Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pengertian Malam Nisfu Syaban, Keutamaan, dan Doa Nisfu Syaban yang Penting untuk Diamalkan

Pengertian Malam Nisfu Syaban, Keutamaan, dan Doa Nisfu Syaban yang Penting untuk Diamalkan Doa Nisfu Syaban (Foto Ilustrasi: Pixabay.com)

Dream – Istilah nisfu syaban biasanya sering kita dengar menjelang puasa Ramadan. Dalam ajaran Islam, Syaban adalah salah satu bulan yang dianggap mulia. Berbagai kejadian penting dalam sejarah perkembangan Islam terjadi dibulan ini. Syaban juga menjadi momen di saat Allah SWT membukakan pintu rahmat dan ampunan yang luas bagi setiap umat-Nya.

Keutamaan bulan Syaban itulah yang banyak dimanfaatkan umat Islam dengan memperbanyak ibadah dan sebanyak mungkin memohon ampun kepada Allah SWT atas segala kesalahan yang selama ini pernah diperbuat. Tak biasa dipungkiri jika manusia senantiasa tidak bisa luput dari kesalahan selama menjalani hidup.

Berbagai amalan bulan Syaban biasa dijalankan setiap muslim meski hukumnya tak wajib. Misalnya saja membaca doa nisfu Syaban, puasa nisfu syaban, sholat nisfu Syaban, dan memperbanyak bacaan istighfar. Dari amalam-amalan tersebut umat Islam bisa memperoleh pahala dan rahmat yang melimpah dari Allah SWT.

Bagi sahabat Dream yang ingin mengetahui lebih jelas tentang apa itu nisfu Syaban, apa saja keutamaannya, dan bagaimana bacaan doa nisfu Syaban, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

Apa Itu Malam Nisfu Syaban?

Pengertian Malam Nisfu Syaban

Setiap umat Islam mungkin sudah sering mendengar tentang malam nisfu Syaban. Tapi apa sebenarnya malam nisfu Syaban tersebut? Apalagi menurut sejarah Islam, di bulan Syaban ini ada banyak peristiwa besar, salah satunya adalah saat memindahkan arah kiblat dari Masjidil Aqsa ke Ka’bah di Masjidil Haram, Mekah.

Malam nisfu Syaban merupakan malam yang sangat baik di bulan Syaban. Di mana pada malam ini menjadi kesempatan yang sangat baik bagi umat Islam untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis yang dikutip dari Merdeka.com yang artinya sebagai berikut:

Allah mendatangi semua makhluk-Nya dan memberikan ampunan kepada mereka atas segala dosa kecuali orang yang menyekutukan Allah dan orang yang saling bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah, at-Thabrani dan Ibnu Hibban).

Jadi, ketika bulan Syaban telah tiba janganlah menyia-nyiakan bulan ini. Manfaatkan untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT serta mencari pahala yang sebanyak-banyaknya.

Keutamaan Malam Nisfu Syaban

Setelah mengetahui apa itu malam nisfu Syaban, sahabat Dream juga harus mengetahui apa saja keutamaan dari malam nisfu Syaban ini. Berikut adalah beberapa keutamaannya sebagaimana telah dikutip melalui Merdeka.com:

Allah SWT Menjanjikan Ampunan yang Seluas-luasnya

Malam nisfu Syaban jatuh pada malam ke-15 atau pertengahan di bulan Syaban. Salah satu keutamaan dari bulan yang mulia ini adalah Allah SWT menjanjikan ampunan yang seluas-luasnya untuk semua umat Islam. Hal itu pun juga telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah ra sebagai berikut:

Dari Aisyah radhiyallahu anha berkata bahwa Rasulullah SAW bangun pada malam dan melakukan shalat serta memperlama sujud, sehingga aku menyangka beliau telah diambil. karena curiga maka aku gerakkan telunjuk beliau dan ternyata masih bergerak. Ketika beliau mengangkat kepalanya dari sujud dan selesai dari shalatnya, beliau berkata, “Wahai Asiyah, (atau Wahai Humaira’), apakah kamu menyangka bahwa Rasulullah tidak memberikan hakmu kepadamu?”

Aku menjawab, “Tidak ya Rasulallah, namun Aku menyangka bahwa Anda telah dipanggil Allah karena sujud Anda lama sekali.” Rasulullah SAW bersabda, “Tahukah kamu malam apa ini?” Aku menjawab, “Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui.” Beliau bersabda, “Ini adalah malam nisfu sya’ban (pertengahan bulan sya’ban). Dan Allah muncul kepada hamba-hamba-Nya di malam nisfu sya’ban dan mengampuni orang yang minta ampun, mengasihi orang yang minta dikasihi, namun menunda orang yang hasud sebagaimana perilaku mereka.” (HR Al-Baihaqi)

Doa Dikabulkan Allah SWT

Seperti dikutip dari nu.or.id, ada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah ra yang menjelaskan bahwa di malam nisfu Syaban dianjurkan untuk banyak melakukan ibadah. Karena Allah SWT akan mengabulkan doa dari hamba-Nya di malam nisfu Syaban. Hadis tersebut adalah sebagai berikut:

وعن جابر - رضي الله عنه - قَالَ: سَمِعْتُ رسولَ اللهِ - صلى الله عليه وسلم - يقول: «إنَّ في اللَّيْلِ لَسَاعَةً، لاَ يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْألُ الله تَعَالَى خَيْرًا مِنْ أمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، إِلاَّ أعْطَاهُ إيَّاهُ، وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ». رواه مسلم.

 Artinya:Dari Jabir ra. berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya pada malam hari itu ada satu waktu yang tidaklah seorang muslim tepat pada waktu itu meminta kepada Allah kebaikan perkara dunia dan akhirat, melainkan Allah pasti memberikannnya kepadanya. Dan waktu itu ada pada setiap malam.” (HR Muslim)

Doa Nisfu Syaban

Doa Nisfu Syaban

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa pada malam nisfu Syaban dianjurkan untuk banyak melakukan ibadah dan berdoa kepada Allah SWT. Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, dalam kitab Maslakul Akyar karya Mufti Betawi Sayyid Utsman bin Yahya menyebutkan doa nisfu Syaban yang bisa dibaca saat malam nisfu Syaban adalah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّيَاذَاالْمَنِّوَلَايُمَنُّعَلَيْكَيَاذَاالْجَلَالِوَالإِكْرَامِيَاذَاالطَوْلِوَالإِنْعَامِلَاإِلٰهَإِلَّاأَنْتَظَهْرَاللَّاجِيْنَوَجَارَالمُسْتَجِيْرِيْنَوَمَأْمَنَالخَائِفِيْنَ

 

اللّٰهُمَّإِنْكُنْتَكَتَبْتَنِيْعِنْدَكَفِيْأُمِّالكِتَابِشَقِيًّاأَوْمَحْرُومًاأَوْمُقْتَرًّاعَلَيَّفِيالرِزْقِ،فَامْحُاللّٰهُمَّفِيأُمِّالكِتَابِشَقَاوَتِيوَحِرْمَانِيوَاقْتِتَارَرِزْقِيْ،وَاكْتُبْنِيْعِنْدَكَسَعِيْدًامَرْزُوْقًامُوَفَّقًالِلْخَيْرَاتِفَإِنَّكَقُلْتَوَقَوْلُكَالْحَقُّفِيْكِتَابِكَالمُنْزَلِعَلَىلِسَانِنَبِيِّكَالمُرْسَلِ "يَمْحُواللهُمَايَشَاءُوَيُثْبِتُوَعِنْدَهُأُمُّالكِتَابِ" وَصَلَّىاللهُعَلَىسَيِّدِنَامُحَمـَّدٍوَعَلَىاٰلِهِوَصَحْبِهِوَسَلَّمَوَالْحَمْدُلِلّٰهِرَبِّالعَــالَمِيْنَ

 Allâhumma yâ dzal manni wa lâ yumannu ‘alaik, yâ dzal jalâli wal ikrâm, yâ dzat thawli wal in‘âm, lâ ilâha illâ anta zhahral lâjîn wa jâral mustajîrîn wa ma’manal khâ’ifîn.

Allâhumma in kunta katabtanî ‘indaka fî ummil kitâbi syaqiyyan aw mahrûman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullâhumma fî ummil kitâbi syaqâwatî wa hirmânî waqtitâra rizqî, waktubnî ‘indaka sa‘îdan marzûqan muwaffaqan lil khairât. Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fî kitâbikal munzal ‘alâ lisâni nabiyyikal mursal, “yamhullâhu mâ yasyâ’u wa yutsbitu, wa ‘indahû ummul kitâb” wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammad wa alâ âlihî wa shahbihî wa sallama, walhamdu lillâhi rabbil ‘alamîn.

Artinya: “Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut. Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata–sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’ Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT.”

Itulah penjelasan tentang apa itu malam nisfu Syaban, keutamaan-keutamaan di bulan mulia tersebut, dan doa nisfu Syaban yang bisa sahabat Dream baca sebagai amalan yang baik.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Malam Nisfu Syaban Sebentar Lagi, Bacalah Amalan Ini agar Mendapatkan Limpahan Berkah

Malam Nisfu Syaban Sebentar Lagi, Bacalah Amalan Ini agar Mendapatkan Limpahan Berkah

Malam Nisfu Syaban 1445 Hijriyah nantinya akan jatuh pada hari Sabtu, 24 Februari 2024.

Baca Selengkapnya
Keistimewaan Berdoa di Malam Nisfu Syaban Lengkap dengan Bacaan Doanya, Insyaallah Permohonan Tidak Akan Ditolak Allah SWT

Keistimewaan Berdoa di Malam Nisfu Syaban Lengkap dengan Bacaan Doanya, Insyaallah Permohonan Tidak Akan Ditolak Allah SWT

Wajar saja jika pada malam Nisfu Syaban, umat Islam berlomba-lomba untuk memperbanyak amal sholeh.

Baca Selengkapnya
Niat Puasa Nisfu Syaban, Lengkap dengan Jadwalnya di Tahun 2024, Jangan Sampai Kelewatan!

Niat Puasa Nisfu Syaban, Lengkap dengan Jadwalnya di Tahun 2024, Jangan Sampai Kelewatan!

Puasa Nisfu Syaban bisa membantu umat Islam untuk membersihkan diri dan mempersiapkan secara spiritual menjelang bulan Ramadan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bulan Syaban Segera Berakhir, Inilah Bacaan Doa yang Baik Diamalkan Sekaligus untuk Menyambut Ramadan

Bulan Syaban Segera Berakhir, Inilah Bacaan Doa yang Baik Diamalkan Sekaligus untuk Menyambut Ramadan

Doa tersebut berisi permohonan ampunan serta agar diberikan keselamatan serta kemudahan.

Baca Selengkapnya
Berapa Hari Puasa Nisfu Syaban yang Dianjurkan? Berikut Penjelasannya, Muslim Harus Paham!

Berapa Hari Puasa Nisfu Syaban yang Dianjurkan? Berikut Penjelasannya, Muslim Harus Paham!

Puasa Nisfu Syaban adalah puasa sunnah yang dilakukan pada pertengahan bulan Syaban.

Baca Selengkapnya
Punya Keistimewaan Tersendiri, Inilah 10 Nama Lain Malam Nisfu Syaban dan Artinya yang Perlu Diketahui Umat Islam

Punya Keistimewaan Tersendiri, Inilah 10 Nama Lain Malam Nisfu Syaban dan Artinya yang Perlu Diketahui Umat Islam

Malam Nisfu Syaban adalah momen penting umat Islam untuk merenungkan amalan mereka, memperbaiki diri, dan memperbanyak ibadah.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Menu Telur Favorit

BUNGKUS! Menu Telur Favorit

Hidangan berbahan telur bisa disajikan dalam aneka masakan. Nah, kira-kira kalian suka menu telor yang bagamana? Komentar di bawah yuk

Baca Selengkapnya
Menuju Ramadan, Inilah Doa-Doa di Bulan Syaban yang Bisa Datangkan Limpahan Berkah dari Allah SWT

Menuju Ramadan, Inilah Doa-Doa di Bulan Syaban yang Bisa Datangkan Limpahan Berkah dari Allah SWT

Malam Nishfu Syaban, Allah SWT mengampuni dosa-dosa hamba-Nya.

Baca Selengkapnya
Bolehkah Membaca Doa Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh? Begini Penjelasannya yang Penting Diperhatikan Umat Islam

Bolehkah Membaca Doa Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh? Begini Penjelasannya yang Penting Diperhatikan Umat Islam

Niat puasa Ramadan merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi sebelum memulai menjalankan ibadah puasa.

Baca Selengkapnya
Doa Buka Puasa Nisfu Syaban dan Keutamannya, Setara Pahala Ibadah Selama 70 Tahun

Doa Buka Puasa Nisfu Syaban dan Keutamannya, Setara Pahala Ibadah Selama 70 Tahun

Apabila tiba malam Nisfu Syaban, maka hidupkanlah malamnya dan berpuasalah di siang harinya.

Baca Selengkapnya