Cerita Bapak Penjual Buku Tak Pantang Menyerah Berjualan di Tengah Hype Citayam Fashion Week

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 3 Agustus 2022 08:00
Cerita Bapak Penjual Buku Tak Pantang Menyerah Berjualan di Tengah Hype Citayam Fashion Week
Ada sisi lain yang mengetuk hati di balik viralnya kawasan Dukuh Atas itu.

Dream - Citayam Fashion Week (CFW) bukan hanya perihal catwalk jalanan dengan seleb-seleb dadakan yang kini memperoleh ketenaran seperti Roy, Bonge dan Jeje. Di balik fenomena yang menjadi hype dan mencuri perhatian banyak orang itu terselip sisi lain kehidupan di balik kawasan SCBD (Sudirman-Citayam-Bojong-Depok) ini.

Kisah ini menceritakan sosok penjual buku gambar yang berdiri di antara lalu lalangnya pekerja di Terowongan Kendal, Stasiun Sudirman, tak jauh dari tempat para model CFW berlenggak lenggok.

Seorang pemuda yang tak sengaja melihat penjual itu merekam keseharian pria paruh baya ini yang sering kali melalui hari dengan barang dagangan yang sepi pembeli. Dari ribuan orang yang berlalu lalang, tak ada yang tertarik untuk membeli.

“ Di balik viralnya Citayem Fashion Week ada seorang bapak tua yang berjualan buku mewarnai tapi sepi dari pembeli,” tulis akun TikTok @donnyrapu yang mengaku memperhatikan pria paruh bayu itu selama 20 menit.

sisi lain citayam fashion week© TikTok @donnyrapu

“ Buku gambar, buku mewarnai Rp10 ribu rupiah,” ucap si bapak di tengah lalu lalang para pekeja kantor.

1 dari 5 halaman

Terekam seorang wanita berhenti di depan pria paruh baya itu untuk menjadi pembeli pertama dari buku yang dijualya. Tidak lama setelah itu, pria dengan baju garis-garis biru itu pergi.

sisi lain citayam fashion week© TikTok @donnyrapu

Sambil menggendong barang jualan di dalam tas gendong hitam, bapak ini pergi untuk makan. Di belakangnya Donny merekamnya diam-diam dan mengikutinya. 

“ Baru kali ini makan tapi rasanya sedih. Keinget bapak sendiri. Ketika bapaknya ke toilet aku inisiatif untuk bayar sekalian,” demikian keterangan video.

2 dari 5 halaman

Pemuda ini menuliskan kembali rentetan di balik hingar bingar CFW yang tak disadari. Yakni seorang bapak penjual buku yang berjualan setiap hari dengan keuntungan hanya Rp500 setiap buku.

sisi lain citayam fashion week© TikTok @donnyrapu

" Di CFW semua sibuk dengan Jeje, Roy, Bonge sampai kita nggak peduli kalau masih ada seorang bapak sepuh yang berjualan dengan keuntungan hanya Rp500 per buku," ungkapnya.

3 dari 5 halaman

Tak sampai di situ, Donny menyampaikan kekaguman akan perjuangan bapak penjual buku tersebut. Meski usia tak lagi bisa kuat dengan fisiknya yang semakin rapuh, dia mau berjuang tanpa harus meminta-minta.

“ Siapapun yang melihat bapak ini tolong di bantu beli ya harganya Rp10 ribu. Aku berniat bantu jualin buku bapak kalau aku ketemu lagi,” pesan Donny.

sisi lain citayam fashion week© TikTok @donnyrapu

Setelah makan dia pun membeli lembar buku. Dari suaranya terdengar kebahagiaan si bapak yang sangat senang bukunya dibeli. Satu kalimat menyentuh dari sang perekam video, tentang filosofi membeli darinya.

" Membeli tidak harus selalu butuh, tapi belilah karena rasa kemanusiaan," tulisnya.

4 dari 5 halaman

Video ini mengundang komentar haru dari warganet, tak hanya Dony beberapa warganet juga pernah sosok bapak penjual buku ini.

“ laku baru makan🥺... ya allah semoga bpk bertemu orang2 baik seprti kk aamiin."

“ Bapak itu mikirnya bakal laris disana karna rame banget, tp blm tentu org2 pd peka sm penjual lansia seperti ini 🥺"

" Setiap pulang kerja kalo ketemu pasti beli ampe numpuk dirumah :( sedih setua itu masih kerja malem2🥲"

" Wah akhirnya ada yang up. Aku tiap hari plg kerja selalu ada bpknya dan beberapa kali beli buku nyaa setiap beli psti bpknya merasa bersyukur bgt."

" WOI BELI GAAKK KALIAAAN KALO KETEMUU BAPAKMYAA GUE NANGISSS NIH😭😭🥺🥺."

 

5 dari 5 halaman

@donnyrapu Siapapun yang liat, tolong dibeli ya. #fyp #citayemfashionweek ♬ Ayah - Seventeen

 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More