Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Sempat Dirawat Karena Infeksi Paru-ParuParu

Reporter : Okti Nur Alifia
Jumat, 1 Juli 2022 14:05
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Sempat Dirawat Karena Infeksi Paru-ParuParu
Putri sulung Tjahjo Kumolo, Ajeng, meminta masyarakat membukakan pintu maaf kepada ayahnya jika selama ini ada kesalahan yang tak sengaja dilakukannya.

Dream - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari ini (Jumat, 1 Juli 2022) sekiar pukul 11 siang WIB.

Kabar duka ini diumuman dari siaran resmi Kementerian PANRB lewat akun media sosial Twitter .

" Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah meninggal dunia Menteri PANRB Tjahjo Kumolo," tulis akun Twitter Kementerian PANRB.

Sebelum meninggal dunia, MenPAN RB Tjahjo Kumolo diketahui sempat menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo Jakarta Pusat.

Menteri yang juga politisi senior PDI-Perjuangan itu mendapat perawatan karena dkabarkan mengalami infeksi yang menyerang hingga paru-paru.

1 dari 3 halaman

Putri: `Mohon Maaf Bila Bapak Ada Salah`

Putri pertama Tjahjo Kumolo, Ajeng mewakili keluarga menyampaikan permohonan maaf, jika ayahnya mempunyai salah semasa hidup.

" Saya anak pertama, mohon maaf apabila bapak ada salah selama ini," ujar Ajeng di RS Abdi Waluyo, dikutip dari Merdeka.com.

Ajeng membenarkan informasi mengenai ayahnya yang meninggal dunia pada pukul 11.10 WIB.

" Saya mewakili keluarga membenarkan bapak sudah berpulang, hari jumat jam 11 lebih."

Direncanakan menteri yang lahir di Surakarta, 1 Desember 1957 itu akan dimakamkan di pemakaman TMP Kalibata di wilayah Jakarta Selatan.

Sementara waktu pemakaman yang diinformasikan dari keluarga adalah setelah waktu ashar, mengutip laman Liputan6.com.

 

2 dari 3 halaman

Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Ini Profilnya

Dream - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia karena sakit pada Jumat, 1 Juli 2022 sekitar pukul 11.10 WIB. Sebelumnya, dia sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak beberapa hari yang lalu.

Kabar duka meninggalnya Tjahjo Kumolo dibernarkan petinggi PDIP, Junimart Girsang. Tjahjo Kumolo wafat sekitar pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

" Saya baru dapat kabar sekitar 2 menit yang lalu, Tjahjo sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari PDIP Junimart Girsang, dikutip dari Liputan6.com.

3 dari 3 halaman

Tjahjo merupakan politisi senior yang sukses menjadi menteri di dua kementerian. Dia lahir di Surakarta, 1 Desember 1957. Pria ini merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro tahun 1985.

Sejak muda, Tjahjo aktif dalam berbagai organisasi. Dia pernah menjadi Ketua Biro Organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Dati I Jawa Tengah.

Kemudian, dia menjadi Ketua DPD KNPI Dati I Jawa Tengah periode 1985-1988 dan Sekretaris Jenderal KNPI Dati I Jawa Tengah untuk periode 1987-1990.

Karir kepolitikan Tjahjo dimulai saat ia menjadi Anggota Komisi II, III dan Anggota BKSAP DPR RI (1987,1992) dan Ketua Umum DPP KNPI pada 1990-1993.

Kemudian, dia menjabat sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI (1999-2002) dan Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI setahun kemudian.

Pada 2004, ia terpilih menjadi Anggota Komisi XI dan Anggota BKSAP DPR RI (2004-2008). Dia menjadi Ketua Fraksi PDIP DPR RI (2004-2009).

Tjahjo pertama kali diangkat menjadi menteri pada tahun 2014 di di Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Saat itu, ia dipercaya menjadi Menteri Dalam Negeri. Selanjutnya, dalam Kabinet Indonesia Maju tahun 2019, Tjahjo diangkat sebagai Menteri PANRB.

Suami dari Erni Guntarti ini pernah mendapatkan sejumlah penghargaan dan tanda jasa, antara lain Bintang Alumni Kehormatan AKPOL Semarang, Penghargaan Bintang Emas dari KAPOLRI, Pin Alumni Kehormatan IPDN, Bintang Penghargaan Kerajaan Sulawesi, dan Bintang Penghargaan Pemda Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Beri Komentar