Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ditemukan Lubang Raksasa di China, Isinya Hamparan Hutan Purba

Ditemukan Lubang Raksasa di China, Isinya Hamparan Hutan Purba Ilustrasi Sinkhole Atau Lubang Raksasa. (Foto: Inhabitat.com)

Dream - Penemuan sinkhole atau lubang berukuran raksasa baru-baru ini di China menarik perhatian para ilmuwan dunia.

Masalahnya, berbeda dengan sinkhole pada umumnya, lubang raksasa satu di China ini punya hutan di dasarnya.

Sekelompok ilmuwan China langsung meluncur ke lokasi penemuan sinkhole yang dalam bahasa China dikenal sebagai Tiankeng atau Lubang Surgawi.

Sinkhole atau lubang raksasa di Leye County, Guangxi Zhuang, China.

Saat tiba di lokasi penemuan sinkhole raksasa itu, para ilmuwan mendapati ada tiga pintu masuk berupa gua di dinding lubang raksasa tersebut.

Sementara di dasarnya terdapat hutan primitif yang masih sangat lestari. Bahkan terdapat pohon-pohon purba yang tingginya mencapai 40 meter.

"Ini adalah penemuan keren," kata George Veni, direktur eksekutif National Cave and Karst Research Institute (NCKRI) di AS, dan pakar gua internasional.

Veni tidak terlibat dalam penjelajahan sinkhole tersebut, tetapi organisasinya dulu pernah bekerja sama dengan Institute of Karst Geology of the China Geological Survey.

"Penemuan ini tidak mengejutkan, karena China selatan adalah rumah bagi topografi karst, lanskap yang rentan terhadap terbentuknya sinkhole yang dramatis dan gua-gua yang menyimpan 'dunia lain'," kata Veni.

Bentang karst terbentuk akibat pengikisan batuan dasar. Air hujan yang sedikit asam, menyerap karbon dioksida saat mengalir melalui tanah, hingga menjadi lebih asam.

Air hujan yang bersifat sangat asam tersebut kemudian menetes atau mengalir deras melalui celah-celah di batuan dasar di dalam atau permukaan tanah.

Secara perlahan, kumpulan air melebar hingga membentuk terowongan dan rongga. Seiring waktu, jika ruang gua menjadi cukup besar, langit-langit secara bertahap dapat runtuh dan terciptalah sinkhole.

"Di China kita bisa menemukan karst yang spektakuler secara visual dengan sinkhole yang sangat besar dan pintu masuk gua raksasa dan sebagainya," tambah Veni.

Sementara itu, Zhang Yuanhai, insinyur senior di Institute of Karst Geology of China Geological Survey, mengatakan sinkhole tersebut ditemukan di dekat Desa Ping'e di bawah Kotapraja Luoxi, Guangxi Zhuang.

Guangxi memang terkenal dengan formasi karstnya yang menakjubkan, yang berkisar dari sinkhole hingga pilar batu hingga jembatan alami dan telah mendapatkan penetapan situs warisan dunia UNESCO wilayah tersebut.

Zhang menambahkan sinkhole yang baru ditemukan ini memiliki kedalaman 192 meter, dengan panjang 306 meter dan lebar 150 meter. Volumenya sangat besar, mencapai lebih dari 5 juta kubik meter.

Sinkhole atau lubang raksasa di Leye County, Guangxi Zhuang, China.

"Ada tiga gua besar di dinding lubang itu, yang kemungkinan merupakan sisa-sisa evolusi awal sinkhole. Bagian bawah sinkhole terdapat hutan primitif yang terpelihara dengan baik," kata Zhang.

Sementara Chen Lixin yang memimpin tim ekspedisi gua mengatakan, semak belukar tumbuh lebat di dasar sinkhole hingga setinggi bahu rata-rata orang dewasa.

"Saya tidak akan terkejut mengetahui bahwa ada spesies yang ditemukan di gua-gua ini yang belum pernah dilaporkan atau dijelaskan oleh sains sampai sekarang," kata Lixin.

Menurut Lixin, selain di China, sinkhole ini juga banyak ditemukan di belahan dunia lainnya, seperti di Meksiko dan Papua Nugini.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Arkeolog Temukan Kota Canggih yang Mendadak Hilang 3.000 Tahun Lalu, di Sini Lokasinya

Arkeolog Temukan Kota Canggih yang Mendadak Hilang 3.000 Tahun Lalu, di Sini Lokasinya

Tim peneliti mendapatkan temuan mengejutkan di dalam hutan Amazon berupa 'lembah yang hilang' berisi kota yang dibangun ribuan tahun lalu.

Baca Selengkapnya
Keuntungan Tinggal di Negara Tropis dan Lembap untuk Kulit, Sudah Tahu?

Keuntungan Tinggal di Negara Tropis dan Lembap untuk Kulit, Sudah Tahu?

Ternyata, tinggal di lingkungan tropis dan lembap bisa mendukung kesehatan kulit. Bahkan, kondisi itu dinilai lebih baik dibanding lingkungan bersuhu dingin.

Baca Selengkapnya
Cerita Warga Geleng Kepala Saksikan Pembangunan IKN bak Cerita Roro Jonggrang:

Cerita Warga Geleng Kepala Saksikan Pembangunan IKN bak Cerita Roro Jonggrang: "Jujur, Nggak Masuk Akal"

Daerah yang tadinya masih berupa hutan dengan penuh pepohonan disulap menjadi penuh kerangka bangunan dalam waktu setahun saja.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
China Diguncang Gempa Tengah Malam, Lebih 100 Orang Tewas

China Diguncang Gempa Tengah Malam, Lebih 100 Orang Tewas

Gempa di China, lebih 100 orang tewas, banyak bangunan rusak.

Baca Selengkapnya
Misteri Makam Kaisar Pertama China Qin Shi Huang, Ini Alasan Arkeolog Sampai Takut untuk Membongkarnya

Misteri Makam Kaisar Pertama China Qin Shi Huang, Ini Alasan Arkeolog Sampai Takut untuk Membongkarnya

Meskipun misteri yang mengelilingi situs bersejarah ini menarik perhatian para ilmuwan dan arkeolog, kompleks pemakaman tersebut belum pernah diungkap.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Mendadak Meeting

NOTED KAK! Mendadak Meeting

Sahabat dream, kalian suka kesel gak sih saat usah siap-siap mau pulang, tiba-tiba diajak meeting? Mungkin ada yang reaksinya seperti Dreamitie ini?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Waktu Atasan Minta Revisi Cepat

NOTED KAK! Waktu Atasan Minta Revisi Cepat

Sahabat Dream pasti pernah merasa kesal saat bos meminta buru-buru revisi kerjaan. Reaksi kamu kaya Dremitie ini nggak?

Baca Selengkapnya