Performa Makin Joss! 6 Keunggulan Mesin Yamaha LEXi LX Blue Core Berkapasitas 155cc

Reporter : Editor Dream.co.id
Kamis, 8 Februari 2024 14:35
Performa Makin Joss! 6 Keunggulan Mesin Yamaha LEXi LX Blue Core Berkapasitas 155cc
6 Keunggulan Mesin Yamaha LEXi LX Blue Core Berkapasitas 155cc yang perlu diketahui sebelum beli!

1 dari 14 halaman

Performa Makin Joss! 6 Keunggulan Mesin Yamaha LEXi LX Blue Core Berkapasitas 155cc

Performa Makin Joss! 6 Keunggulan Mesin Yamaha LEXi LX Blue Core Berkapasitas 155cc © Performa Makin Joss! 6 Keunggulan Mesin Yamaha LEXi LX Blue Core Berkapasitas 155cc 2024 dream.co.id

2 dari 14 halaman

© Performa Makin Joss! 6 Keunggulan Mesin Yamaha LEXi LX Blue Core Berkapasitas 155cc 2024 dream.co.id

Dream - LEXi LX 155 series memiliki satu keunggulan dalam mendukung kebutuhan berkendara para penggunanya. Pasalnya pada generasi sebelumnya, LEXi hanya mengusung mesin berkubikasi 125cc, dan kini telah ditingkatkan dengan mesin Blue Core berkapasitas 155cc.

3 dari 14 halaman

© Performa Makin Joss! 6 Keunggulan Mesin Yamaha LEXi LX Blue Core Berkapasitas 155cc 2024 dream.co.id

Pada Event MAXi Flash Trip yang digelar oleh Yamaha pada 3 – 7 Februari 2024 di kota Bandung, awak media yang hadir diberi kesempatan untuk menelisik lebih jauh tentang mesin generasi LEXi LX terbaru.

4 dari 14 halaman

© Performa Makin Joss! 6 Keunggulan Mesin Yamaha LEXi LX Blue Core Berkapasitas 155cc 2024 dream.co.id

Selain itu, mesin Blue Core 155cc yang dimiliki LEXi LX saat ini merupakan generasi teranyar  dan banyak peningkatan, sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW / 8.000 rpm serta torsi maksimum sebesar 14,2 Nm / 6.500 rpm.

5 dari 14 halaman

© Dream

Rekan-rekan media yang hadir, tidak hanya mendengarkan sebatas pemaparan materi, namun juga ada unit peraga mesin yang telah dibongkar untuk dilihat secara langsung perubahan apa saja yang ada di dalamnya.

6 dari 14 halaman

"Seperti yang telah disampaikan pada saat peluncuran produk di awal tahun, mesin yang dipakai LEXi LX 155 adalah mesin Blue Core 155cc generasi terbaru yang mendapat rombakan pada design camshaft, piston, head, jalur oli dan beberapa bagian lainnya,"

 ujar Ferry Nurul Fajar, dari bagian Service Education, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

7 dari 14 halaman

"Efek dari improvement ini adalah meningkatnya efisiensi mekanis yang membuat mesin motor menjadi minim gesekan dan vibrasi, sehingga akselerasi serta performanya menjadi lebih baik,

© Performa Makin Joss! 6 Keunggulan Mesin Yamaha LEXi LX Blue Core Berkapasitas 155cc 2024 dream.co.id

" imbuh Ferry Nurul Fajar

8 dari 14 halaman

LEXi LX 155 juga memiliki sentuhan perubahan yang terdapat di mesin sehingga mampu mengoptimalkan performa berkendaranya.

Seperti Body Cylinder & Forged, Head Cylinder & Valve, Crankshaft & Rotor Assy, Camshaft, Hydraulic Tensioner, Jalur Oli Baru. Apa saja keunggulannya? simak ulasan berikut.

9 dari 14 halaman

1. Body Cylinder & Forged

Peningkatan kubikasi mesin pada LEXi LX 155 tentunya membuat Body Cylinder dan Forged Piston menjadi berubah, khususnya pada ukuran diameter yang kini lebih besar, yaitu 58 x 58,7 (bore x stroke). Dinding Cylinder pun juga turut dibuat sehalus mungkin untuk meminimalisir gesekan dan mengurangi “oil loss”.

10 dari 14 halaman

2. Head Cylinder & Valve

Tidak hanya pada Body Cylinder & Forged Piston saja, perubahan jeroan mesin ada pada Head Cylinder yang kini mampu menghasilkan kompresi rasio lebih besar, menjadi 11,6 dari sebelumnya hanya 11,2. Peningkatan ini datang dari ukuran dome capacity yang dibuat menjadi lebih kompak. Selain itu, perubahan Desain Head cylinder juga dibarengi dengan perubahan dimensi desain pada diameter kepala Valve yang menjadi lebih besar.

11 dari 14 halaman

3. Crankshaft & Rotor Assy

Mesin LEXi LX 155 memiliki ukuran Crankshaft yang lebih pendek dari LEXi yang sebelumnya, yaitu 277,8 mm berbanding 283,8 mm serta dimensi dan berat Rotor Assy yang lebih ringan, yaitu 1.130 gr berbanding 1.250 gr.

Adanya efisiensi dari sisi ukuran dan berat pada komponen-komponen tersebut, maka berimbas pada akselerasi motor yang menjadi lebih baik.

12 dari 14 halaman

4. Camshaft

Bagian Camshaft pada mesin LEXi LX 155 juga turut mendapat sentuhan pembaruan. Jika sebelumnya pin dowel yang berfungsi sebagai dudukan sprocket cam chain dibuat terpisah, kini menjadi satu kesatuan (build in) dengan Camshaft. Efeknya menjadi lebih rigid sehingga lebih minim gesekan.

13 dari 14 halaman

5. Hydraulic Tensioner

Salah satu perubahan yang paling signifikan pada mesin Blue Core generasi terbaru yang dipakai oleh LEXi LX 155 ada pada bagian tensioner-nya. Jika pada mesin generasi sebelumnya gate stopper (bantalan untuk menekan rantai keteng) hanya ditekan oleh per dan tuas, kali ini proses penekanan dilakukan dengan mengkombinasikan per dan juga oli, atau disebut dengan istilah Hydraulic Tensioner. Penggunaan Hydraulic Tensioner, membuat kinerja mesin menjadi lebih minim vibrasi dan suara lebih halus.

14 dari 14 halaman

6. Jalur Oli Baru

Perubahan signifikan yang terakhir adalah jalur oli baru. Pada mesin Blue Core generasi sebelumnya, jalur oli hanya untuk menyuplai pelumasan di bagian Cylinder Head dan Cylinder Body, namun kini ditambah ke bagian Hydraulic Tensioner. Adanya jalur oli baru ini, maka desain Crankcase menjadi berbeda dengan mesin Blue Core 155cc lainnya.

Laporan Siti Nur Arisha

Beri Komentar