Jangan Bagikan Nomor Telepon di Profil Facebook

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 12 Agustus 2015 12:00
Jangan Bagikan Nomor Telepon di Profil Facebook
Banyak pengguna bahkan tidak menyadari mereka telah 'berbagi' informasi dan nomor telepon mereka dengan cara ini.

Dream - Jika Anda pernah memasukkan nomor telepon pada profil Facebook, sudah saatnya Anda harus merasa khawatir. Hal yang sama berlaku juga ketika Anda sering mengunggah foto profil di Facebook.

Secara default, orang asing bisa mengenali Anda dari nomor telepon dan foto yang Anda tambahkan di profil Anda.

Banyak pengguna bahkan tidak menyadari mereka telah 'berbagi' informasi dan nomor telepon mereka dengan cara ini.

Pengembang program komputer Reza Moaiandin menunjukkan bagaimana ia bisa tahu nama dan foto seseorang, hanya menggunakan nomor telepon secara acak.

Moaiandin mengatakan informasi yang dibocorkan Facebook sama dengan ketika 'berjalan ke bank, Anda minta ribuan informasi pribadi nasabah berdasarkan nomor rekening mereka, dan bank memberikannya dengan serta-merta'.

Dalam ketentuan dan syaratnya, Facebook mengatakan; " pengembang dapat menggunakan API (sekumpulan perintah, fungsi, serta protokol yang dapat digunakan oleh pengembang dalam membangun sebuah perangkat lunak) Kami untuk menciptakan produk mereka. Pengembang hanya bisa mengakses informasi yang dibagikan secara umum oleh pengguna" .

" Setiap orang yang menggunakan Facebook memiliki kontrol atas informasi yang mereka bagikan, dalam hal ini termasuk informasi yang dimasukkan dalam profil mereka, dan siapa yang dapat melihat informasi ini" .

(Sumber: Metro.co.uk)

Beri Komentar