Pengertian Pesantren Kilat, Tujuan, dan Nilai-nilai yang Bisa Didapatkan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 20 April 2022 11:00
Pengertian Pesantren Kilat, Tujuan, dan Nilai-nilai yang Bisa Didapatkan
Pesantren kilat adalah kegiatan yang diselenggarakan sekolah pada bulan Ramadan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan para siswa.

Dream – Di saat bulan Ramadan ada banyak sekali kegiatan keagamaan yang dilaksanakan, salah satunya adalah pesantren kilat. Biasanya pesantren kilat diselenggarakan di sekolah-sekolah. Baik tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dalam kegiatan ini setiap siswa akan menjalani kehidupan layaknya di pondok pesantren, namun dalam waktu yang tidak lama. Mereka akan menginap di sekolah dan melakukan berbagai aktivitas ibadah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dalam pesantren kilat misalnya saja seperti praktek sholat, mendengarkan ceramah, membaca Al-Quran, dan masih banyak lagi. Para siswa pun akan menyambut acara tersebut dengan suka cita karena mereka akan melakukan kegiatan itu bersama teman-teman.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas apa itu pesantren kilat, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Pengertian Pesantren Kilat

Pengertian Pesantren Kilat© Shutterstock.com

Pesantren kilat berasal dari dua kata, yakni pesantren dan kilat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pesantren adalah asrama tempat santri atau tempat murid-murid belajar mengaji dan sebagainya. Sedangkan kilat adalah sesuatu yang dikerjakan dalam waktu singkat.

Seperti yang sahabat Dream ketahui bahwa pesantren biasanya adalah sebuah lembaga, di mana di dalamnya terdapat berbagai aktivitas keagamaan dengan sejumlah santriwan dan santriwati yang belajar di pondok tersebut. Di pondok itu terdapat kyai yang akan mendidik para santri dengan segala fasilitas yang disediakan di pondok tersebut. Tentunya mereka menjadikan pondok pesantren itu sebagai tempat tinggal mereka.

Namun berbeda dengan pesantren kilat. Seperti dikutip dari duniapengertian.com, pesantren kilat adalah wahana alternatif kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka memantapkan pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT. Dalam hal ini ditujukan pada siswa yang beragama Islam dengan menggunakan pola dan tata cara kehidupan pesantren yang dilakukan dalam lingkungan sekolah.

2 dari 3 halaman

Tujuan Diselenggarakannya Pesantren Kilat

Setelah mengetahui pengertian dari pesantren kilat, sahabat Dream juga perlu mengetahui apa tujuan diselenggarakannya pesantren kilat ini. Sehingga akan lebih jelas kenapa siswa dan siswi penting untuk mengikuti kegiatan tersebut. Berikut adalah tujuan dari pesantren kilat yang perlu diperhatikan:

Meningkatkan Pemahaman, Penghayatan, dan Pengamalan Ajaran Islam

Tujuan yang pertama adalah untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama Islam pada para siswa agar menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Selain itu juga memiliki akhlak yang mulia dalam menjalani kehidupan ini, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Memperdalam, Memantapkan, dan Meningkatkan Ajaran Islam

Tujuan kedua pesantren kilat adalah untuk memperdalam, memantapkan, dan meningkatkan ajaran agama Islam. Terkhusus mengenai keimanan, ibadah, akhlak, dan Al-Quran.

Menerapkan Ajaran Islam dalam Kehidupan Sehari-hari

Tujuan ketiga pesantren kilat adalah untuk menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga akan terbentuk mental spiritual yang tangguh dan bisa menghadapi segala tantangan negatif, baik yang hadir dari dirinya sendiri maupun dari luar.

3 dari 3 halaman

Nilai-nilai yang Diperoleh dalam Pesantren Kilat

Nilai-nilai yang Diperoleh dalam Pesantren Kilat© Shutterstock.com

Meskipun tidak tinggal di pondok pesantren betulan, namun suasana saat mengikuti pesantren kilat dibuat seolah berada di pondok pesantren. Tentunya hal ini memiliki nilai-nilai yang diterapkan dan tidak berbeda jauh dengan nilai-nilai yang diperoleh saat berada di pondok pesantren. Berikut adalah beberapa nilai yang didapat saat mengikuti pesantren kilat:

Meningkatkan Pengetahuan Agama

Nilai yang pertama yang didapat saat mengikuti pesantren kilat adalah meningkatkan pengetahuan agama. Mungkin bagi siswa yang bersekolah di sekolah yang bukan berbasis Islam, hanya mendapatkan pembelajaran agama dalam waktu yang sedikit saja. Nah, melalui pesantren kilat ini siswa akan mendapatkan tambahan dalam hal pengetahuan agama Islam dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaannya.

Sedangkan sekolah yang memang sudah berbasis Islam, mengikuti pesantren kilat bisa semakin meningkatkan dan memantapkan kembali pengetahuan agamanya bersama para guru. Baik itu pengetahuan yang bersifat teori maupun yang praktek.

Kebersamaan

Saat mengikuti pesantren kilat, maka nilai yang didapat adalah kebersamaan. Nantinya siswa akan dikumpulkan pada sebuah aula untuk bisa duduk bersama teman-teman yang lain, bahkan teman-teman yang berbeda kelas sekali pun. Di dalam ruangan tersebut mereka akan saling berinteraksi dengan teman maupun guru yang membimbing mereka.

Tentunya mereka akan mendapatkan berbagai aktivitas menyenangkan yang sudah dipersiapkan oleh para guru untuk menciptakan suasana yang tidak membosankan. Sehingga para siswa bisa menikmati acara tersebut, bahkan acara itu akan selalu dinantikan setiap tahunnya.

Kesederhanaan

Nilai yang terakhir dari pesantren kilat adalah kesederhanaan. Ini jugalah yang ditanamkan di pondok pesantren. Di mana para santri diajarkan untuk hidup sederhana, saling berinteraksi dengan santri lainnya, dan melakukan hal-hal yang bermanfaat. Harapannya, kesederhanaan ini bisa mereka bawa dalam kehidupan sehari-hari, meskipun sudah tidak mengikuti pesantren kilat lagi. Karena Islam sendiri pun mengajarkan umatnya untuk hidup yang sederhana.

Beri Komentar