Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menag Persilakan Asrama dan RS Haji untuk Pasien Covid-19

Menag Persilakan Asrama dan RS Haji untuk Pasien Covid-19 Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Dream - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, mempersilakan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di seluruh daerah memanfaatkan Asrama Haji untuk penanganan pasien Covid-19. Sedikitnya 25 Asrama Haji sudah siap menerima pasien Covid-19.

"Saya sudah menerbitkan instruksi untuk Sekjen, Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kakanwil dan Kepala Asrama Haji seluruh Indonesia, terkait optimalisasi pemanfaatan asrama haji," ujar Gus Yaqut.

Gus Yaqut juga mengatakan Kemenag memiliki fasilitas Rumah Sakit Haji. "Dipersilakan untuk dimanfaatkan sebagai tempat pasien Covid-19," kata dia.

Selanjutnya, Gus Yaqut menyatakan menghadapi pandemi tidak bisa dilakukan secara sendiri. Karena itu, Kemenag berkolaborasi dengan Kemenkes, Kementerian BUMN, Kementerian PUPR, dan instansi terkait lainnya dalam penanganan Covid-19.

"Asrama Haji Pondok Gede, insya Allah bisa dioptimalkan hingga penanganan 1.000 pasien Covid-19. Ini cukup memadai dengan fasilitas yang ada dan sarana yang akan disupport Pertamedika, Kemenkes, Kementerian PUPR. Semoga hari Rabu sudah siap dipakai," kata dia.

 

Siap Jadi RS Darurat Covid-19

Asrama Haji Pondok Gede memiliki beberapa gedung untuk perawatan Covid-19. Salah satunya Gedung Arafah yang sudah dimanfaatkan RS Haji untuk merawat pasien Covid-19 gejala sedang dan berat.

Kemenag telah bekerjasama dengan Pertamedika untuk meningkatkan fungsi gedung ini sebagai RS Darurat dengan kapasitas 138 bed untuk pasien. Ke depan akan disiapkan gedung D1 dan D2 sebagai tempat tenaga kesehatan (nakes) dengan kapasitas 333 bed.

Bangunan lain yang akan digunakan adalah gedung A, B, C, H, dan D5 dengan kapasitas bisa mencapai 772 bed. Gedung-gedung ini akan disiapkan Kemenkes untuk pasien.

Kemenkes juga akan menyiapkan gedung D3 dan D4 dengan kapasitas 365 bed untuk nakes. Sementara gedung E dengan kapasitas 160 bed disiapkan sebagai cadangan.

 

Tingkatkan Kapasitas

Sekjen Kemenag, Nizar, mengatakan sampai saat ini baru tujuh dari 25 Asrama Haji yang sudah digunakan sebagai ruang isolasi Covid-19. Kemudian sebanyak 1.054 pasien menjalani perawatan di Asrama Haji seluruh Indonesia.

Khusus Asrama Haji Pondok Gede, Kemenag telah meningkatkan kapasitas dari 556 tempat tidur menjadi 988 tempat tidur. Dalam beberapa hari ke depan, Asrama Haji Pondok Gede akan siap sepenuhnya untuk pasien Covid-19.

"Kita juga siapkan dua gedung untuk akomodasi tenaga kesehatan. Jadi total ada delapan gedung yang akan digunakan di Asrama Haji Pondok Gede untuk penanganan Covid-19," kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tahun Ini Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah Haji

Tahun Ini Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah Haji

Selain kuota haji yang semakin banyak, terdapat peningkatan layanan haji lainnya.

Baca Selengkapnya
Puasa Ramadan Terpanjang dan Terpendek di Berbagai Negara, Ini Penyebabnya

Puasa Ramadan Terpanjang dan Terpendek di Berbagai Negara, Ini Penyebabnya

Rata-rata lamanya durasi puasa antara 12-13 jam. Namun, ada negara yang bahkan berpuasa sampai 20 jam.

Baca Selengkapnya
Jemaah Haji Meninggal Bisa Klaim Asuransi hingga Rp135 Juta

Jemaah Haji Meninggal Bisa Klaim Asuransi hingga Rp135 Juta

Bagi jemaah yang mengalami catat karena kecelakaan akan menerima asuransi 2,6 persen hingga 100 persen BIPIH.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jangan Sampai Puasamu Sia-Sia, Ini Dia 8 Perbuatan yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadan, Umat Islam Wajib Tahu!

Jangan Sampai Puasamu Sia-Sia, Ini Dia 8 Perbuatan yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadan, Umat Islam Wajib Tahu!

Hindarilah hal-hal yang berpotensi membuat puasa kamu batal, terutama perbuatan sehari-hari.

Baca Selengkapnya