si menteri yang ditunjuk itu punya persiapan atau waktu yang baik sebagai pengurus anggaran 2021," kata Politikus PDIP Hendrawan Supratikno, Senin 21 Desember 2020.

" Intinya kalau waktu reshuffle-nya kapan, terserah Pak Presiden. Saya sendiri juga tidak tahu, yang tahu hanya presiden dan lingkaran terdekatnya," tegas Hendrawan.

 

 

Beri Komentar