Menabung 31 Tahun, Tukang Pijat Akhirnya Berangkat Haji

Reporter : Eko Huda S
Rabu, 2 September 2015 10:01
Menabung 31 Tahun, Tukang Pijat Akhirnya Berangkat Haji
Bu Temo mulai bekerja sebagai tukang pijat sejak tahun 1980-an. Sejak 1984, sebagian penghasilan itu mulai dia tabung.

Dream - Kisah Ponisah binti Dirjo ini bisa menjadi inspirasi. Terutama bagi umat muslim yang bercita-cita menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

Ya, warga Lumajang, Jawa Timur, ini bukan orang yang kaya raya. Perempuan 64 tahun ini hanyalah tukang pijat khusus anak yang membuka praktik di Gang Mangga, Kelurahan Kepuharjo.

Berangkat haji memerlukan biaya puluhan juta. Jika dilihat sepintas, Ponisah tidak mungkin bisa berangkat menunaikan rukun Islam ke lima itu. Namun nyatanya, dia mampu. Dan bulan ini akan terbang ke Tanah Suci.

Kesungguhan niat menjadi kuncinya. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Seperti itulah. Ponisah menabung sedikit demi sedikit uang hasil memijat. Selama 31 tahun, Ponisah menabung uang hasil memijatnya. Dan akhirnya cukup untuk biaya berangkat haji.

Bu Temo, demikian karib disapa, mulai bekerja sebagai tukang pijat sejak tahun 1980-an. Sejak 1984, sebagian penghasilan itu mulai dia tabung. Dia persiapkan untuk cita-cita mulia ini.

Warga sekitar mengenal Bu Temo sebagai sosok yang baik. Dia tidak pernah mematok tarif untuk pasien. Setiap pasien hanya membayar suka rela dengan memasukkan uang pada sebuah kotak yang telah disiapkan di depan rumah.

“ Awal saya memijat bahkan tidak dibayar, mereka hanya memberi saya sembako, seperti gula,” kata Bu Temo sebagaimana dikutip Dream dari laman Lumajang News, Selasa 1 September 2015.

Ibu tiga anak ini semula menabung secara tradisional. Lembar demi lembar uang dia masukkan ke kaleng dan tabungan plastik berbentuk ayam. Dia baru menyimpan uangnya di bank pada 2005. Dan pada 2009, istri anggota TNI –suaminya sudah wafat– ini mendaftar sebagai calon jamaah haji.

“ Saya baru memantapkan hati dan berniat pergi ke tanah suci di tahun 2009,” jelas Bu Temo. Bagaimana kisah kegigihan Bu Temo untuk berangkat haji? Baca selengkapnya di sini.

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!  Baca Juga: Di Sela Ibadah, Jemaah Haji Berburu Batu Akik di Jabal Uhud Suguhan Marawis Sambut Jemaah Haji di Mekah Dari 13.200, Tinggal 192 Visa Calon Haji yang Belum Terbit Enam Jemaah Calon Haji Meninggal di Saudi Menag Temui Dubes Saudi Selesaikan Visa Jemaah Haji Tukang Rongsokan Naik Haji

 

Beri Komentar